2 Tempat Rekomendasi Kursus Forklift untuk Pemula

Kursus Forklift untuk Pemula – Halo sobat kangajat. Kendaraan berat sendiri ialah suatu kendaraan yang memiliki bentuk dan desain yang ditugaskan untuk mengatur fungsi konstruksi, seperti memindahkan bahan bangunan, dan segala sesuatu yang berhubungan dengan konstruksi besar-besaran. Biasanya kendaraan berat ini seringkali kita temui di tempat-tempat yang sedang dilakukan proyek seperti pembangunan gedung, jalan tol.

Menjadi operator alat berat memiliki penghasilan yang cukup tinggi. Namun, setimpal dengan resiko yang harus dihadapi, guna menghindari kegagalan yang terjadi saat melakukan pekerjaan sebagai operator alat berat, sebaiknya Anda mengikuti kursus kendaraan alat berat terlebih dahulu, seperti yang akan saya bahas disini yaitu kursus forklift untuk pemula.

Apa Tugas Operator Forklift?

Operator forklift bertanggung jawab atas operasi forklift di tempat kerja. Tugas utama operator forklift meliputi mengangkat dan memindahkan material dengan menggunakan forklift, mengatur dan memeriksa kondisi forklift sebelum dan sesudah digunakan, serta memastikan bahwa forklift beroperasi dengan aman.

Operator forklift harus mengikuti prosedur keamanan yang ditetapkan untuk menghindari kecelakaan. Selain itu, operator forklift harus memiliki pengetahuan yang cukup tentang forklift, seperti bagaimana mengemudi dan mengoperasikan forklift dengan benar, memahami berat maksimum yang dapat diangkat, dan memahami cara mengangkat dan memindahkan material dengan aman dan efisien.

Selain tugas-tugas di atas, operator forklift juga bertanggung jawab untuk melakukan pemeriksaan rutin terhadap forklift, seperti memeriksa kondisi ban, sistem pengereman, sistem hidraulik, sistem penggerak, dan bagian-bagian penting lainnya.

Tugas operator forklift juga meliputi mencatat dan melaporkan masalah atau kejadian yang terkait dengan forklift kepada atasan, termasuk inspeksi rutin, kerusakan, atau kecelakaan yang terjadi saat menggunakan forklift.

Sebagai operator forklift, penting untuk selalu memprioritaskan keselamatan dan menjalankan tugas dengan hati-hati. Kualifikasi dan persyaratan yang diperlukan untuk menjadi operator forklift bervariasi tergantung pada tempat kerja dan negara bagian atau provinsi, namun biasanya meliputi sertifikasi atau pelatihan khusus dalam pengoperasian forklift.

2 Tempat Rekomendasi Kursus Forklift untuk Pemula

Bagi Anda yang tertarik dan memang passion Anda untuk menjadi operator forklift ini, sudah saya siapkan tempat rekomendasi kursus forklift untuk pemula yang mungkin dapat Anda coba untuk meningkatkan skill Anda dalam mengoperasikan forklift ini.

Tempat Rekomendasi Kursus Forklift Untuk Pemula

Berikut di bawah tempat rekomendasi kursus forklift untuk pemula yang dapat Anda coba, silakan simak.

1. P.T Global Safety

P.T Global Safety ini menawarkan kursus forklift untuk pemula dengan berbagai pilihan paket, ada 3 paket yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Kursus yang diadakan oleh P.T Global Safety juga merupakan sertifikasi yang didukung oleh Menteri Ketenagakerjaan.

Berikut di bawah paket yang ditawarkan oleh P.T Global Safety, Anda dapat menyesuaikan paketnya sesuai dengan kemampuan Anda.

Paket 1 : Kursus untuk Pemula

Pelatihan Praktek : 7 Hari (1 Jam/Hari)

Pelatihan Teori : 1 Jam

Biaya : Rp 2.500.000

Sertifikat : Sertifikat Kursus P.T Global Safety

Paket 2 : Kursus untuk Pemula

Pelatihan Praktek : 7 Hari (1 Jam/Hari)

Pelatihan Teori : 3 Hari (7 Jam/Hari)

Biaya : Rp 5.000.000

Sertifikat : Kementrian Ketenagakerjaan/Kemnaker RI

Kartu Lisensi/SIO : Kementrian Ketenagakerjaan/Kemnaker RI

Paket 3 : Membuat SIO

Pelatihan Praktek : 1 Hari(Test Pengoperasian Forklift & Ujian Teori)

Pelatihan Teori : 3 Hari (7 Jam/Hari)

Biaya : Rp 2.500.000

Sertifikat : Kementrian Ketenagakerjaan/Kemnaker RI

Kartu Lisensi/SIO : Kementrian Ketenagakerjaan/Kemnaker RI

Jika Anda berminat untuk melakukan kursus forklift untuk pemula dari P.T Global Safety ini, silakan catat atau hubungi kontak yang tertera di bawah. 

Contact Person : 

  • 087839337869
  • 087879705632
  • 087785008805
  • 082297307192

2. P.T Khanzen Global Indonesia

P.T Khanzen Global juga menyediakan kursus forklift untuk pemula yang menjamin pemula akan langsung bisa dalam waktu 5 jam, hebat bukan? Pasti hebat, dengan waktu singkat tersebut, seseorang sudah dapat mengoperasikan forklift. 

P.T Khanzen juga akan mengajarkan beberapa pelatihan forklift ini diantaranya pengenalan alat, pengoperasian forklift, mengangkat barang, menurunkan barang, berbelok serta perawatan harian yang harus dilakukan oleh operator forklift.

Berikut juga ada beberapa poin yang bisa disimak oleh Anda, seperti silabus, manfaat, harga, dan cara daftar. 

Silabus : 

  • Praktek 5 Jam dijamin langsung bisa
  • 1 Orang, 1 Instruktur, dan 1 Forklift lebih efektif
  • Dilatih oleh Trainer dan Instruktur yang berpengalaman
  • Forklift dengan model terbaru Matic/Manual/Battery/Engine.

Manfaat : 

  • Kemampuan
  • Pengetahuan
  • Pemahaman

Harga :

Dengan harga yang relatif murah untuk kursus forklift untuk pemula, P.T Khanzen Global Indonesia menawarkan harga Rp 1.250.000 dengan paket kursus sesuai di atas. 

Cara Daftar : 

Cara daftar pun sangat mudah, Anda hanya perlu mengunjungi situs resmi PT. Khanzen Global Indonesia ini, kemudian hubungi kontak yang tertera pada website untuk menanyakan ketersediaan kursus forklift ini. 

Frequently Aksed Question(FAQ)

Apa Tugas Operator Forklift?

Umumnya, operator forklift akan bertugas untuk mengangkat barang, menurunkan barang ke tempat yang telah ditentukan.

Berapa biaya kursus Forklift untuk Pemula?

Biasanya biaya kursus forklift untuk pemula ini kisaran Rp 5.000.000, Namun pada poin di atas, terdapat 2 rekomendasi tempat kursus forklift untuk pemula, yang menawarkan harga murah dengan sertifikasi Menteri Ketenagakerjaan.

Berapa lama belajar Forklift untuk Pemula?

Jika waktu yang ditempuh saat belajar forklift tergantung penyedia kursus, terdapat lembaga yang menawarkan pelatihan selama 7 hari, adapun yang sampai 5 jam langsung bisa.

Berapa Biaya Pembuatan SIO?

SIO sendiri merupakan kependekan dari Surat Ijin Operator yang bisa Anda dapatkan di berbagai agen atau lembaga kursus, biaya yang harus dikeluarkan kisaran Rp 1 jt – 3 jt per SIO.

Berapa Gaji Operator Forklift?

Gaji atau incomeyang akan didapatkan oleh operator forklift relatif tinggi, karena mengingat resiko yang dihadapi juga, gaji operator forklift mulai dari Rp 2.300.000 – Rp 5.000.000.

Kesimpulan

Kendaraan berat ialah suatu kendaraan yang seringkali kita temui pada proyek-proyek besar, seperti pembangunan gedung, jalan tol, dll. Menjadi operator alat berat memang mendapatkan penghasilan yang relatif besar. Namun, setimpal dengan resiko yang dihadapi. 

Contohnya forklift, forklift sendiri seringkali ditemui di tempat-tempat seperti gudang distributor yang memiliki banyak barang, yang memungkinkan operator forklift memindahkan barang-barang dengan berbagai macam beratnya. 

2 pemikiran pada “2 Tempat Rekomendasi Kursus Forklift untuk Pemula”

Tinggalkan komentar