website statistics

Cara Install Windows XP di VirtualBox

Assalamualaikum Wr Wb



Noted ; 



If you a Stranger you can change the language by download add – ons Google Translate & Switch it to your language

Hallo kawan – kawan, Apa kabar ? Semoga kalian sehat semua dan diberikan anugrah Oleh Allah Subhanawataa’la, Aamiin~, Jadi di artikel ini saya akan membahas tentang cara Install OS (Operating System) di VirtualBox, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk kalian semua, Selamat Menyimak~



Sebelumnya saya akan membahas tentang apa itu VirtualBox jadi Virtual Box adalah suatu Software virtualisasi yang dapat menjalankan Virtual Machine atau Sistem Operasi “Virtual” yang terdapat di dalam Sistem Operasi “Utama“. VirtualBox dikembangkan oleh Oracle Corporation. Rilis pertama pada 17 Januari 2007, 12 tahun yang lalu.



Mungkin itu sedikit penjelasan dari saya tentang apa VirtualBox, semoga ada gambaran tentang VirtualBox di pikiran anda, oke langsung aja ke step – step nya, Kawan~


Oke Langsung Aja, First


Disini saya akan mem – praktikan dengan Windows XP, Supaya terkesan lebih simple, jadi bahan – bahan yang harus kalian siapkan untuk Install OS di VirtualBox, yaitu ;


Tahap 1 : Menyiapkan Bahan – bahan yang dibutuhkan, berikut ;


  • Laptop
  • ISO/Image Operating System
  • VirtualBox
Tahap 2 : Membuat Mesin Virtual Baru

1. Pertama, Masuk Ke VirtualBox.



2. Kemudian Pilih Menu New, untuk membuat Virtual Machine baru. Kemudian isi Nama, Type, Version, dikarenakan saya Install Windows XP, Setelah selesai mengisi Nama, Type, Version dari Sistem Operasi kemudian Klik Next.




3. Setelah Next, kalian diperintahkan untuk mengisi Jumlah RAM dari Virtual Machine tersebut, dan dikarenakan saya menggunakan Sistem Operasi yang Ringan, disini saya akan mengisi RAM dengan 512 MB Saja. Kemudian Next.



4. Kemudian di Langkah selanjutnya ada instruksi untuk membuat suatu Penyimpanan di Virtual Machine kita, disini kita pilih menu Create a virtual hard disk now, yang berfungsi untuk membuat Penyimpanan Virtual.setelah itu Create.



5. Kemudian di langkah Kelima ini, kita pilih Virtual Disk Image (VDI), Mengapa seperti yang saya jelaskan diatas, yaitu untuk membuat Penyimpanan Virtual, Kemudian Next.



6. Kemudian di langkah ini, kita diberikan 2 macam mode penyimpanan, yaitu Dinamically allocated dan Fixed size, lantas apa perbedaan dari kedua tersebut, Dinamically allocated ketika anda setting hard disk ukuran 8 GB dan anda memiliki File Windows 10 yang ukurannya lebih besar dari 8 GB, Maka secara otomatis Hard disk virtual akan bertambah, dan Fixed size itu ketika anda telah setting ukuran hard disk 8 GB, Kemudian anda memiliki File Windows 10 yang ukurannya lebih besar dari 8 GB, maka otomatis proses tidak bisa dilanjutkan karena Hard disk tidak mencukupi file yang anda download tadi. Saran saya untuk kalian yaitu Dinamically allocated. Kemudian Next.



7. Setelah itu disini kita diperintahkan untuk menyesuaikan nama dan ukuran untuk penyimpanan Virtual Machine kita, Isi nama sesuai keinginan kalian, kemudian untuk hardisk saya anjurkan untuk menyesuaikan dengan ukuran Sistem Operasi yang akan di Install. dikarenakan saya Menginstall Sistem Operasi simple, saya mengisi 10 GB untuk ukuran Virtual Disk Image – nya. Kemudian Create.




Kemudian tahap penyesuaian Mesin virtual telah selesai, tahap selanjutnya adalah menginstall sistem operasi ke dalam Mesin virtual tersebut.



Tahap 3 : Install Windows XP




8. Langkah Selanjutnya pilih Mesin virtual yang telah kita buat sebelumnya dan Klik pada menu Start, untuk menjalankan Mesin virtual tersebut.




9. Setelah kita Klik pada menu Start, kemudian kita diperintahkan untuk memilih lokasi File ISO/Image dari Sistem Operasi kita, disini saya menggunakan Windows XP, Jadi yang harus saya cari yaitu Windows XP.iso. dengan cara menekan symbol file. Kemudian klik Start untuk memulai Proses Installasi. 





10. Setelah masuk ke menu Installasi, yang dimana terdapat kalimat “Welcome to Setup” kita tekan Enter untuk melanjutkan proses. 




11. Kemudian pada bagian License agreement, kita tekan f8 untuk menyetujui Lisensi. untuk masing – masing laptop berbeda instruksi terkadang diperintahkan untuk menekan tombol fn+f8.




12. Setelah menyetujui Lisensi, kita di arahkan ke proses Partisi, disini terdapat Unpartitioned space dengan Ukuran 10237 MB, Disini saya akan membagi 2 partisi dengan cara menekan C untuk Create partition, dan saya akan memasukan 5118 MB setelah itu tekan Enter untuk melanjutkan proses.




13. Setelah selesai membuat partisi kita tentukan tempat kita untuk menyimpan data OS Tersebut, disini saya akan memilih partisi C: Sebagai tempat menyimpan OS/System. setelah itu tekan Enter untuk melanjutkan Proses Installasi.




14. Setelah itu kita di arahkan ke menu partisi untuk format partisi yang telah kita buat tadi. Saya anjurkan untuk memilih Format the partition using the NTFS file system. kemudian tekan Enter. lalu tunggu proses Formatting dan Installing.




15. Setelah proses Copying files telah selesai Virtual Machine milik kita akan reboot dan di arahkan ke menu Installing Devices




16. Setelah proses diatas, kamu akan di arahkan ke menu pemilihan Bahasa, Kemudian kalian Next saja. 



17. Di langkah ini Kalian diperintah kan untuk mengisi Form Nama Lengkap dan Organization/ Perusahaan untuk Computer ini, Jika tidak ada Organization “Tidak usah diisi“. Kemudian Next.




18. Kemudian, setelah Mengisi Form, kalian akan di arahkan ke menu Product Key, nah disini kalian bisa cari di Internet, Product Key Windows XP. Kemudian Next.


19. Setelah mengisi Product Key diatas, Kalian diarahkan ke menu Computer Name dan Administrator Password, Isi Computer Name sesuai keinginan kalian, Isi Password jika dibutuhkan saja. Kemudian Next.


20. Setelah proses di atas, kalian di arahkan ke menu Date and Time Setting, cari (GMT +07:00) Bangkok, Hanoi dan Jakarta. Kemudian tekan Next.



21. Setelah mengisi Date and Time Setting, kita akan dilanjutkan ke menu Network Setting, disini kita pilih Typical Setting dikarenakan dapat membuat koneksi jaringan dan IP Address dengan Otomatis. Kemudian Next > Next.




22. Kemudian Tunggu Proses Finalizing Installation.



23. Setelah selesai proses Finalizing Installation, kita akan di arahkan ke Sambutan “Welcome to Microsoft Windows“. Kemudian kita Next.


24. Kemudian di Menu Help protect your PC, pilih Not right now. Kemudian Next.


25. Di Bagian ini kita pilih Skip untuk melanjutkan proses – nya. 


26. Setelah itu kita akan ditanya “Ready to activate Windows ?”, Kemudian kita pilih No, remind me every few days. artinya “Tidak, Ingatkan saya setiap beberapa hari”. Kemudian Next


27. Kemudian kita akan di arahkan ke menu Who will use this computer, kita isi dengan Nama kita sendiri, cukup isi 1 dari ke 5 user. Lalu tekan Next.


28. Di tampilan ini kita akan diberi Sambutan “Thank you!“. atas telah menginstall Windows, Kemudian tekan Finish.


29. Kemudian, kita akan ditampilkan pada tampilan khas dari Windows XP :D.



30. Congratulations !, anda telah selesai Meng – install Windows XP Di VirtualBox



Itulah sebuah cara untuk Install Windows XP di VirtualBox, Mudah Bukan ? Hehe 😀 

Jika kalian berminat Download Bahan – bahan nya, sudah saya siapkan di bawah ini ;

VirtualBox  : Download Disini
Windows_XP_Pro_x86_With_SP3_English.iso : Download Disini

Mungkin cukup sekian, Artikel tentang Cara Install Windows XP Di VirtualBox, semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman – teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, Terima Kasih~


Wassalamualaikum Wr Wb

See U In The Next Content Bye Bye !!!

Satu pemikiran pada “Cara Install Windows XP di VirtualBox”

Tinggalkan komentar