website statistics

Lintasan Sejarah Indonesia dan Etimologi Nama Indonesia

Assalamualaikum Wr Wb

Noted ; 

If you a Stranger you can change the language by download add – ons Google Translate & Switch it to your language

Hallo Kawan – kawan, Apa kabar ??
semoga kalian semua selalu diberi kesehatan oleh Allah Subhanawata’ala Aamiin~
Pernah gak sih kalian selama Menjadi Warga Negara Indonesia, berfikir siapa sih yang buat nama Indonesia ??

Nah, berarti kita sama kita itu satu pemikiran, dan ya disini saya akan menjelaskan Siapa seorang yang mencetus nama Indonesia tersebut. 

Oke, Langsung Aja First

Indonesia atau negara yang sekarang ini, detik ini Sedang dipimpin oleh salah seorang Presiden yaitu Ir. H. Joko Widodo, Indonesia adalah salah satu negara di Asia Tenggara yang dilintasi garis kathulistiwa dan berada diantara dua benua yaitu Asia dan Australia, dan Indonesia dijuluki sebagai negara maritim atau wilayah peraian yang dimiliki Indonesia sangat luas, kita harus bangga menjadi Warga Negara Indonesia !

 Bapak Ir. H. Joko Widodo
Oke kembali lagi ke topik, jadi siapa yang mencetuskan nama Indonesia ini ??
Jawabannya adalah salah seorang ahli etnologi asal Inggris yang bernama George Samuel Windsor Earl (1813 – 1865) bersama salah seorang Skotlandia yang bernama James Richardson Logan (1819 – 1869) dan meraih gelar sarjana Hukum Di Universitas Edinburgh dan keduannya adalah ilmuan dari Britania Raya. Kata “Indonesia” sendiri diambil dari bahasa Yunani, “Indo” yang berarti Hindia/India dan “Nesia” yang berarti kepulauan, sehingga Indonesia bermakna Kepulauan Hindia/India.

George Samuel Windsor Earl (1813 – 1865)

Pada awalnya, Earl mengusulkan nama “Indunesia” untuk merujuk pada kepulauan Nusantara. Akan tetapi, anak murid Earl yang bernama James Logan mengusulkan perubahan “Indunesia” menjadi “Indonesia” agar lebih baik ucapannya. Logan sendiri secara konsisten menuliskan nama “Indonesia” dalam karya – karya ilmiahnya. Pada akhir abad 19 pengubahan yang dilakukan oleh Logan ini menyebar luas sehingga sampai kepada kalangan cendekiawan Eropa, yang kemudian menyebar di kalangan kaum pribumi Indonesia untuk kepentingan politis. Nama Indonesia sebagai entitas kebangsaan semakin diperkokoh pada Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928.

Mungkin itu Artikel yang dapat saya buat, semoga dapat membuka pikiran orang Indonesia dalam dunia sejarah, karena ada pepatah mengatakan ;

“Barangsiapa tidak belajar dari sejarah, maka sejarah akan mengajarkannya kembali

Maka dari itu kita harus belajar tentang sejarah, termasuk Sejarah Negeri kita sendiri, Mungkin itu saja, mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jika ada pertanyaan silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya supaya saya bisa lebih semangat membuat suatu artikel yang bermanfaat bagi kalian semua, Terima Kasih~

Sumber : INDONESIA TEMPOE DOELOE

Wassalamualaikum Wr Wb

Satu pemikiran pada “Lintasan Sejarah Indonesia dan Etimologi Nama Indonesia”

Tinggalkan komentar