Kenapa Restart Laptop Lama Windows 10? Kenali 5 Penyebab dan Solusinya!

Kenapa Restart Laptop Lama Windows 10 – Halo sob kangajat. Merestart laptop ialah salah satu cara untuk mengembalikan kondisi laptop seperti semula. Tapi pernahkah Anda mengalami restart laptop atau booting yang sangat lama? Misalnya proses restart tersebut memakan waktu hingga beberapa menit atau bahkan berjam-jam?

Proses tersebut memang membuat kita jengkel, karena itu hanya membuang-buang waktu kita hanya untuk menunggu si laptop nyala kembali. Nah, ternyata ada beberapa penyebab kenapa restart laptop lama Windows 10.

kenapa restart laptop lama windows 10

Nah, berikut di bawah kami telah menyiapkan solusinya juga untuk mengatasi laptop restart lama, terutama yang bersistem operasi Windows 10. Apakah ada hubungannya sama Windows 10? Jadi pertanyaan lagi deh, simak aja di bawah ya.

Inilah Penyebab Kenapa Restart Laptop Lama Windows 10

kenapa restart laptop lama windows 10

Nyatanya, restart laptop yang lama itu disebabkan oleh beberapa faktor. Yakni bisa dikarenakan hardware yang tidak mendukung sistem operasi, adapun terlalu banyak software yang digunakan, sehingga RAM dan Hard disk lebih terbebani. Inilah penyebab kenapa restart laptop lama Windows 10.

Adapun berikut di bawah beberapa penyebab laptop restart lama di Windows 10.

Baca Juga : 5+ Cara Agar Kamera Laptop Jernih saat Meeting Online

1. Terlalu Banyak Startup Apps

Startup Apps sendiri merupakan aplikasi yang akan berjalan apabila laptop akan booting(menyala), ini bisa jadi penyebab laptop terasa sangat lama pada saat dinyalakan. Maka sebaiknya Anda nonaktifkan beberapa Startup Apps yang memiliki Startup impact tertinggi. Kalau saya sih dimatiin semua aja.

2. Fitur Fast Startup yang Aktif

Ini juga bisa jadi salah satu penyebab yang mengakibatkan laptop Anda merestart sangat lama, dengan aktifnya fitur ini, laptop yang Anda gunakan akan terasa lebih berat. Sebaiknya Anda matikan saja.

3. Ram dan Hard disk yang Terbebani

Nah, ini juga merupakan penyebab di mana si laptop bisa restart sangat lama, karena RAM dan Hard disk yang terbebani oleh proses daripada software, sebaiknya Anda tidak membuka banyak software secara bersamaan, karena setiap software membutuhkan kapasitas memori RAM yang berbeda, contohnya Chrome yang paling banyak memakan RAM.

4. Virus yang Menginfeksi

Ini juga bisa saja menjadi salah satu faktor penyebab laptop restart sangat lama. Dengan adanya Virus laptop akan terasa berat dan sulit untuk dioperasikan. Sebaiknya Anda pasang antivirus pada laptop Anda dan lakukan Scan terhadap laptop, bisa dengan menggunakan Full Scan atau Scan berdasarkan Disk yang Anda inginkan.

5. Kerusakan pada Hard Disk

Hard disk yang rusak juga bisa memicu proses restart menjadi sangat lama, mungkin bisa saja laptop yang terus-menerus stuck pada bagian tertentu, ataupun masala booting lainnya.

Cara Mengatasi Laptop Restart Lama Windows 10

Setelah mengetahui beberapa penyebab yang mengakibatkan laptop ini merestart sangat lama. Sebaiknya Anda juga harus mengetahui solusi yang harus Anda gunakan apabila laptop tersebut mengalami permasalahan yang sama.

Adapun cara mengatasi laptop restart lama windows 10.

1. Mengurangi Startup Apps

Dengan mengurangi Startup Apps atau menonaktifkannya Anda bisa meringankan proses booting, karena startup apps tidak akan ikut-ikutan aktif pada saat proses booting laptop.

Anda bisa menonaktifkan dengan masuk ke Task Manager, kemudian klik pada Tab Startup, dan klik kanan pada Apps yang ingin Anda nonaktifkan, kemudian klik Disable.

2. Matikan Fitur Fast Startup

Dengan fitur startup yang menyala ini juga bisa jadi salah satu penyebab, dan bagaimana solusinya? Anda bisa menonaktifkan fitur fast startup dengan mudah dengan cara berikut.

  • Klik kanan pada icon Baterai pada laptop Anda
  • Kemudian, hilangkan centang pada Turn on fast Startup.

3. Cek RAM dan Hard Disk

Cara mengecek dan mengatasinya cukup mudah, Anda bisa mengikuti cara-cara di bawah.

  • Masuk ke Task Manager
  • Kemudian, masuk ke Tab Proses untuk melihat memori yang digunakan
  • Lihatlah beberapa aplikasi yang memakan memori
  • Matikan dengan tombol End Task/Proses di bawah.

NB : Jika terlalu banyak aplikasi yang memakan memori, maka kinerja laptop akan semakin menurun.

4. Cek Virus pada Laptop

Cara ini mungkin sudah agak familiar, dan teman-teman pun bisa melakukannya sendiri, Anda bisa mengecek virus menggunakan antivirus bawaan dari sistem yakni Windows Defender, atau bisa juga menggunakan aplikasi pihak ketiga.

Saya memiliki beberapa saran antivirus pihak ketiga, yaitu :

  • Kaspersky
  • Avira
  • McAfee

5. Menggunakan SSD

Ini juga bisa jadi solusi sob, kalau laptop Anda masih menggunakan Hard Disk dan memakan proses booting atau restart yang cukup lama, bisa jadi itu adalah penyebabnya. Cobalah gunakan SSD karena SSD sendiri telah menggunakan Flash Chip, sehingga Anda tidak bisa lagi menunggu proses booting laptop sambil ngopi hehe.

Frequently Asked Question(FAQ)

Berapa Lama Restart Laptop Windows 10?

Apabila Anda hendak reinstalling atau install ulang, mungkin bisa saja memakan waktu cukup lama, yakni 30 menit. Tetapi untuk restart biasa tidak akan sampai 30 menit.

Berapa lama mengupdate Windows 10?

Mengupdate Windows adalah proses memperbarui sistem pada Windows, ini bisa saja memakan waktu 10 menit – 30 menit.

Bagaimana cara menghentikan restart pada laptop?

Anda bisa menghentikannya melalui beberapa tahap di bawah.

  • Klik Start
  • Masuk ke Task Scheduler
  • Klik pada opsi tersebut untuk menampilkan Alat
  • Klik kanan pada bagian Reboot, kemudian Disable.

Apa yang terjadi saat laptop di restart?

Jika laptop direstart, sejatinya file-file akan tetap aman. Terkecuali file yang belum tersimpan, karena pada saat proses restart laptop hanya memulihkan proses yang tersimpan pada RAM saja.

Apakah mengupdate Windows menghilangkan data?

Pada saat mengupdate Windows tidak akan menghilangkan data Anda, alias tetap utuh. Terkecuali Anda melakukan install ulang secara keseluruhan.

Kesimpulan

Sekarang sudah tahu kan? Penyebab laptop yang merestart sangat lama yang memakan waktu beberapa menit atau bahkan hingga berjam-jam.

Harapannya setelah mengetahui penyebabnya Anda juga bisa memahami solusi yang harus Anda lakukan jika laptop Anda masih terasa seperti itu. Jika ingin laptop Anda lebih lancar dan ringan, coba Anda pasang SSD pada laptop Anda. Alhasil perbedaanya akan terasa.

Akhir Kata

Nah, mungkin itulah artikel yang dapat saya berikan dengan judul Kenapa Restart Laptop Lama Windows 10? Kenali 5 Penyebab dan Solusinya! Harapannya bisa bermanfaat bagi teman-teman yang mengklik artikel ini, selamat mencoba.

2 pemikiran pada “Kenapa Restart Laptop Lama Windows 10? Kenali 5 Penyebab dan Solusinya!”

  1. Aku sering banget itu kalau pakai widows 10 berat banget..
    padahal baru 1 bulan di instal ulang, tapi tetap aja terasa berat. Terima kasih mas, banyak juga yang membuat windows terasa berat ketika di jalankan, saya piki hanya pada bagian junk (Samapah, virus, dan update otomatis)

    Balas

Tinggalkan komentar