website statistics

Cara membuat kabel Straight dan Crossover

Assalamualaikum Wr Wb


Noted ; 

If you a Stranger you can change the language by download add – ons Google Translate & Switch it to your language

Hallo kawan – kawan, Apa kabar ? Semoga selalu diberikan kesehatan Oleh Allah Subhanawataa’la Aamiin~, InsyaAllah dikesempatan kali ini, saya akan membuat suatu artikel / konten yang bermanfaat bagi kalian~

Pernah gak kalian kabel UTP atau biasa disebut kabel LAN Oleh sebagian orang – orang, Okay disini saya akan menjelaskan Pengertian dan cara membuat – nya.

Sebelumnya saya akan membahas apa itu kabel LAN / UTP, jadi UTP adalah singkatan dari “Unshielded Twisted Pair” adalah sebuah kabel jaringan, UTP merupakan jenis kabel yang sering kita temui atau sering digunakan dalam Jaringan LAN (Local Area Network), karena harganya relatif murah, dan kinerja nya lumayan bagus, di dalam Kabel UTP Terdapat 8 Kabel yang saling berpilin / bersatu. dan tidak cuma UTP, Masih banyak kabel – kabel lain yang berfungsi untuk mengatur jaringan, kabel UTP Ditemukan Oleh Alexander Graham Bell ia pun menemukan beberapa penemuan lainnya seperti Telepon, Grafofon, dsb. 

Alexander Graham Bell (1847 – 1922)


Mungkin itu Penjelasan singkat – nya terkait kabel UTP. semoga ada gambaran tentang penjelasan singkat diatas, Oke Langsung saja ke step – step nya, Kawan~

Oke Langsung Aja, First

Nah sekarang kita lanjut ke cara pembuatan kabel LAN Straight dan Crossover, disini saya akan menjelaskan dengan 2 jenis kabel yaitu Straight dan Crossover, supaya terkesan lebih kumplit, Hehe~

Tahap 1 : Menyiapkan Bahan – Bahan yang dibutuhkan, berikut ;
  • Kabel UTP 1m

  • Crimping Tool

  • Konektor RJ-45 4 Buah

  • Cable Stripper

  • Cable Tester

Tahap 2 : Membuat Kabel Straight 


1. Pertama – tama, kupas kabel UTP dengan Cable Stripper.


2. Setelah dikupas kemudian, Rapikan Kabel dengan cara dipotong oleh Crimping Tool.


3. Setelah itu Dirapikan kemudian Diurutkan setiap Ujung Kabel seperti di bawah.



Urutan Kabel Straight


Ujung 1 : Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklat.

Ujung 2 :Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklat.

Ujung 1
Ujung 2


4. Setelah itu masukan Kabel ke Konektor RJ – 45



5. Setelah Melalui langkah – langkah diatas, Periksa – lah apakah kabel sudah mencapai Ujung Konektor, Jika sudah Langsung Press Ujung Kabel 1 dan 2 menggunakan Crimping Tool.



6. Setelah Itu test kedua Ujung kabel menggunakan Cable Tester, apakah kabel tersebut berjalan atau tidak. Jika lampu menyala dari angka 1 s/d 8 Berarti kabel Normal. dan jika tidak mungkin ada yang tidak sesuai urutan maupun pada saat proses Pressing – nya. 



Tahap 3 : Membuat Kabel Crossover

1. Pertama – tama, kupas kabel UTP dengan Cable Stripper.


2. Setelah dikupas kemudian, Rapikan Kabel dengan cara dipotong oleh Crimping Tool.


3. Setelah itu Dirapikan kemudian Diurutkan setiap Ujung Kabel seperti di bawah.


Urutan Kabel Crossover


Ujung 1 : Putih Hijau – Hijau – Putih Orange – Biru – Putih Biru – Orange – Putih Coklat – Coklat
Ujung 2 Putih Orange – Orange – Putih Hijau – Biru – Putih Biru – Hijau – Putih Coklat – Coklat.
     
Ujung 1


Ujung 2


4. Setelah itu masukan Kabel ke Konektor RJ – 45



5. Setelah Melalui langkah – langkah diatas, Periksa – lah apakah kabel sudah mencapai Ujung Konektor, Jika sudah Langsung Press Ujung Kabel 1 dan 2 menggunakan Crimping Tool.



6. Setelah Itu test kedua Ujung kabel menggunakan Cable Tester, apakah kabel tersebut berjalan atau tidak. Jika lampu menyala dari angka 1 s/d 8 Berarti kabel Normal. Jika dalam pembuatan kabel Crossover dan pada saat test kabel lampu itu loncat ke lampu lain Saya tegaskan ITU WAJAR !!!, Karena pada pengurutan warna kabel diutamai oleh warna Putih Hijau – Hijau.


Setelah membuat kabel nya, lantas apa fungsi dari Kabel – kabel yang telah kita buat diatas ??

Fungsi Kabel Straight dan Crossover

  • Kabel Straight adalah kabel yang digunakan untuk menghubungkan 2 devices (Perangkat) yang berbeda dan kabel straight ini, mempunyai Ujung 1 dan Ujung 2 yang sama.
  • Kabel Crossover adalah digunakan untuk menghubungkan 2 devices (Perangkat) yang sama, seperti Komputer ke Komputer (Peer to peer), dan kabel ini mempunyai Ujung 1 dan Ujung 2 yang berbeda.


Mungkin cukup sekian, Artikel tentang Cara membuat kabel LAN, Straight + Crossover, semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman – teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, Terima Kasih~

Wassalamualaikum Wr Wb


See U In The Next Content Bye Bye !!!

Tinggalkan komentar