Harga GPU External Laptop yang Membuat Anda Tercengang

harga gpu external laptop

Halo sobat kangajat.com – Seringkali GPU dan VGA disamaartikan, tetapi kegunaannya sama yakni memproses objek visual pada komputer, masih banyak yang bingung dengan kegunaan kedua perangkat tersebut, meskipun sama-sama terdapat dalam komputer, kedua perangkat tersebut merupakan komponen yang sangat penting dan bertanggung jawab untuk mengolah grafis dan tampilan di layar, dari mulai menjalankan game di PC hingga berbagai keperluan multimedia. Berikut di bawah pembahas perihal Harga GPU External Laptop yang membuat Anda tercengang.

Sebelum membahas lebih jauh, saya ingin memaparkan beberapa poin di bawah mulai dari mengenal GPU dan VGA, hingga perbedaan yang harus kita ketahui terhadap kedua perangkat tersebut, agar tidak disamaartikan dari kedua perangkat tersebut.

Apa itu GPU?

GPU sendiri merupakan singkatan dari Graphic Processing Unit yang memproses instruksi yang dikirimkan oleh sebuah software untuk menampilkan output ke layar.

Misalkan seperti membuat karya grafik 3D yang dihasilkan melalui mikroprosesor yang digunakan dalam suatu sistem seperti HP baru, PC, ataupun konsol game yang sering kita mainkan.

Fungsi utama dari sebuah GPU yakni memproses informasi grafis yang ada lalu menampilkan output di layar PC dengan kualitas yang tinggi. Maka dari itu, memiliki GPU yang bagus penting bagi para Animator, Desainer Grafis, ataupun para Gamers yang kita tahu membutuhkan kualitas grafis yang mumpuni untuk menjalankan berbagai macam game.

Apa itu VGA?

VGA ataupun kartu grafis ialah salah satu komponen pc yang tidak sering nampak fisiknya, disebabkan terletak di dalam susunan CPU, VGA ini digunakan buat menolong kinerja pc buat memproses foto ataupun objek yang berbau visual, terus menjadi besar dimensi yang dipunyai oleh VGA ini, hingga hendak terus menjadi bagus performa memproses objek visual.

Pada biasanya VGA ini memanglah telah tertanam pada motherboard pc/ laptop alias onboard, ada pula merek VGA yang memanglah dapat dibongkar pasang kapan juga demi keperluan, butuh kita tahu kalau bila mau memakai VGA external ini, kita diwajibkan buat memakai docking ataupun tempat VGA hendak dipasang.

Nah, berhubung topik bahasan kali ini ialah VGA, aku sendiri hendak membagikan sebagian saran merek serta harga VGA external yang bisa jadi dapat Anda peruntukan rujukan dikala membeli VGA ini.

Perbedaan antara GPU dan VGA

harga gpu external laptop

Dari poin pembahasan di atas, maka dapat saya tarik kesimpulan mengenai perbedaan antara VGA dan GPU secara signifikan.

Memang pada dasarnya GPU atau Graphic Processing Unit yang terdapat pada motherboard atau biasa disebut graphic card dan GPU, tetapi terkadang kita sering menganggap bahwa VGA dan GPU itu sama, meski keduanya bertanggung jawab untuk mengolah grafis pada komputer, tapi jangan ketuker ya!

VGA merupakan standar input output yang berada pada graphic card tersebut, VGA sendiri memiliki standar input output yang kecepatan, resolusi, perlindungan, serta teknologi yang berbeda.

Secara singkat, GPU memproses data yang sudah diproses CPU guna ditampilkan ke dalam layar monitor dan merupakan otak dari VGA.

VGA sendiri merupakan singkatan dari Video Graphic Array yang di mana merupakan tempat semua grafis diproses GPU. Hampir mirip dengan Motherboard, namun pemrosesan Motherboard terjadi pada CPU dan VGA terjadi pada GPU.

Harga GPU External Laptop yang Membuat Anda Tercengang

Razer Core X Chroma Aluminum External GPU Enclosure (eGPU)

harga gpu external laptop
  1. Hubungkan GPU Desktop untuk Meningkatkan Laptop Anda​
  2. Pengaturan Cepat dan Mudah untuk Laptop yang Kompatibel dengan Thunderbolt™ 3​
  3. Daya Tidak Terbatas untuk Pengguna Windows 10 dan macOS​

GPU External Razer Core X Chroma Aluminum External GPU Enclosure (eGPU) sudah dapat Anda bawa pulang dengan seharga $499.99 atau jika di Rupiahkan mencapai Rp 7 jt an.

Akitio Node Titan Thunderbolt 3 External GPU (EGPU)

harga gpu external laptop
Fitur
  1. Grafik secepat kilat: Port Thunderbolt 3 hingga kecepatan 40 Gb/dtk
  2. NLE ready: mengubah notebook menjadi sistem pengeditan video seluler
  3. ROI langsung: waktu edit dan render jauh berkurang
  4. Memenuhi kartu yang haus daya: catu daya 650W
  5. Bermain atau bekerja sambil mengisi daya: hingga 85W untuk pengisian daya notebook
  6. Desain yang luas: memungkinkan penggunaan kartu grafis lebar ganda yang besar
  7. Grafik saat bepergian: pegangan pembawa yang dapat ditarik untuk memudahkan transportasi
  8. Realisme 3D: memungkinkan penggunaan headset VR secara efektif
  9. Pasang dan pakai: termasuk kabel Thunderbolt 3 untuk segera digunakan
  10. Akses tanpa alat: sekrup jempol untuk pemasangan kartu yang mudah

Anda dapat membeli Akitio Node Titan Thunderbolt 3 External GPU (EGPU) GPU External ini seharga Rp 7,750.000 jt an.

Kesimpulan

Dari berbagai poin yang dibahas di atas, maka dapat saya tarik kesimpulan bahwa GPU ini merupakan Unit yang memproses  instruksi yang dikirimkan oleh sebuah software untuk menampilkan output ke layar.

Dan kita juga telah membahas perbedaan antara GPU dan VGA yakni secara singkat, GPU memproses data yang sudah diproses CPU guna ditampilkan ke dalam layar monitor dan merupakan otak dari VGA.

VGA sendiri merupakan singkatan dari Video Graphic Array yang di mana merupakan tempat semua grafis diproses GPU. Hampir mirip dengan Motherboard, namun pemrosesan Motherboard terjadi pada CPU dan VGA terjadi pada GPU.

Akhir Kata

Itulah pemaparan yang dapat saya sajikan pada artikel ini, dan berikut di atas, beberapa brand VGA yang memiliki harga yang cukup fantastis, tetapi dengan harga yang ditawarkan tidak akan membuat Anda kecewa, melainkan puas, karena melihat dari performa pun sudah mumpuni.

Mungkin itulah pembahasan saya pada artikel dengan judul Harga GPU External Laptop yang Membuat Anda Tercengang Semoga bermanfaat.

Tinggalkan komentar