Dimension Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Dimension Tool Adalah Alat Untuk – Halo sobat kangajat. Pernahkah Anda mencoba mengukur suatu objek di Corel Draw menggunakan salah satu tool bernama Dimension Tool? Apabila Anda sering menggunakannya silakan berkomentar di bawah, dan apakah menggunakan tool tersebut dapat mempermudah kita untuk mengukur objek?

Jadi sepengetahuan saya, dimension tool ini merupakan alat yang bisa digunakan dari berbagai macam alat pada toolbox di Corel Draw yang bisa digunakan untuk mengukur tinggi, panjang, dan sudut suatu objek di Corel Draw. Alat ini bisa mempermudah Anda guna mengukur suatu objek.

Selain mengukur tinggi, panjang dan sudut objek dimension tool ini dapat digunakan untuk apa saja? Simak penjelasan saya di bawah ini, karena akan melibatkan pengertian, fungsi dan cara menggunakan Dimension Tool pada Corel Draw.

Pada artikel sebelumnya juga saya telah membahas tentang pen tool, apakah Anda mengetahui pen tool berfungsi untuk apa? Apabila belum mengetahui, silakan simak artikelnya.

Pengertian Dimension Tool

Dimension tool merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools yang ada pada toolbox Corel Draw. Biasanya dimension tool ini digunakan untuk mengukur tinggi, panjang atau sudut pada objek. Tidak hanya tool tersebut saja, dimension tool memiliki submenu yang masing-masing memiliki kegunaan yang berbeda.

Baca Juga : Rectangle Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Diketahui terdapat 5 submenu pada dimension tool, yakni Parallel Dimension, Horizontal and Vertical Dimension, Angular Dimension, Segment Dimension, 3-Point Callout. tool-tool yang telah saya sebutkan di atas memiliki kegunaan yang berbeda-beda.

Fungsi Dimension Tool

Dimension tool adalah alat untuk membuat suatu garis dimensi yang berguna sebagai alat bantu ukur untuk mengukur tinggi, panjang dan sudut daripada objek. Apakah fungsinya hanya itu saja? Ya, secara umum fungsinya hanya itu, tetapi masih banyak submenu lainnya yang jelas memiliki fungsi yang berbeda.

Misal, parallel dimension yang merupakan alat yang berfungsi untuk menggambar garis dimensi miring. Yang tentu berbeda dengan horizontal and vertical dimension yakni yang berfungsi untuk menggambar garis dimensi secara horizontal dan vertical.

Cara Menggunakan Dimension Tool di Corel Draw

Cara menggunakan dimension tool menurut saya cukup kompleks, karena saya sendiri masih belajar menggunakan tool ini. Namun, dengan adanya tutorial ini saya harap saya bisa belajar dan mendapatkan informasi perihal dimension tool ini bagi Anda yang memang sebelumnya sudah mencoba dan mahir menggunakannya.

Seperti yang saya katakan bahwa dimension tool ini memiliki 5 submenu, diantaranya parallel dimension, horizontal and vertical dimension, angular dimension, segment dimension, dan 3-point callout, akan tetapi pada artikel ini saya akan mempraktikkan menggunakan parallel dimension saja.

Berikut di bawah ini cara menggunakan dimension tool di Corel Draw dengan mudah :

1. Cari Parallel Dimension pada toolbox di sebelah kiri

2. Tekan dan pilih Parallel Dimension

dimension tool adalah alat untuk

3. Disini saya akan coba mengukur panjang objek persegi panjang yang akan saya jadikan thumbnail, caranya yakni dengan tarik dari node awal ke node akhir, misal seperti gambar di bawah

dimension tool adalah alat untuk

4. Jika sudah, silakan lepas dan lihat hasil ukur Anda

dimension tool adalah alat untuk

5. Tidak hanya untuk mengukur tinggi saja, panjang juga dapat Anda ukur menggunakan parallel dimension ini.

Adapun beberapa keterangan lain pada submenu dimension tool ini, diantaranya ialah :

  • Parallel dimension tool : berfungsi untuk menggambar garis dimensi miring.
  • Horizontal and vertical dimension tool : berfungsi untuk mengambar garis dimensi secara horizontal dan vertical.
  • Angular dimension tool : berfungsi untuk menggambar dimensi sudut.
  • Segment dimension tool : berfungsi untuk menampilkan jarak antara node akhir dalam segmen tunggal ataupun ganda.
  • 3-Point callout tool : berfungsi untuk menggambar info dengan garis pemimpin dua segmen.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan dari keseluruhan artikel ini ialah dimension tool adalah suatu alat dari banyak alat yang dapat Anda gunakan untuk mengukur objek di Corel Draw.

Dimension tool adalah alat untuk membuat suatu garis dimensi yang berfungsi untuk mengukur tinggi, panjang dan sudut objek pada workspace di Corel Draw. Dimension tool juga memilik submenu yang memiliki kegunaan yang berbeda, misal pada parallel dimension Anda dapat mengukur tinggi dan panjang suatu objek, lain hal dengan angular dimension. Angular dimension dapat Anda gunakan untuk menggambar dimensi sudut suatu objek.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Dimension Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw Semoga dengan adanya artikel tentang dimension tool ini dapat menambahkan wawasan kita terhadap tools yang ada di Corel Draw, semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 pemikiran pada “Dimension Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw”

Tinggalkan komentar