Cara Setting Frekuensi HT Baofeng, Agar Komunikasi Lebih Lancar!

Cara Setting Frekuensi HT Baofeng – Halo sobat kangajat. Baofeng adalah merek radio komunikasi populer yang sering digunakan oleh para penggemar radio amatir, anggota keamanan, atau para petualang yang memerlukan alat komunikasi yang handal.

Untuk menggunakan Baofeng dengan optimal, penting untuk melakukan setting frekuensi dengan benar. Berikut ini adalah artikel mengenai cara setting frekuensi HT Baofeng yang dapat membantu Anda dalam mengoperasikan alat tersebut.

Mengapa Harus HT Baofeng?

HT Baofeng adalah jenis radio komunikasi yang terkenal dengan harganya yang relatif terjangkau dan fungsinya yang lengkap. Baofeng memiliki berbagai fitur seperti memindai saluran, penghemat baterai, mengirim pesan, dan masih banyak lagi.

Selain itu, HT Baofeng juga memiliki desain yang ringkas dan portabel, sehingga mudah untuk dibawa ke mana-mana. Karena itu, HT Baofeng menjadi populer di kalangan pengguna radio komunikasi, seperti anggota komunitas radio, petugas keamanan, dan penggemar aktivitas luar ruangan.

Cara Setting Frekuensi HT Baofeng

cara setting frekuensi ht baofeng
cara setting frekuensi ht baofeng

Melansir dari solusindotel.co.id. Pada saat mencoba mengatur frekuensi HT Baofeng ini, Anda jangan kaget. Akan terdengar suara perempuan, itulah yang menandakan keunikan dari HT ini.

Berikut di bawah ini beberapa cara setting frekuensi HT Baofeng yang bisa Anda coba:

Cara Setting Untuk Repeater HT Baofeng

Untuk mengatur frekuensi HT Baofeng pada frekuensi RX ataupun TX, mohon dipastikan terlebih dahulu Tonenya, berikut ini caranya:

  1. Untuk mengatur frekuensi RX dan TX masukkan juga Tonenya.
  2. Jika jenis frekuensinya telah Anda ketahui, maka tahap selanjutnya ialah mematikan terlebih dahulu dual watch fitur, kemudian hidupkan radionya.
  3. Tekan menu, dengan cara menekan #7, kemudian masuk ke menu TDR, lalu pilih ON atau OFF, tekan menu panah ke bawah untuk menemukan tulisan OFF.
  4. Untuk menyimpan klik tombol MENU, jika ingin keluar maka tekan EXIT.

Cara Menghilang Transmisi Terakhir dengan Tone

Untuk menghilangkan transmisi terakhir yang digunakan, Anda dapat menggunakan Tone, caranya dapat Anda coba di bawah:

  1. Tekan bagian MENU, lalu tekan angka 3 dan 5 secara bersamaan(#35). Kemudian masuk ke STE Repeater Tail Tone Elimination.
  2. Kemudian matikan terlebih dahulu Repeater Tail Tone Elimination yang terdapat pada radio.
  3. Selanjutnya, tekan menu panah ke bawah, geser ke bawah hingga menemukan tulisan OFF.
  4. Untuk menyimpan perubahan, tekan MENU. Maka perubahan yang telah Anda buat akan otomatis tersimpan. Jika ingin keluar tekan EXIT.

Cara Setting Mode VFO

cara setting frekuensi ht baofeng
cara setting frekuensi ht baofeng

Jika Anda ingin menggunakan VFO menekan VFO/MR (yakni tombol VFO atau Memory). Kemudian, setelah itu Anda klik tombol orange, maka akan beralih ke mode VFO.

Cara Setting Pada Jenis Frekuensi HZ Atau TX Tone

Jika Anda ingin mengatur HT Baofeng pada frekuensi HZ atau pada frekuensi TX, Anda dapat mengikuti tahapan di bawah ini:

  1. Pertama-tama, Anda klik MENU. Kemudian, Anda klik angka 1 dan 3 secara bersamaan(#13). Jika sudah settingan T-CTCS tone untuk mengubah ke dalam frekuensi TX.
  2. Kemudian, klik MENU untuk pindah ke dalam frekuensi jenis HZ. Untuk pilihan frekuensi dapat dipilih dengan cara menekan tombol ke atas atau ke bawah untuk mencari frekuensinya.
  3. Ketik frekuensi sesuai tone standard repeater, misal 94.8 Hz. Kemudian tekan tombol MENU. Maka, frekuensi akan otomatis tersimpan. Untuk keluar dari MENU, Anda dapat menekan EXIT.

Cara Setting Repeater OFFSET

Jika Anda ingin mengubah frekuensi ke dalam repeater OFFSET, maka bisa dengan mengikuti cara di bawah ini:

  1. Masuk ke MENU terlebih dahulu, kemudian tekan angka 2 dan 6 secara bersamaan(#26). Maka Anda akan masuk ke menu OFFSET.
  2. Kemudian kembali lagi ke MENU, sembari mengetikan frekuensi OFFSETnya, misal saja 03.000 untuk 3 MHz.
  3. Kemudian tekan MENU. Maka perubahan akan otomatis tersimpan, untuk keluar dari menu, Anda dapat menekan EXIT.

Frequently Asked Question(FAQ)

Berapa jauh jangkauan HT Baofeng?

HT Baofeng BF C50 Jarak Jauh Sampai 4 KM Walkie/Handy Talkie.

Berapa watt HT Baofeng UV5R?

HT BAOFENG UV5R 2800 MAH UV 5R UV-5R 8 Watt W Bao feng VHF UHF SKE1892.

Kesimpulan

Sebagai kesimpulan, setting frekuensi HT Baofeng perlu dilakukan dengan hati-hati dan teliti agar tidak terjadi kesalahan frekuensi atau mengganggu komunikasi orang lain. Pastikan untuk selalu mempelajari dan memahami peraturan-peraturan mengenai frekuensi radio dan mematuhi batas-batas yang ditetapkan oleh pemerintah.

Jangan ragu untuk meminta bantuan dari sumber terpercaya jika Anda merasa kesulitan dalam melakukan setting frekuensi HT Baofeng. Dengan pengaturan frekuensi yang tepat, Anda dapat memastikan komunikasi yang efektif dan suara yang jernih saat menggunakan HT Baofeng.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul cara setting frekuensi ht Baofeng, saya harap artikel ini bisa bermanfaat bagi Anda yang sedang mencoba untuk mengatur frekuensi HT dengan merk ini, terima kasih.

Satu pemikiran pada “Cara Setting Frekuensi HT Baofeng, Agar Komunikasi Lebih Lancar!”

Tinggalkan komentar