Apa Itu Program Kerja Ausbildung Di Jerman? Simak Penjelasannya Disini!

Apa Itu Program Kerja Ausbildung Di Jerman? – Apa itu program kerja Ausbildung di Jerman? Untuk anda yang mungkin sudah sering berselancar di internet, tentu saja anda sudah tidak asing lagi dengan program ausbildung.

Ausbildung sendiri merupakan program studi sekaligus kerja di Jerman yang cukup banyak diminati oleh orang-orang saat ini.

Hal ini karena program ausbildung bisa menjadi alternatif untuk anda yang tidak memiliki cukup biaya guna membayar biaya kuliah atau pendidikan di Jerman.

Hal ini karena walaupun pemerintah Jerman sendiri memberikan jaminan biaya kuliah negeri di Jerman gratis, tentu saja anda juga harus memikirkan tentang biaya hidup yang akan anda butuhkan selama di Jerman.

Apa Itu Ausbildung Di Jerman?

Nah lalu apa itu Ausbildung di Jerman? Ausbildung sendiri merupakan program pendidikan dan pelatihan keterampilan sekolah sambil bekerja. Untuk lamanya waktu anda dalam menempuh program Ausbildung ini tergantung dari bidang apa yang akan anda ambil.

Walaupun begitu, rata-rata Ausbildung di Jerman akan ditempuh dengan durasi waktu 3 tahun. Hal ini karena anda tidak hanya akan mendapatkan studi saja, namun anda juga akan mendapatkan kewajiban magang atau bekerja di beberapa tempat, perusahaan yang sudah menjalin kerjasama dengan ausbildung di Jerman.

Tenang saja, anda akan mendapatkan gaji atau bayaran setiap bulannya kok dari program Ausbildung di Jerman ini. Hal ini karena pemerintah Jerman sendiri sangat menghargai waktu dan juga tenaga kerja.

Oleh sebab itu, anda akan mendapatkan gaji setiap bulan walaupun gaji tersebut juga tidak terlalu besar.

Selain itu, karena anda nantinya akan menempuh pendidikan, tentu saja setelah lulus nantinya anda akan memperoleh sertifikat serta gelar yang biasa nya disebut FACHKRAFT.

Nah gelar ini jika kita setarakan dengan pendidikan di Indonesia maka setara dengan D3.

Namun gelar FACHKRAFT ini jauh lebih spesial karena diakui oleh seluruh negara. Dengan begitu, saat anda memiliki gelar FACHKRAFT ini, anda bisa memiliki kesempatan untuk melamar kerja di seluruh dunia dengan mudah.

Berapa Biaya Ausbildung Jerman?

Mungkin masih ada yang bertanya-tanya tentang berapa biaya Ausbildung Jerman? Sebenarnya tidak ada biaya yang harus anda keluarkan saat mengikuti program ausbildung. Justru sebaliknya, nantinya anda yang akan dibayar oleh perusahaan tempat magang atau bekerja.

Bahkan bayaran yang akan anda dapatkan nantinya akan dihitung per jam. Hal ini karena sama seperti yang sudah kita singgung sebelumnya bahwa pemerintah Jerman terkenal sangat menghargai waktu dan tenaga kerja.

Namun bayaran yang akan anda dapatkan dari program ausbildung ini setara dengan bayaran karyawan magang yang berkisar antara 600 sampai 1200 Euro per bulan. Besaran bayaran yang akan anda dapatkan ini juga tergantung dari bidang kerja, wilayah maupun tempat anda bekerja.

Baru nantinya setelah anda dinyatakan lulus dan memperoleh gelar, anda akan diakui sebagai tenaga kerja profesional yang akan mendapatkan bayaran 2 kali lipat dari gaji anda saat magang. Bahkan anda bisa mendapatkan gaji yang sesuai dengan karyawan tetap di perusahaan Jerman, menarik bukan?

Apa Syarat Yang Dibutuhkan? Apa Ada Dokumen Pendukung Untuk Mendaftar Ausbildung?

Nah terakhir, lalu apa saja syarat yang dibutuhkan untuk bisa mendaftar di program Ausbildung Jerman?

Untuk anda yang ingin mendaftar atau mengikuti program Ausbildung, berikut dibawah ini adalah beberapa syarat yang harus anda persiapkan terlebih dahulu :

  • Kemampuan berbahasa Jerman yang dibuktikan dengan sertifikat bahasa Jerman B1 sampai C1.
  • Berusia minimal 18 tahun dan usia maksimal 27 tahun.
  • Mempunyai pengalaman kerja yang dibuktikan dengan sertifikat kerja.
  • Mempunyai pengalaman kerja pada bidang sosial.
  • Daftar riwayat hidup.
  • Surat motivasi.
  • Paspor dan visa.
  • Dokumen dari perusahaan ausbildung jika memang sudah diterima. Dokumen ini adalah berupa kontrak serta formulir.

Nah itulah informasi mengenai program kerja Ausbildung di Jerman dan jika anda ingin mendaftarnya maka bisa mendaftar di Studiva.com..

Semoga informasi ini bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda yang mungkin ingin mendaftar pada program kerja Ausbildung.

Program ini tentu saja bisa menjadi pilihan alternatif selain melanjutkan studi atau kuliah di Jerman.

Akhir Kata

Demikianlah artikel yang dapat saya berikan di atas dengan judul Apa Itu Program Kerja Ausbildung Di Jerman? Harapannya artikel ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apa itu program kerja Ausbildung di Jerman, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar