25+ Rekomendasi Tempat Service Laptop Bandung Murah Terbaik

Service Laptop Bandung – Halo sob kangajat. Bagi Anda warga Bandung yang sedang mencari tempat service laptop bandung terbaik, Anda tepat sekali mengklik artikel ini. Karena kami akan memberikan beberapa rekomendasi tempat service berdasarkan rating terbaik di Bandung.

Sebelumnya kami telah membahas Tempat Service Laptop di Bandung yang direkomendasikan berdasarkan tempat-tempat yang menyediakan peralatan atau komponen-komponen komputer. Seperti yang kita tahu bahwa terdapat 3 atau lebih tempat peralatan komputer, seperti BEC, Plaza, dan BTM.

Baca Juga : Cari Jasa Instal Ulang Laptop Bandung Termurah? di KangAjat.com Aja!

Selain beberapa tempat di atas, bagi Anda yang membutuhkan jasa instal ulang laptop bandung termurah, Anda dapat mencoba layanan jasa kami, dengan biaya 75 ribuan saja Anda sudah bisa menginstal ulang laptop yang sudah termasuk software standar, driver, dll.

service laptop bandung

Namun, itu kurang spesifik. Karena saat ini saya akan merekomendasikan tempat Service Laptop Bandung ini secara spesifik dan berdasarkan rating terbaik.

Tanda-Tanda Harus Menggunakan Jasa Service Laptop Bandung

Laptop adalah perangkat elektronik yang sangat penting bagi banyak orang. Namun, seperti halnya semua perangkat elektronik lainnya, laptop juga rentan mengalami kerusakan dan masalah teknis. Ketika laptop mengalami masalah, tanda-tanda kerusakan yang muncul bisa berbeda-beda. Namun, jika tanda-tanda berikut terjadi, maka kamu harus menggunakan jasa service laptop di Bandung.

1. Laptop Mati Total

Jika laptop tiba-tiba mati total dan tidak dapat dinyalakan kembali, kemungkinan besar ada masalah dengan bagian hardware di dalam laptop. Hal ini bisa terjadi karena masalah dengan motherboard, RAM, atau komponen lainnya. Jika hal ini terjadi, kamu perlu mengambil laptop ke layanan service untuk diperiksa dan diperbaiki oleh teknisi yang berpengalaman.

2. Laptop Terkena Virus

Jika laptop terkena virus, maka kamu mungkin akan melihat beberapa tanda-tanda seperti perangkat yang terasa lambat, pop-up yang sering muncul, atau program yang tidak dapat diakses. Jika kamu mencoba untuk menghapus virus secara manual dan tidak berhasil, maka kamu perlu membawa laptopmu ke layanan service untuk membersihkan virus dan memperbaiki sistem.

3. Layar Laptop Pecah

Jika layar laptop pecah, maka kamu akan kesulitan untuk menggunakan laptop. Hal ini dapat terjadi karena kesalahan pengguna atau kerusakan karena jatuh. Jika layar laptopmu pecah, maka kamu perlu membawa laptopmu ke layanan service untuk diganti layarnya.

4. Laptop Overheat

Jika laptopmu terasa sangat panas saat digunakan atau menunjukkan tanda-tanda overheat seperti bunyi kipas yang berisik, kamu perlu segera membawanya ke layanan service. Overheat dapat terjadi karena debu yang menumpuk di dalam laptop, kipas yang rusak, atau masalah dengan pendingin laptop.

5. Keyboard Laptop Bermasalah

Jika keyboard laptopmu tidak berfungsi dengan benar, misalnya tombol yang macet atau tidak dapat mengetik dengan benar, maka kamu perlu membawa laptopmu ke layanan service untuk diperbaiki atau diganti keyboardnya.

Kriteria Jasa Service Laptop Bandung Terbaik

Dalam era digital seperti sekarang ini, laptop menjadi salah satu perangkat yang sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Namun, seperti halnya perangkat lainnya, laptop juga bisa mengalami masalah teknis. Untuk mengatasi masalah tersebut, dibutuhkan jasa service laptop yang handal dan terpercaya. Di Bandung sendiri, terdapat banyak jasa service laptop yang bisa dipilih. Namun, bagaimana cara memilih jasa service laptop terbaik di Bandung? Berikut ini adalah kriteria yang bisa dijadikan panduan:

1. Pengalaman

Pengalaman adalah faktor penting dalam menentukan keahlian dan kemampuan seorang teknisi. Jasa service laptop terbaik haruslah memiliki pengalaman yang cukup dalam menangani berbagai macam masalah pada laptop. Dengan pengalaman yang cukup, teknisi dapat lebih cepat dan tepat dalam menyelesaikan masalah.

2. Keahlian

Selain pengalaman, keahlian juga menjadi faktor yang harus diperhatikan. Jasa service laptop terbaik harus memiliki teknisi yang memiliki keahlian yang cukup dalam bidang teknologi informasi dan mampu mengatasi masalah teknis yang kompleks. Keahlian teknisi juga dapat dilihat dari sertifikasi atau pelatihan yang telah diperoleh.

3. Kualitas Pelayanan

Kualitas pelayanan adalah salah satu kriteria penting yang harus diperhatikan dalam memilih jasa service laptop terbaik. Jasa service laptop terbaik harus dapat memberikan pelayanan yang ramah, cepat, dan profesional. Teknisi harus bisa memberikan penjelasan yang jelas dan detail mengenai masalah pada laptop dan solusi yang akan dilakukan.

4. Ketersediaan Suku Cadang

Ketersediaan suku cadang menjadi faktor penting dalam menentukan kecepatan dan kualitas layanan. Jasa service laptop terbaik harus memiliki stok suku cadang yang cukup untuk mengganti komponen yang rusak pada laptop. Dengan adanya stok suku cadang yang cukup, teknisi dapat lebih cepat dan mudah dalam melakukan perbaikan.

5. Harga yang wajar

Harga yang wajar menjadi faktor penting yang harus dipertimbangkan dalam memilih jasa service laptop terbaik. Harga yang wajar adalah harga yang seimbang dengan kualitas layanan dan suku cadang yang diberikan. Jasa service laptop terbaik harus memberikan harga yang transparan dan tidak mengandung biaya tersembunyi.

6. Garansi

Garansi menjadi salah satu hal yang penting dalam menentukan kualitas layanan. Jasa service laptop terbaik harus memberikan garansi yang cukup untuk layanan dan suku cadang yang diberikan. Garansi memberikan keamanan bagi pelanggan jika terjadi masalah pada laptop setelah diperbaiki.

Dalam memilih jasa service laptop terbaik di Bandung, pelanggan harus mempertimbangkan kriteria-kriteria di atas. Dengan memilih jasa service laptop terbaik, pelanggan dapat merasa tenang dan yakin bahwa masalah pada laptop akan teratasi dengan baik dan profesional.

Rekomendasi Tempat Service Laptop Bandung Terbaik

service laptop bandung

Bagi Anda yang mengalami kendala yang tidak terduga, seperti hang, ngelag, dsb. Sebaiknya Anda konsultasikan perangkat Anda ke beberapa tempat service laptop Bandung di bawah. Selain service laptop pun Anda bisa meminta rekomendasi, seperti upgrade komponen pada laptop Anda guna tidak mengalami lag atau hang lagi.

Berikut di bawah beberapa daftar tempat service laptop Bandung terbaik yang bisa Anda kunjungi.

1. Pahlawan Gadget (Sameday Service Specialist)

Pahlawan Gadget adalah tempat service gadget TRUSTED SE-BANDUNG RAYA. Ini terbukti dari total 900++ ulasan positif tanpa rekayasa dan Rating Tertinggi di Kota Bandung yaitu 5.0. Cek aja di google yah 😀

Kenapa kamu harus service di Pahlawan Gadget:

  1. SAMEDAY SERVICE SPECIALIST,  Berdasarkan data pekan kedua bulan oktober 2021, 99% unit beres tertangani di hari yang sama
  2. CUSTOMER ORIENTED, Admin / Customer Service kami bertugas memberikan kepuasan kepada pelanggan yang ingin mendapatkan layanan Barang/Jasa yang kami tawarkan.
  3. TERSEDIA LAYANAN PICKUP SERVICE, Jadi kamu gak repot pergi, parkir & antri buang waktu hanya untuk service
  4. FREE ONGKIR ANTAR JEMPUT, Untuk kamu yang alamat rumahnya ada di sekitar radius 1km dari toko Pahlawan Gadget, maka tidak akan dikenakan fee ongkir sama sekali. Jika >1km hanya dikenakan biaya 5rb/km
  5. TEKNISI PROFESIONAL, InsyaAllah segala macam kerusakan laptop/Macbook mu bisa diatasi oleh tim teknisi handal kami 
  6. HARGA 1000% JUJUR, Gak ada rekayasa atau pun drama pokoknya bahkan ngakalin, semua harga akan kami berikan apa adanya
  7. KEPASTIAN GARANSI, Jelas & sesuai jenis service. Jadi kamu bisa claim kapan pun sesuai garansi yang kami berikan
  8. BISA CEK BIAYA SERVICE, Jadi sebelum kamu service di tempat kami, kamu bisa tanyain dulu estimasi biaya secara detail di awal. Jadi gak akan ngerasa dibohongi karena sudah tau harga di awal
  9. TRANSAKSI 100% TERPERCAYA, kita store nya jelas, alamat jelas (Bandung). Jadi kalau masih ragu, kami punya juga store offline, jadi kamu bisa langsung dateng ngupi2 santai di toko offline kita

Jasa service yang kami layani: 

  • Jasa service laptop
  • Jasa service macbook, 
  • Jasa service HP, 
  • Jasa Service Iphone, 
  • Jasa Service Ipad & Imac dan 
  • Jasa Service gadget lainnya

Jam Buka : 10.00-19.00, Buka Setiap Hari

Kunjungi workshop kami di ⤵️

📍Outlet Surapati

Jl. Rereng Wulung No.33, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123

📍Outlet Soekarno-Hatta 

Jl. Sanggar Kencana V No.8, Jatisari, Kec. Buahbatu, Kota Bandung, Jawa Barat 40286

Hubungi kami: 

2. Eksekutif Computer

Eksekutif Computer adalah Toko Laptop Second Paling Poluper No 1 di Indonesia*. (Base On Alexa Rank, The World’s oldest Indicator of Website Popularity)

Kami merupakan solusi tepat bagi Anda yang ingin mencari dan memiliki laptop second spek tinggi dengan harga terjangkau dan tempat service terpercaya dan garansi di Kota Bandung

Tersedia juga layanan: 

  • Jasa service laptop
  • Jasa service macbook, 
  • Jasa service HP, 
  • Jasa service Iphone, 
  • Jasa service Ipad & Imac dan 
  • Jasa service gadget lainnya

Jam Buka : 09.00–21.00, Buka Setiap Hari

Kunjungi workshop kami di ⤵️

📍 Jl. Rereng Wulung No.33, Sukaluyu, Kec. Cibeunying Kaler, Kota Bandung, Jawa Barat 40123 (klik disini)

Hubungi kami: 

3. Bang Amin Gadget (Service Laptop Macbook Laptop Gaming ) BAE

20+ Tempat Service Laptop Bandung Terbaik Beserta Alamatnya

Bang Amin Gadget ialah Workshop service Nomor 1 di Bandung dengan ulasan terbanyak 2000 Ulasan+ dan Rating Tertinggi 4.6.

Kami melayani : Service Laptop, Service hardisk, Recovery data, kasus ransomware, Service Macbook dan Laptop Gaming, Handphone android dan iphone.

Keunggulan kami :

  1. Service yang dimulai dengan Service Ringan Menengah untuk kasus Laptop mati total 100-250 Ribu saja
  2. Rangking 1 se-Bandung Raya , Service Laptop dengan ulasan Google Terbanyak, 2000 ulasan dan tertinggi bintang 4.6
  3. Buka dari jam 06.00-21.00 ( Sore Kiamat, Subuh masih buka )
  4. Usaha yang dipimpin oleh Alumni ITB pada Fakultas Teknologi Industri atas nama Amin Yahya Zefiansyah/NIM ID 13314051
  5. Tempat Service dan Jual Beli Laptop dan Handphone yang bisa dibayar dengan Laptop/HP mati total parah atau rusak
  6. Berlokasi hanya 2.2 KM dari Gedung Sate ICON JAWA BARAT
  7. Sparepart Original asli tiap brand , Garansi 100% jika tidak original

Kami berlokasi di :

Jalan Batik Halus 17 Sukaluyu cibeunying Kaler ( Dekat UNISBA baru )

https://g.page/bangamin_gadgetinfo?share

Hubungi kami di :

Bang Amin Gadget memiliki tujuan untuk membantu masyarakat dengan cara memberantas metode tempat service lain (oknum) yang mengatasi kasus LAPTOP MATI TOTAL, tapi langsung disuruh GANTI MESIN/MOTHERBOARD. Padahal laptop tersebut kerusakannya hanyalah minor dan bisa di reparasi ringan.

Maka dari itu, kami menawarkan metode SRM ( Service Ringan Menengah ) dengan biaya yang terjangkau mulai dari 100-250rb saja sudah bisa mengatasi kasus laptop mati total, nyala tapi gak nampil, atau kasus-kasus cukup aneh.

Nah, buat kamu yang baca informasi di website ini dan ingin service di Bang Amin Gadget maka dengan screenshot informasi ini kamu akan DIPRIORITASKAN dan juga kamu bisa mendapat potongan 10% dengan cara memasukan kode Referral “KANGAJAT01” ketika mendaftar service laptop, hardisk ataupun handphone di Bang Amin Gadget, apabila mau yaaa..

4. Warung Kang Ajat | Jasa Instal Ulang Laptop dan Komputer Panggilan Bandung Terdekat

service laptop bandung

Warung Kang Ajat merupakan rekomendasi tempat service laptop Bandung yang menerima jasa instal ulang laptop, ganti SSD, dsb.

Alamat : Jl. Katapang, Sompok, Sangkanhurip, Kec. Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40921

Jam Buka : 07.00–17.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : 0896-5617-8424

5. UFO COMPUTER

Alamat : Terusan Komp. Cipadung Permai, Jalan M.A. Winata No.20 RT 02/08, Cipadung, Cibiru, Cipadung, Kec. Cibiru, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Jam Buka : 07.00–21.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +6282213239331

6. Tempat Service Laptop Di Bandung (Rais Laptop)

Alamat : Zia, Mall BTM Lantai 1 Blok GF G1 No 11 (Belakang Media Jaya Samping, Jl. Ibrahim Adjie, Babakan Surabaya, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40272

Jam Buka : 09.30–19.30, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +6282317422564

7. Freelance Service Komputer Bandung

Alamat : Jl. Tubagus Ismail XIV No.34, Sekeloa, Kecamatan Coblong, Kota Bandung, Jawa Barat 40134

Jam Buka : Selasa, Kamis dan Jum’at(10.00–17.00)

No. Telepon : +62818226195

8. Service Komputer Budizems

Alamat : Gg. Porib I No.22, Babakan Ciparay, Kec. Babakan Ciparay, Kota Bandung, Jawa Barat 40223

Jam Buka : Senin – Sabtu(09.00–20.00), Minggu(09.00–20.00)

No. Telepon : +6282115151422

9. Net Komputer Bandung Service Notebook

Alamat : Jl. Pasar Sindanglaya 04/01 Cisaranten Bina Harapan, Arcamanik, Bandung City, Kec. Arcamanik, Bandung Jawa Barat, Jawa Barat 40294

Jam Buka : Senin – Kamis(08.30–16.00)

No. Telepon : +6282320163626

10. Kacapiring Komputer (Pusat Penjualan Laptop dan Service Laptop Bandung)

Alamat : Jl. Cikudapateuh Dalam No.10, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Jam Buka : Senin – Sabtu(09.00–17.00)

No. Telepon : +628987996486

11. Kartika Comp Bandung

Alamat : ITC MALL KEBON KALAPA LT 3 BLOK F3 NO 9, Balonggede, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252

Jam Buka : 09.00–19.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +6281315295477

12. Servis Laptop & Komputer Bandung (Jaguar Notebook)

Alamat : Komplek Jaya Plaza Blok S No.2, Jl. Jendral Ahmad Yani No.238, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Jam Buka : Senin – Sabtu(09.00–17.30)

No. Telepon : +6281321193311

13. Rakha Notebook

Alamat : Jalan Mohammad Toha, ITC 2 Kebon Kalapa, Lantai 3 Blok EK 2 No.4, Pungkur, Regol, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252

Jam Buka : 09.00–18.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +62895601620124

14. CPS Computer (Service Laptop & Macbook)

Alamat : Jl. Babakan Sari II No.32, Babakan Sari, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung, Jawa Barat 40283

Jam Buka : Selasa – Sabtu(09.00–21.00), Minggu, Tutup

No. Telepon : +6282120079339

15. Logicomp Bandung Service Laptop dan Komputer Panggilan 24Jam

Alamat : Jl. Bukit Jarian No.2, RT.06 RW01, Hegarmanah, Cidadap, Bandung City, West Java 14042

Jam Buka : 24 Jam, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +6289667817888

16. Optiontech.id

Alamat : Jl. Kiara Condong, Kebonwaru, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40281

Jam Buka : Senin – Sabtu(10.00–17.00)

No. Telepon : +6281311755745

17. PROMEDIA // Service Laptop

Alamat : Perumahan My Home Ujungberung, Jl. Pamekaraya, Kel. Mekarmulya, Kec, Mekar Mulya, Kec. Panyileukan, Kota Bandung, Jawa Barat 40614

Jam Buka : Senin – Sabtu(07.00–17.00)

No. Telepon : +6281312047606

18. ELECTROLABS BEC BANDUNG

Alamat : Mall Istana BEC Bandung. Lantai 2. Blok – W. 11, Jl. Purnawarman No.13-17, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Jam Buka : 10.00–18.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +628112127979

Rekomendasi Service Laptop Bandung Terdekat

1. Warung Kang Ajat | Jasa Instal Ulang Laptop dan Komputer Panggilan Bandung Terdekat

Rekomendasi jasa instal ulang laptop Bandung pertama ialah Warung Kang Ajat, di Warung Kang Ajat Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan mulai dari mengoptimalkan kinerja, request software, dan gratis konsultasi.

Alamat : Jl. Katapang Kulon, Sompok, Sangkanhurip, Kec. Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40921

Jam Buka : (07.00-17.30) Buka Setiap Hari

No. Telepon : 0896-5617-8424

2. Service Laptop Bandung (GawaiKita)

Alamat : Jaya Plaza, gedung jayaplaza Blok R1 area parkiran belakang, Jl. Jendral Ahmad Yani, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Jam Buka : 10.00–17.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +628112221201

3. Service Laptop Bandung Bisa Di Tunggu (Babacombandung)

Alamat : ITC Kebon kalapa, Lantai 3, Blok E-02, Jl. Moh. Toha No.3-4, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252

Jam Buka : Senin-Minggu (09.00–19.00), Jum’at(13.00 – 19.00)

No. Telepon : +6282218140622

4. Tempat Service Laptop Distric Computer

Alamat : JL.purnawarman no 13-15 BEC Lantai 3 blok J05, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Jam Buka : 10.00–20.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +6281324048877

5. Service Laptop Bandung (Hero Notebook Bandung)

Alamat : Toko Hero Notebook, ITC Kebon kalapa LT3 BLOK EK2 NO1, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252

Jam Buka : Senin – Sabtu(10.00–20.00), Jum’at(13.00 – 20.00), Minggu, Tutup

No. Telepon : +6281947356509

6. Walet Notebook Service

Alamat : Walet Notebook, Jaya Plaza, Jl. Jendral Ahmad Yani No.328, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Jam Buka : 10.00–17.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon : +6283870355464

7. Service Laptop Zingga Comp

Alamat : Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Jam Buka :  Senin – Sabtu(09.30–18.00)

No. Telepon : +6281224634382

Rekomendasi Service Laptop Bandung Murah

1. Warung Kang Ajat | Jasa Instal Ulang Laptop dan Komputer Panggilan Bandung Terdekat

Rekomendasi jasa instal ulang laptop Bandung pertama ialah Warung Kang Ajat, di Warung Kang Ajat Anda akan mendapatkan berbagai macam keuntungan mulai dari mengoptimalkan kinerja, request software, dan gratis konsultasi.

Alamat : Jl. Katapang Kulon, Sompok, Sangkanhurip, Kec. Katapang, Kabupaten Bandung, Jawa Barat 40921

Jam Buka : (07.00-17.30) Buka Setiap Hari

No. Telepon : 0896-5617-8424

2. Service Laptop Bandung (GawaiKita)

Alamat : Jaya Plaza, gedung jayaplaza Blok R1 area parkiran belakang, Jl. Jendral Ahmad Yani, Kacapiring, Kec. Batununggal, Kota Bandung, Jawa Barat 40271

Jam Buka : 10.00–17.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon :

3. Service Laptop Bandung Bisa Di Tunggu (Babacombandung)

Alamat : ITC Kebon kalapa, Lantai 3, Blok E-02, Jl. Moh. Toha No.3-4, Pungkur, Kec. Regol, Kota Bandung, Jawa Barat 40252

Jam Buka : Senin-Minggu (09.00–19.00), Jum’at(13.00 – 19.00)

No. Telepon :

4. Tempat Service Laptop Distric Computer

Alamat : JL.purnawarman no 13-15 BEC Lantai 3 blok J05, Babakan Ciamis, Kec. Sumur Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat 40117

Jam Buka : 10.00–20.00, Buka Setiap Hari

No. Telepon :

Berapa Harga Service Laptop Bandung?

Harga service laptop Bandung sangat beragam, sesuai dengan kerusakan pada laptop. Namun di KangAjat.com kami menyediakan jasa install ulang laptop dengan harga di bawah ini:

jasa instal ulang laptop

Kesimpulan

Sebagai sebuah kota besar di Indonesia, Bandung menawarkan berbagai layanan perbaikan laptop. Berdasarkan pencarian online, terdapat banyak penyedia jasa service laptop yang beroperasi di Bandung dengan berbagai macam jenis layanan dan harga yang ditawarkan.

Namun, dalam memilih penyedia jasa service laptop di Bandung, sebaiknya memperhatikan beberapa hal seperti reputasi penyedia jasa, kualitas layanan, harga yang wajar, dan kemampuan teknisi dalam menangani permasalahan pada laptop.

Selain itu, penting juga untuk memperhatikan jam operasional dan kebijakan garansi yang ditawarkan oleh penyedia jasa service laptop tersebut. Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, diharapkan kita dapat menemukan penyedia jasa service laptop yang dapat memenuhi kebutuhan dan memperbaiki masalah pada laptop dengan baik dan efisien.

3 pemikiran pada “25+ Rekomendasi Tempat Service Laptop Bandung Murah Terbaik”

  1. Di Bang Amin Gadget sih recomendasi banget, ada diskon juga kalau gasalah diskon 10% kalau pake kode “ADP1” Kita juga di prioritaskan service nya. cek aja di google pasti langsung muncul

    Balas

Tinggalkan komentar