Cara Mudah Cek IMEI Ponsel BM atau Resmi

cara-cek-imei-hp-bm

kangajat.com – Halo dulur Kang Ajat, apakah Anda pernah membeli handphone dari tangan kedua? Apakah handphone tersebut dibeli secara legal atau ilegal, bagi Anda yang penasaran, mari cek IMEI! Pada artikel Cara Mudah Cek IMEI Ponsel BM atau Resmi saya akan membahasnya sedemikian rupa, yuk disimak!

Aturan ini telah disahkan per 18 April 2020, dengan ini pemerintah meminta masyarakat agar lebih telaten pada saat membeli perangkat, perlu kita ketahui bahwa IMEI tersebut merupakan suatu nomor identitas perangkat yang kita miliki.

Nomor tersebut yang akan digunakan operator seluler untuk dapat mengidentifikasi perangkat-perangkat yang tersambung jaringannya ke layanan mereka.

Cara cek IMEI Ponsel ini dapat dilakukan di laman situs resmi Kementrian Perindustrian (Kemenprin). Selain mengecek di laman situs resmi Kemenprin, kita juga dapat mengecek dengan beberapa metode lainnya. 

Cara Cek IMEI Ponsel

Cek IMEI dengan Metode Dial Up

Penggunaan dial up merupakan step paling mudah yang dapat Anda lakukan pada handphone Anda untuk mengecek nomor IMEI Anda. 

Metode ini dapat digunakan oleh pemilik IPhone dan Android. Untuk menggunakannya Anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah:

  1. Masuk ke Aplikasi Telepon
  2. Ketikkan *#06# 
  3. Kemudian, klik pada gambar telepon
  4. Maka nomor IMEI akan muncul beberapa saat kemudian.

Cek IMEI di Android

Jika penggunaan cara di atas gagal, Anda bisa menggunakan cara ini. Namun, perlu diingat cara ini hanya berlaku pada handphone Android. 

Berikut langkah-langkahnya:

  1. Masuk ke Pengaturan
  2. Kemudian pilih menu About Phone atau Status
  3. Biasanya terdapat nomor IMEI dari handphone yang Anda miliki.

Cek IMEI di IPhone

IMEI juga dapat kita cek melalui IPhone, berikut caranya:
  1. Masuk ke Settings
  2. Cari menu General, kemudian masuk ke menu About
  3. Biasanya disitu terdapat nomor IMEI dari IPhone Anda.

Cek IMEI melalui Case Belakang HP

Nah, ini mah bukan metode. Melainkan memang sudah pabrikannya, biasanya jika kita membeli handphone baru, biasanya terdapat semacam stiker yang terpasang di case belakang handphone kita, biasanya terdapat 2 baris, nah itu dia nomor IMEI. 

Cek IMEI di Dus Ponsel

Biasanya saat kita membeli handphone baru, akan ada serial number daripada handphone tersebut, nah Anda bisa cek pada dus ponsel tersebut, biasanya terdapat nomor IMEI juga. 

Cara Cek IMEI di Laman Situs Kemenprin

Berikut ini merupakan cara mengecek nomor IMEI handphone Anda di laman situs resmi milik Kemenprin, apakah IMEI handphone Anda terdaftar atau tidak, berikut caranya:
  1. Silakan kunjungi IMEI Kemenprin
  2. Masukkan nomor IMEI pada kolom yang tersedia
  3. Lalu klik search/cari
  4. Tunggu notifikasi, apakah handphone Anda terdaftar atau tidak di database Kemenprin.

Manfaat adanya IMEI

Melansir dari 99.co yang dikutip melalui tirto.id, menyatakan bahwa selain memulihkan potensi pajak ponsel, dengan aturan IMEI juga dapat melindungi masyarakat dari produk ilegal. Dalam artian produk ilegal atau BM dijual dengan harga yang relatif lebih murah karena tidak terkena pajak.

Akhir Kata

Itulah beberapa cara untuk cek nomor IMEI pada ponsel, dan cara mengecek ketersediaan nomor IMEI tersebut di laman situs resmi Kemenprin, mudah bukan? Nah, mungkin itulah yang dapat saya informasikan pada artikel Cara Mudah Cek IMEI Ponsel BM atau Resmi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba ya!

Satu pemikiran pada “Cara Mudah Cek IMEI Ponsel BM atau Resmi”

Tinggalkan komentar