website statistics

Belajar Java : Kenalan Yuk!

السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Noted ; 

If you a Stranger you can change the language by download add – ons Google Translate & Switch it to your language

Hallo kawan – kawan, Apa kabar ? Semoga selalu diberikan kesehatan Oleh Allah Subhanawataa’la Aamiin~, InsyaAllah dikesempatan kali ini, Oke jadi di artikel kali ini saya akan memberi suatu Informasi Sejarah mengenai Bahasa Pemrograman Java, Selamat menyimak~

Pernah dengar Java? Bukan pulau sih, ini lebih ke bahasa pemrograman yang pastinya, tapi emang pada awal terbentuknya bahasa pemrograman ini ada hubungannya dengan negara Indonesia, khususnya pulau Jawa. Daripada banyak basa-basi udah saya buatkan juga daftar isi, untuk kamu yang ingin jump to the points, berikut :

 

Apa itu Java


Java adalah suatu bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dipelopori oleh James Gosling yang merupakan Engineer di Sun Microsystem. Java mulai dibangun pada tahun 1991. Versi alpha dan beta dari Java dirilis pada tahun 1995, 4 tahun setelah project Java diinisiasi. Pada tahun 2010, Sun Microsystem diakuisisi oleh Oracle dan menjadikan Java dikembangkan dibawah kuasa Oracle.


James Gosling

Per Januari 2018, versi stabil terakhir dari Java yaitu bersi Java SE 9. Sebelum Java SE 9, terdapat beberapa versi dari Java yang telah dirilis. Versi – versi dari Java yang pernah dirilis, yaitu;

  1. JDK Alpha and Beta (1995)
  2. JDK 1.0 (Januari 1996)
  3. JDK 1.1 (19 Februari 1997)
  4. J2SE 1.2 (8 Desember 1998)
  5. J2SE 1.3 (8 Mei 2000)
  6. J2SE 1.4 (6 Februari 2002)
  7. J2SE 5.0 (30 September 2004)
  8. Java SE 6 (11 Desember 2006)
  9. Java SE 7 (18 Juli 2011)
  10. Java SE 8 (18 Maret 2014)
  11. Java SE 9 (21 September 2017)

Mengapa Java?


Java merupakan salah satu bahasa yang populer saat ini. Saking populernya, beberapa edisi Java pun diciptakan, contohnya yaitu J2EE untuk Aplikasi Enterprise dan J2ME untuk Aplikasi Mobile. Salah satu alasan lain mengapa Java merupakan bahasa pemrograman yang populer yaitu dikarenakan Java dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi . Java pun dikenal dengan istilah Write Once, Run Anywhere karena kompatibilitasnya tersebut. menurut Sun yang merupakan pelopor dari Java, Java itu ; 

1. Simpel

Java merupakan bahasa yang simpel sehingga mudah untuk dipahami. Bermodalkan pengetahuan programming dasar , fundamental dari permrograman Java akan cepat dipahami.

2. Berorientasi Objek

Java menggunakan konsep pemrograman berorientasi objek sehingga pembuatan Aplikasi bisa dilakukan lebih modular.

3. Kuat

Java didesain untuk membuat aplikasi yang memiliki reliabilitas tinggi. Salah satu cara dari Java untuk membuat program yang memiliki realibilitas tinggi yaitu dengan mengeliminasi situasi error dengan memeriksanya pada compile time dan runtime.

4. Aman

Java didesain untuk digunakan pada lingkungan yang terdistribusi. Keamanan merupakan hal yang penting dalam lingkungan terdistribusi. Fitur – fitur keamanan yang dimiliki Java membuat perangkat lunak yang dibuat tidak bisa diserang dari luar atau disisipi Virus.

5. Arsitektur Netral

Aplikasi yang dibuat menggunakan Java merupakan aplikasi yang platform independent. Aplikasi hanya perlu satu buah versi yang bisa dijalankan pada platform sistem operasi yang berbeda.

6. Portabel

Java dengan karakteristik arsitektur netralnya membuat Java tidak bergantung pada mesin tertentu atau dengan kata lain Java sangatlah portabel.

7. Performa Tinggi

Java sangat memperhatikan performa. Dengan pengenalan Just In Time Compilation, proses kompilasi Java menjadi lebih cepat.

8. Multithreaded

Java memungkinkan pembuatan aplikasi yang bisa melakukan beberapa pekerjaan secara bersamaan.

9. Dinamis

Java lebih dinamis dibandingkan dengan C atau C++ karena didesain untuk dijalankan pada lingkungan yang dinamis.

Sejarah Java

Sejarah Java dimulai pada tahun 1991. Sebuah tim kecil yang berisikan Engineer dari Sun Microsystem mempelopori proyek Java ini. Tim ini disebut Green Team dan dipimpin oleh James Gosling. Saat awal pengembangan, bahasa yang dikembangkan oleh Green Team disebut dengan “Greentalk”. Setelah itu, mereka mengganti namanya menjadi “Oak” ketika pohon Oak yang tiba – tiba muncul diluar kantornya. Pada tahun 1995, Green Team mengganti namanya menjadi “Java” karena Oak sudah menjadi Trademark dari Oak Technologies. Pada tahun itu, Sun Microsystem lalu merilis Java untuk pertama kali. Pada 13 November 2006, Sun Microsystem merilis Java dengan gratis dan open source dengan lisensi GNU General Public License (GPL). Tetapi pada tahun 2010, Sun Microsystem dibeli oleh Oracle dan menjadikan Java dikembangakan dan dipelihara di bawah kendali Oracle.

Oracle Corporation

Mungkin cukup sekian, Artikel tentang Lintasan Sejarah Bahasa Pemrograman Java, semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman – teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, Terima Kasih~

و السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ للهِ وَبَرَكَاتُهُ 


See U In The Next Content Bye Bye !!!


Sumber : Bachtiar, Adam Mukharil dan Fakhrul, Firman Nizammudin. 2018. Pemrograman Berorientasi Objek Menggunakan JAVA. Bandung: Informatika Bandung 

Tinggalkan komentar