2 Cara Mengatasi Nama Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

cara-mengatasi-nama-kontak-tidak-muncul-di-wa

kangajat.com – Halo dulur, pada kesempatan kali ini saya akan sharing perihal 2 Cara Mengatasi Nama Kontak Tidak Muncul di WhatsApp, Anda sebagai pengguna aplikasi WhatsApp pasti sering mengalami beberapa masalah yang entah dari mana masalah tersebut datang hehe, sama halnya dengan nama kontak yang tidak muncul di WhatsApp, tentu saja dengan nama kontak yang tidak muncul akan membuat kita bingung untuk mengetahui siapa pemilik kontak tersebut, terkecuali Anda memang telah mengetahui siapa pemilik nomor telepon tersebut.

Penyebab Nama Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Tentu, terdapat beberapa penyebab yang memungkinkan kontak tersebut tidak muncul, sesuai pengalaman yang saya alami, yakni : 
  1. Nomor Kontak tidak tersimpan di handphone
  2. WhatsApp belum memiliki izin untuk membaca kontak pada handphone
Lantas, bagaimana cara mengatasi agar nama kontak pada aplikasi WhatsApp bisa normal kembali? Simak penjelasannya di bawah.

Cara Mengatasi Nama Kontak Tidak Muncul di WhatsApp

Dengan beberapa penyebab, pasti terdapat beberapa pula cara mengatasinnya, pada saat itu saya sempat mencari cara mengatasi permasalahan ini di berbagai situs, tetapi beberapa cara yang telah saya coba tidak cocok dengan permasalahan yang saya alami, dan pada suatu saat saya menemukan video yang diunggah oleh seseorang, saya lupa (karena sudah lama). Dan alhasil dengan cara ini nama kontak di aplikasi WhatsApp saya kembali normal.

Cek Nomor Kontak bahwa sudah tersimpan di handphone

Ini merupakan hal paling awal yang harus kita lakukan sebagai pengguna WhatsApp, yakni menyimpan kontak di handphone. Dengan cara : 
  1. Buka aplikasi Kontak pada handphone Anda

    cara-mengatasi-nama-kontak-tidak-muncul-di-wa

  2. Pastikan nomor tersebut(tidak muncul) sudah terdaftar pada daftar kontak
  3. Bilamana kontak tersebut belum tersimpan, simpan kembali kontak tersebut.

    cara-mengatasi-nama-kontak-tidak-muncul-di-wa

Berikan izin aplikasi WhatsApp untuk membaca kontak pada handphone

Ini juga merupakan langkah yang tepat menurut saya, karena dengan memberikan izin aplikasi WhatsApp untuk membaca kontak pada handphone, maka kontak tersebut akan muncul pada aplikasi WhatsApp. Berikut caranya : 

Note : perlu diketahui bahwa jika kita tidak memberikan izin aplikasi WhatsApp untuk membaca kontak, maka nama kontak tidak akan muncul.

  1. Masuk ke Menu Setelan pada handphone Anda
  2. Geser ke bawah, dan cari menu Aplikasi
  3. Cari Aplikasi WhatsApp
  4. Buka menu Perizinan apl
  5. Aktifkan menu Kontak pada perizinan apl

    cara-mengatasi-nama-kontak-tidak-muncul-di-wa

  6. Buka WhatsApp, pilih tombol chat di bawah

    cara-mengatasi-nama-kontak-tidak-muncul-di-wa

  7. Klik menu titik tiga, kemudian pilih menu Perbarui.

    cara-mengatasi-nama-kontak-tidak-muncul-di-wa
Nah, itulah penyebab dan cara mengatasi nama kontak tidak muncul di WhatsApp, mudah bukan? Harapannya bisa membantu teman-teman. 

Akhir Kata

Nama kontak tidak muncul di WhatsApp, dapat diprediksi dari kontak yang tidak tersimpan secara benar di handphone Anda, atau Anda belum memberikan izin untuk aplikasi WhatsApp untuk membaca kontak di hanphone, mungkin itulah cara yang dapat saya berikan pada artikel 2 Cara Mengatasi Nama Kontak Tidak Muncul di WhatsApp, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar