2 Cara Mengubah Ukuran Kertas Menjadi A4 Di Microsoft Word 2010 dengan Mudah

Cara Mengubah Ukuran Kertas Menjadi A4 Di Microsoft Word 2010 – Halo sob kangajat. Mengatur ukuran kertas pada Workspace sangat penting, guna bisa membenahi tata letak, seperti spacing, numbering, dll. Ini merupakan ilmu dasar yang perlu diketahui bagi para pekerja, terutama yang bekerja dengan Microsoft Office sehari-harinya.

Terdapat beberapa format kertas yang digunakan di Indonesia, misal Folio, A4, Letter, dll. Meski demikian, kita juga dapat meng-custom kertas tersebut dengan Custom Size di Word. Cara meng-custom kertas tersebut cukup mudah, Anda bisa menggunakan Ribbon Page Layout, serta pilih pada menu Size dan tentukan ukuran yang ingin Anda terapkan.

Lantas, bagaimana cara mengubah ukuran kertas menjadi A4 di Microsoft Word 2010? Yuk simak di bawah caranya, cara ini bisa Anda terapkan di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, 2016, dst. Karena pada dasarnya menu Ribbon yang dimiliki sama-sama saja.

Cara Mengubah Ukuran Kertas Menjadi A4 Di Microsoft Word 2010

cara mengubah ukuran kertas menjadi a4 di microsoft word 2010

Mengubah ukuran kertas menjadi A4 merupakan hal yang mungkin mudah, tapi seringkali dilupakan karena beberapa faktor, diantaranya deadline, jadi pengaturan kertas menjadi terbengkalai. Nah, maka dari itu kami ingin memberikan tips agar Anda bisa refleks mengatur ukuran kertas ini dengan mudah.

Baca Juga : Microsoft Word : Mengenal Ribbon pada Word

Terdapat 2 cara yang dapat  Anda gunakan, kedua cara tersebut terletak di menu Ribbon pada bagian atas, Anda dapat mencobanya, berikut di bawah cara mengubah ukuran kertas menjadi A4 di Microsoft Word.

1. Mengubah Menggunakan Menu Size

Cara pertama yang dapat Anda gunakan untuk mengubah ukuran kertas di Microsoft Word ialah dengan memanfaatkan menu Size, pada menu ini Anda hanya perlu memilih format kertas yang Anda inginkan dan diterapkan.

  • Klik menu Ribbon Layout pada bagian atas Word
  • Kemudian, pilih Size dan tentukan ukuran A4 pada workspace Anda
  • Otomatis ukuran kertas akan berganti ke ukuran A4 dari ukuran asal

Ini merupakan cara pertama yang mudah Anda implementasikan, adapun cara kedua yang bisa Anda gunakan ialah menggunakan Dialog Page Setup.

2. Mengubah Menggunakan Page Setup

Nah, cara kedua ini dapat Anda coba dengan menggunakan Dialog Page Setup, dengan ini Anda bisa meng-custom ukuran kertas sesuai keingingan Anda, tidak hanya ukuran kertas. Anda juga dapat mengatur Margins dan Layout pada Workspace Anda.

  • Klik pada menu Ribbon Layout pada bagian atas Word
  • Setelah itu, pilih icon kecil pada bagian Page Setup
  • Maka secara otomatis Anda akan membuka menu Page Setup
  • Kemudian, pada Tab Paper pilih ukuran kertas yang Anda inginkan, misal A4, F4, Letter, Legal, dsb. Anda juga bisa meng-custom ukuran kertas tersebut sesuai keinginan Anda, yang harus Anda lakukan ialah menetapkan ukuran Height dan Width pada Tab Paper tersebut
  • Secara otomatis Word sendiri akan mengubah Paper Size ke Custom Size, karena Anda telah menetapkan ukuran pada Height dan Width.

Kesimpulan

Mengubah ukuran kertas pada Word memanglah penting, mengapa demikian? Karena dengan menetapkan ukuran kertas menjadi A4, F4, Letter ataupun Legal itu dapat memberi kesan kerapihan pada Workspace saat Anda mengetik dokumen.

Caranya pun cukup mudah,  seperti yang telah kami tulis di atas dengan menggunakan menu Ribbon Layout pada Word, Anda tinggal menentukan ukuran kertas menjadi A4 atau Anda juga bisa menggunakan Custom Size untuk menyesuaikan dengan ukuran yang Anda inginkan.

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa cara mudah yang bisa Anda gunakan untuk mengubah ukuran kertas pada Microsoft Word, tidak hanya Word 2010 saja, Anda bisa menerapkan beberapa cara tersebut di Word versi sebelum 2010 dan versi terbaru.

Mungkin itu saja yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul 2 Cara Mengubah Ukuran Kertas Menjadi A4 Di Microsoft Word 2010. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar