Apa itu Free Software, Freeware, dan Open Source?

apa-itu-open-source

kangajat.com – Oke bro, Alhamdulillah bertemu lagi pada artikel kali ini, jadi pada pertemuan ini saya akan membahas istilah yang dimaksud dengan free software, freeware, dan open source, apa sih motif saya untuk bahas ini, saya teringat salahsatu webinar yang mana membahas salahsatu poin di atas, sebenarnya sebagai reminder juga bagi saya sendiri, agar tidak keliru hehe. Intinya kita belajar bersama-sama di blog ini. Oke jadi apa itu free software, freeware dan open source? Itu semua akan saya bahas pada artikel di bawah ya, sebelumnya saya sudah merancang daftar isi yang bisa kalian lihat di bawah ini agar mempermudah kalian untuk jump to the points, tapi lebih bagus dibaca semua ya hehe, berikut daftar isi yang telah saya buat:

Apa itu Free Software? 

Mungkin diantara kita sering salah mengartikan ketiga poin diatas yakni free software, freeware dan open source, maklum bro, terkadang saya sendiri juga sering khilaf. mengutip dari fsf.org bahwa free software ini merupakan software yang memberikan kebebasan bagi pengguna untuk berbagi, mempelajari, dan memodifikasinya, kami menyebutnya perangkat lunak gratis ini karena penggunanya gratis. Berikut penjelasan berdasarkan fsf.org terkait free software.

Free software itu hampir serupa dengan open source, mengapa demikian? Karena user/pengguna dapat mengunduh dan memodifikasi source code dari free software itu sendiri, yang menjadi perbedaan yakni bisa saja sang vendor meminta user/pengguna membayar biaya tambahan jika ingin meng-custom software tersebut, bahkan mungkin mendapatkan dukungan penuh dari software tersebut. Ada beberapa free software yang saya ketahui yakni, Chrome, Firefox, Audacity, Winamp, dll. CMIIW. 

Nah jadi itu bro, penjelasan singkat dari free software, jadi intinya free software itu sebuah software yang memberikan izin bagi kita semua kebebasan untuk berbagi, mempelajari dan memodifikasi software tersebut, tetapi jika Anda ingin meng-custom software tersebut, Anda akan dikenakan biaya tambahan untuk itu, sebagai rasa dukung kalian juga bagi para pengembang. 

Apa itu Freeware? 

Freeware? Sekilas sama seperti penjelasan di atas, tetapi Wikipedia mengulas bahwa freeware ini merupakan software yang disediakan secara gratis, tetapi kita tidak dapat memodifikasi, dijual kembali tanpa izin dari penulis source code pada software tersebut, jadi intinya ini lebih private. Ada beberapa freeware yang saya ketahui diantaranya AVG, CCleaner, dan masih banyak lagi. Jangan coba-coba bobol ya!

Jadi kesimpulannya freeware ini dibuat untuk para pengguna dengan gratis, dalam artian tanpa ada biaya, tetapi pengguna tersebut tidak dapat memodifikasi source code yang ada pada freeware tersebut tanpa izin dari penulis source code tersebut. 

Terakhir nih!

Apa itu Open Source?

Open souce, 2 kata yang memiliki arti yakni open berarti ‘buka’ dan source yang berarti ‘sumber’, jika digabung akan menjadi sumber terbuka, nah menurut saya open source ini sangat unik karena seseorang dapat mendapatkan source code dari aplikasi tertentu untuk dikembangkan lagi(bukan untuk sebuah organisasi). Pemasaran atau distribusi dari aplikasi open source ini biasanya berada di bawah pengawasan vendor dari aplikasi tersebut terkait lisensi, contoh dari open source yakni Linux, nah kebetulan saya sendiri belum mencoba OS Linux, bagi kalian yang sudah coba, bisa sharing-sharing juga di kolom komentar ya!

Oke bro! Jadi berikut istilah-istilah yang terkadang saya keliru, sehingga saya buatkan artikel ini juga sebagai reminder agar saya tidak khilaf istilah-istilah di atas. Kesimpulannya, bahwa kita sebagai pengguna jangan semena-mena menyalahgunakan software-software yang telah dibuat oleh para developer tanpa izin dari developer software tersebut. 

Penutup

Sebagai pengguna seharusnya kita support para publisher agar senantiasa dapat lebih antusias memberikan yang terbaik bagi pengguna itu juga. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan dari artikel saat ini yaitu artikel tentang Bahas Free Software, Freeware, dan Open Source. 

Semoga bermanfaat bagi Anda, mungkin itu saja artikel saya kali ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan, ambil positif buang negatifnya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman – teman kalian yang sedang mencari tahu terkait artikel ini, semoga ini dapat sangat membantu Anda semua, kritik dan saran dapat Anda sematkan di kolom komentar, dukung terus website saya, agar saya dapat lebih bersemangat untuk menyajikan artikel-artikel menarik bagi Anda semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar