Pentingnya Buang Sampah pada Tempatnya

buang-sampah-pada-tempatnya
kangajat.com – Hallo, Apa kabar kawan – kawan, InsyaAllah dikesempatan kali ini saya akan membahas tentang Cara Melatih Kedisiplinan Dalam Membuang Sampah, di artikel ini mungkin cukup berbeda dengan artikel lainnya, yang dimana di artikel lainnya saya membahas tentang Tutorial, Sejarah dan lain – lain. 

Tapi Allhamdulilah di artikel ini saya buat se – spesial mungkin. Artikel ini adalah sebuah pemikiran yang sudah lama terpendam di kepala saya yang dimana InsyaAllah di artikel ini saya dapat mengulas lebih lanjut dan menyadarkan pemikiran orang, membuat orang tersebut mempunyai sebuah tanggung jawab dan mengetahui akibatnya agar tidak semena – mena membuang sampah sembarangan. 

Disiplin adalah sebuah perasaan patuh dan taat kepada nilai – nilai atau aturan yang merupakan sebuah tanggung jawabnya, membentuk kedisiplinan memang cukup sulit, Disiplin bisa dibentuk dengan cukup melakukan kebiasaan – kebiasaan yang menurut kalian itu ada aturannya, seperti Bangun tidur, Disiplin waktu, dan lain – lain.
Saya yakin, pasti diantara kalian masih ada yang suka membuang sampah, mendengar kata “sampah” pasti yang terlintas dalam pikiran kita adalah sekumpulan barang atau sisa yang tidak digunakan yang berkesan kotor, busuk dan lain – lain, Pokoknya mengganggu pandangan lah, Nah di artikel ini saya akan memberi sebuah tips agar kalian tidak sembarangan membuang sampah sehingga dapat menjadikan daerah – daerah kita asri (Bebas sampah). Jika tempat bersih, itu sangat bermanfaat juga untuk kita, sehingga kita dapat leluasa beraktivitas tanpa adanya sampah berceceran di jalan dan dimanapun.

1. Keep trash in your pocket

Ide ini memang cukup out of the box dan aneh, Ide ini bukan bermaksud untuk mengumpulkan atau menternakan sampah di saku celana, ini bertujuan untuk membentuk sifat disiplin dan ini sangat terbukti bagi saya, sehingga saya dapat mempunyai sebuah rasa tanggung jawab untuk tidak membuang sampah sembarangan dimanapun saya berada. Saya mulai menerapkan cara ini pada saat saya mulai kelas 2 SMK, yang dimana saya suka sekali untuk bersih – bersih kelas (piket) dan you know, piket itu kan suatu aktivitas yang sangat ya bisa dibilang membosankan karena kita bersih – bersih kotoran dan lain – lain, Tapi ingatah !

النَّظَافَةُ مِنَ الْإيْمَانِ

“Kebersihan adalah Sebagian dari Iman”
Tapi setelah saya pikirkan, orang lain piket lelah, saya piket juga pasti merasakan itu dan misal ada seseorang melintas di depan Anda dengan membuang secercah sampah di lantai, pasti itu sangat menjengkelkan bukan? Nah, maka dari itu saya membiasakan untuk menyimpan sampah di saku celana saya, Terkesan aneh ? Yups benar, tapi ini sangat terbukti dan jika kalian telah menemukan tempat sampah barulah kalian buang sampah tersebut, Itulah tips pertama, cobalah 1 s/d 2 minggu, saya yakin kalian pasti bisa konsisten untuk tidak membuang sampah sembarangan lagi.

2. Keep trash in your bag
Ide ini juga cukup aneh, yang dimana tas itu tempat untuk menyimpan Buku, Laptop dan Alat kerja kalian, tapi tas disini yaitu tempat menyimpan sampah ? Ya ! ini benar cukup aneh, dan cara ini pun berhasil saya lakukan sehingga saya tidak membuang sampah sembarangan dimanapun, sangat terbukti sekali, ini juga cocok untuk Anda yang ingin mencoba menjadi orang yang disiplin dalam membuang sampah.

Saya sangat yakin kalian dapat melakukan ini untuk menjadi pribadi yang disiplin, hanya dibutuhkan sebuah niat, itu saja cukup InsyaAllah Anda dapat melakukannya, sehingga dapat membuat lingkungan sekitar Anda menjadi terjaga~

Selain membuang sampah sembarangan dapat mengganggu pandangan, kita juga bisa mendapat Imbas atau dampak Negatifnya yaitu : 
  • Banjir
Banjir adalah suatu hal yang sangat sering terjadi di Negeri kita ini, dan faktor utama nya adalah sampah, yang dimana sampah – sampah tersebut menyumbat saluran – saluran air yang ada, sehingga kita dapat melihat pada kejadian kemarin Banjir di daerah JABODETABEK yang menghanyutkan sampah – sampah.
  • Lingkungan tercemar
Bukan hanya banjir, lingkungan kita pun akan tercemar, maksud tercemar ini yaitu lingkungan menjadi kotor dan tidak terurus, yang dimana lingkungan tidak terurus ini dapat menghasilkan bibit Penyakit.
  • Penyakit
Penyakit? Yups, betul penyakit, kita bisa terkena penyakit seperti DBD, yang dimana nyamuk – nyamuk  tersebut berkembang biak di air yang tersumbat di saluran – saluran air, sungguh disayangkan sekali, jika di Negeri kita ini sudah tidak memiliki sebuah kesadaran untuk tidak membuang sampah sembarangan.

Ide – ide diatas memang cukup aneh tetapi sangat manjur bagi kalian yang ingin belajar menjadi seorang yang disiplin dalam kebersihan, sehingga kalian tidak semena – mena membuang sampah dimanapun.

Terbayang, jika kita berada di Negara orang lain dan kita tidak sengaja membuang sampah sembarangan, dan pasti itu ada Sanksi nya, seperti di Singapore, orang yang membuang sampah sembarangan akan didenda sebesar $1000 Singapore atau setara 10 Juta Rupiah, ya lumayan buat Lanjutin Tour, tapi sayangnya Anda harus membayar denda sebesar itu, sedih bukan ?? 

Maka dari itu, jika kalian punya sampah sekecil apapun dan berada di keadaan mepet sekali pun, saya sarankan untuk menyimpan sampah di saku celana atau di tas, atau lebih baik, cari tempat sampah dulu sebelum melakukan Meeting, bekerja, dan lain – lain.

Saya juga seringkali mendengar orang – orang berbicara seperti dalam keadaan mepet “Udaaahhhh ! Buang aja sampahnya disitu, ngga apa – apa ko”, Lha saya mikir begini, apa tidak lihat gitu dampak – dampak yang telah terjadi jika membuang sampah sekecil apapun, saya membuat artikel ini supaya kita bisa saling mengingatkan saja, supaya negara ini menjadi negara yang disiplin dan asri kembali.

Mungkin cukup sekian, Artikel tentang Cara Melatih Kedisiplinan Dalam Membuang Sampah

Semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman – teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar