Belajar Bahasa Pemrograman dengan Seru di Progate

belajar-bahasa-pemrograman-dengan-progate

Asik! ketemu lagi di artikel kali ini, sekarang ngga bahas tips & trik, tetapi kali ini mau review kecil-kecilan dari sebuah website yang mana memfasilitasi kita yang berminat dalam mempelajari Bahasa Pemrograman, luar biasa! Hm ya, sebelumnya saya telah membuat daftar isi, guna untuk jump to the points yang akan kalian baca, tapi disarankan untuk membaca semuannya ya! Berikut daftar isi :

 

Apa itu Progate? 

Website apakah itu? Mengapa Progate? Karena Progate ini merupakan platform yang sangat interaktif untuk belajar coding, bagaimana tidak? Pada tampilan platform yang mereka buat ini, sangat interaktif dan dibuat semaksimal mungkin untuk kita(pengguna) belajar coding dengan lebih mudah dan menyenangkan di platform Progate. 

Platform ini pertama dikembangkan atau mulai didirikan pada tahun 2014 oleh Masa Kato dan Takuya Miyabayashi. Maka selain di Jepang(tempat didirikan), Progate juga memiliki beberapa kantor, serta Progate juga memiliki kantor di Jakarta, mereka sangat antusias dan fokus pada tujuan mereka, yakni dapat mempermudah akses belajar coding bagi para pemula, serta dengan tampilan yang dirancang untuk mempermudah para pengguna. 

Progate datang dengan misi “Coding untuk Semua”. Progate juga sangat mendukung masyarakat untuk belajar coding dengan cara yang interaktif oleh semua kalangan orang dan latar belakang yang berbeda-beda. 

belajar-bahasa-pemrograman-dengan-progate

Macam-macam Layout di Progate

Berikut tampilan dari platform Progate, yang menyajikan beberapa fitur/menu dalam 1 layar, dapat kita lihat bahwa pada gambar terdapat 3 layout, yakni :

  • Layout Instruksi 
belajar-bahasa-pemrograman-dengan-progate

Pada Layout Instruksi, kalian akan diperlihatkan terkait instruksi atau tugas yang harus kalian kerjakan secara berurutan, pada slide ini juga kalian akan diberi sebuah kemudahan untuk menyelesaikan projek dengan fitur “Lihat Slide” jika kalian keliru dengan projek yang harus dikerjakan, jadi klik aja tombol Lihat Slide di bawah, OK!


  • Layout Editor
belajar-bahasa-pemrograman-dengan-progate

Kalau pada layout(Editor) ini, kalian akan diperlihatkan sebuah IDE bawaan dari Progate, yakni sebuah tempat untuk mengerjakan/menulis kode-kode yang akan kalian buat, jika kode yang kalian buat telah selesai, kalian bisa langsung klik tombol “Kirim” berwarna hijau, untuk mengirim projek. Dan pada layout ini juga, terdapat progress atau pencapaian kamu pada kelas atau materi yang dipilih, misal disini saya telah mengerjakan 4 soal, dengan 15 soal keseluruhan. 


  • Layout Preview/Jawaban
belajar-bahasa-pemrograman-dengan-progate

Pada layout Preview/Jawaban ini, kalian dapat melihat jawaban yang telah kalian buat pada menu Jawaban Anda, serta kalian dapat juga melihat kriteria atau bagaimana jawaban yang benar, jika kalian masih bingung untuk mengerjakan projek ini, kalian jangan sungkan untuk mengklik tombol “Hubungi kami!” karena ada pepatah bilang “Malu bertanya, sesat di jalan”. Jadi jangan sungkan ya!


Oke, mungkin itu saja artikel yang dapat saya sajikan terkait platform belajar coding Progate yang didirikan pada tahun 2014 lalu, dengan misi “Coding untuk Semua” yang mendukung masyarakat untuk belajar coding, tanpa harus melihat background/latar belakang mereka, jadi tetap semangat untuk mempelajari teknologi, agar ngga ketinggalan. 

Untuk menghilangkan rasa jenuh pada masa pandemi ini, memang raga ini harus sedikit diberikan dorongan untuk berolahraga, maka dari itu Tenis Meja lah jawabannya, bagi yang ingin mengetahui trik pukulan pada saat bermain Tenis Meja, maka simak pada artikel berikut : Pukulan Panjang Yang Dilakukan Seorang Pemain Permainan Tenis Meja Adalah

Penutup

Sebagai pengguna media elektronik, seharusnya kita dapat lebih peka, dengan banyaknya peluang yang diberikan oleh adanya media ini, guna dapat bermanfaat bagi diri sendiri, serta orang di sekitar. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan dari artikel saat ini yaitu artikel tentang Belajar Bahasa Pemrograman dengan seru di Progate

Semoga bermanfaat bagi Anda, mungkin itu saja artikel saya kali ini, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan, ambil positif buang negatifnya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman – teman kalian yang sedang mencari tahu terkait artikel ini, semoga ini dapat sangat membantu Anda semua, kritik dan saran dapat Anda sematkan di kolom komentar, dukung terus website saya, agar saya dapat lebih bersemangat untuk menyajikan artikel-artikel menarik bagi Anda semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar