Cara Membuat Efek Transparan pada CorelDraw Semua Versi

Cara Membuat Efek Transparan pada CorelDraw Semua Versi – Halo sobat kangajat. Sekarang saya akan memberikan teknik cara membuat efek transparan pada CorelDraw X4, X5, X6, X7, dan versi lainnya. Pada artikel kali ini kita akan memanfaatkan salah satu tool pada CorelDraw, yakni Transparency tool.

Sesuai dengan nama tool tersebut, kita dapat memberi pada objek atau teks yang ingin kita berikan efek transparan, jika di artikel sebelumnya saya membahas tentang cara membuat blur di coreldraw. Maka di artikel kali ini kita akan coba menerapkan efek transparan pada objek.

Cara Membuat Efek Transparan pada CorelDraw Semua Versi

Cara membuat efek transparan ini dapat Anda coba di seluruh versi CorelDraw. Jadi tidak usah khawatir apabila versi terbaru memiliki tampilan-tampilan atau user interface baru, sehingga tools yang terdapat pada Toolbox Corel sangat berbeda dari versi sebelumnya.

Anda juga dapat mengatur tingkat dari transparansi pada sebuah objek dan teks, silakan simak cara membuat efek transparan pada coreldraw x4, dan versi lainnya di bawah ini :

1. Silakan Anda buat 2 objek bebas, disini saya implementasikan dengan 2 objek persegi

cara membuat efek transparan pada coreldraw

2. Anda dapat memberikan warna terhadap kedua objek tersebut, cobalah gunakan warna yang berbeda antara objek 1 dan objek 2 agar dapat terlihat efek transparannya

cara membuat efek transparan pada coreldraw

3. Silakan Anda pilih Transparency tool pada Toolbox di sebelah kiri

cara membuat efek transparan pada coreldraw

4. Silakan Anda berikan efek transparan terhadap objek yang terdapat di layer paling atas, disini saya memberi efek transparan pada objek 2

cara membuat efek transparan pada coreldraw

5. Jika telah terlihat efek transparannya, Anda bisa mengaturnya sesuai keinginan Anda.

cara membuat efek transparan pada coreldraw

Berikutlah di atas metode cara membuat efek transparan pada CorelDraw X4, atau versi lainnya. Cukup mudah bukan? Penerapan efek ini juga tidak hanya berlaku pada objek. Namun, pada teks juga.

Adapun keterangan yang bisa Anda perhatikan bahwa sebenarnya terdapat 5 pengaturan transparansi pada CorelDraw, yakni sebagai berikut :

  • Uniform transparency : efek transparansi penuh terhadap objek.
  • Fountain transparency : berfungsi untuk memberikan efek linear, elleptical, conical, hingga square.
  • Vector pattern transparency : memberikan efek transparansi pada objek yang terdapat objek vektor sesuai pattern yang disediakan CorelDraw.
  • Bitmap pattern transparency : memberikan efek transparan pada objek yang terdapat objek bitmap sesuai dengan pattern yang telah disediakan oleh CorelDraw.
  • Two-color pattern transparency : memberikan efek transparansi 2 warna, dan Texture Transparency ialah efek yang akan diberikan terhadap tekstur pada efek transparansi tersebut.

Kesimpulan

Cara membuat efek transparan tersebut cukup mudah, kita dapat memanfaatkan 1 tool untuk memberikan efek transparan tersebut, yakni Transparency tool. Sesuai dengan namanya, transparency tool ini memiliki sub menu yang di mana masih termasuk ke dalam efek dari transparency tool itu sendiri.

Terdapat Uniform, Fountain, vector pattern, bitmap pattern, two-color pattern. Ke-5 efek tersebut dapat Anda coba untuk mendapatkan hasil desain yang lebih maksimal. Efek tersebut juga memiliki fungsi yang berbeda-beda sebagaimana yang telah saya sertakan di atas.

Diantara efek-efek yang disediakan oleh CorelDraw, Anda dapat memilih salah satunya guna menghasilkan desain yang menarik, Anda juga dapat mengkombinasikan dengan efek lainnya, seperti Gradient untuk memberikan efek gradasi pada objek Anda.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Cara Membuat Efek Transparan pada CorelDraw Semua Versi Harapan saya dengan adanya tutorial ini dapat membantu proses belajar Anda mengenai software CorelDraw ini. Karena admin sendiri masih belajar menggunakan software ini.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Efek Transparan pada CorelDraw Semua Versi”

Tinggalkan komentar