Apa Itu Printer? Simak Disini Penjelasan Fungsi Printer

Penjelasan Fungsi Printer – Halo sobat kangajat. Pada kesempatan kali ini saya mau sharing-sharing nih perihal salah satu alat yang sering kita jumpai di berbagai tempat seperti Warnet, Perusahaan, bahkan di rumah. Alat ini sudah familiar dan seringkali biasa digunakan untuk mencetak perintah dari sebuah komputer yang diaplikasikan ke dalam kertas dengan berbagai ukuran (A4, A5, Letter, dll).

Tapi pada artikel ini kita tidak akan membahas perihal kertas, tapi kita akan membahas Apa Itu Printer, Fungsi dan Jenisnya, mari simak penjelasannya di bawah.

Apa itu Printer?

penjelasan fungsi printer

Printer, merupakan sebuah alat untuk mencetak data dari sebuah komputer ke dalam media berupa kertas, data disini bisa saja berupa gambar, teks, dll. Printer juga terhubung dengan komputer membutuhkan perantara yakni USB. Selain USB untuk menghubungkan komputer dengan printer, printer juga membutuhkan daya listrik untuk dapat dioperasikan. 

Melansir dari pengertianahli.id, sebelum printer digunakan, kita selaku pengguna sebaiknya melakukan instalasi driver terlebih dahulu pada komputer, dan ketajaman atau detail dari sebuah hasil cetakan dapat dilihat melalui dpi (dot per inch) yakni banyaknya titik dalam 1 inchi. Dan perlu kita ketahui bahwa semakin tajam dpi maka semakin baik hasil cetakannya. 

Penjelasan Fungsi Printer

Fungsi Printer secara umum yakni digunakan untuk mencetak data yang terdapat pada sebuah komputer yang kemudian diaplikasikan ke dalam media berupa kertas. Dapat kita lihat dari dampak transformasi teknologi, fungsi dari sebuah printer menjadi powerful dan dapat diandalkan mulai dari meng-scan (memindai), serta meng-copy (menyalin) dokumen. Selain dapat dioperasikan menggunakan komputer, rata-rata printer saat ini dapat dioperasikan melalui handphone genggam, luar biasa bukan?

Jenis Printer

Terdapat beberapa jenis printer yang sering saya dengar namanya, tetapi saya kurang mengetahui, akhirnya saya memutuskan untuk browsing dan melansir suatu sumber dari merdeka.com bahwa printer yang pernah saya dengar yakni Printer Ink Jet, dan Laser Jet.

1. Printer InkJet

Printer Ink Jet, merupakan jenis printer yang paling umum ditemukan di masyarakat, printer ini juga menggunakan jenis tinta yang berkualitas untuk mencetak berbagai data teks, gambar, dll. Mengacu pada jenis tinta yang berkualitas, tinta original dari printer jenis Ink Jet pun relatif mahal. 

2. Printer LaserJet

Printer Laser Jet ini, merupakan jenis printer yang menurut saya unik, karena proses untuk mencetak suatu data ke dalam media kertas telah menggunakan laser. Laser disini dapat disama artikan dengan proses pada mesin fotocopy.

Tak main-main Printer Laser Jet pun dapat mencetak kurang lebih 8 halaman dalam waktu yang cukup singkat. Untuk kualitas cetakan tak bisa dipungkiri dan dapat mirip seperti dokumen aslinya. Printer jenis ini juga dapat kita atur warna tinta serta printer ini juga memiliki catridge yang bisa dibilang lebih tahan lama.

Printer jenis ini cocok bagi Anda yang seringkali mencetak dokumen untuk keperluan kampus, pekerjaan, dll. Jangan khawatir, printer jenis ini juga hemat dalam penggunaan tinta. Dan kekurangannya printer ini relatif lebih mahal dari printer Ink Jet. 

Tinggalkan komentar