Cara Install NetBeans di Komputer atau Laptop

kangajat.com – Hallo kawan – kawan, apa kabar nih ? oke di artikel ini saya akan memberikan sebuah cara untuk Anda yang ingin Belajar Bahasa Pemrograman Java!

Yups, ini adalah sebuah cara awal untuk kita Belajar Bahasa Pemrograman Java ini. Tutorial kali ini adalah Cara Install NetBeans di Komputer atau Laptop. Langsung simak ya.

Apa itu NetBeans?

Jadi menurut beberapa sumber. NetBeans adalah sebuah serambi atau beranda pengembangan perangkat lunak yang ditulis dalam Bahasa Pemrograman Java. serambi pada NetBeans, pengembangan suatu aplikasi dapat dilakukan dimulai dari modules.

Pada dasarnya IDE (Integrated Development Environment) ini digunakan untuk mengembangkan dalam Bahasa Pemrograman Java. Sebelumnya berikut adalah spesifikasi yang dibutuhkan untuk menjalankan NetBeans IDE.

Minimum Hardware Configurations

Microsoft Windows Vista SP1/Windows 7 Professional:

Processor: 800MHz Intel Pentium III or equivalent
Memory: 512 MB
Disk space: 750 MB of free disk space

Ubuntu 9.10:

Processor: 800MHz Intel Pentium III or equivalent
Memory: 512 MB
Disk space: 650 MB of free disk space

Macintosh OS X 10.7 Intel:

Processor: Dual-Core Intel
Memory: 2 GB
Disk space: 650 MB of free disk space

Recommended Hardware Configurations

Microsoft Windows 7 Professional/Windows 8/Windows 8.1:

Processor: Intel Core i5 or equivalent
Memory: 2 GB (32-bit), 4 GB (64-bit)
Disk space: 1.5 GB of free disk space

Ubuntu 15.04:

Processor: Intel Core i5 or equivalent
Memory: 2 GB (32-bit), 4 GB (64-bit)
Disk space: 1.5 GB of free disk space

OS X 10.10 Intel:

Processor: Dual-Core Intel
Memory: 4 GB
Disk space: 1.5 GB of free disk space

Saya yakin diantara kalian, Pasti ingin belajar Bahasa Pemrograman Java ya ? Yups langsung aja ya, Sebelumnya saya sudah membuat Sejarah Bahasa Pemrograman Java dan di Langkah kedua ini, kita akan coba menginstall IDE – nya atau alat untuk menulis kode – nya  :

Download NetBeans 

Kalian bisa Download NetBeans – nya disini : netbeans-8.0.2-windows

Download JDK 64bit & 32bit

Kalian dapat menyesuaikan seri berapa yang sesuai dengan arsitektur komputer kalian dan bisa kalian lihat, dengan mengetik Windows + R di Keyboard. 

Kalian juga bisa Download JDK – nya disini (64bit) :  jdk-8u181-windows-x64

Kalian juga bisa Download JDK – nya disini (32bit) : jdk-8u181-windows-i586

Sebelum itu saya akan bagi 2 tahap yaitu :

1. Cara Menginstall JDK

2. Cara Menginstall NetBeans

Cara Menginstall JDK

  1. Setelah mendownload, syarat – syarat diatas, langsung aja install JDK nya sesuai arsitektur PC atau Laptop kalian. Langsung klik 2x pada jdk-8u181-windows-x64, akan muncul pop – up administrator kemudian kalian klik Yes.
  1. Setelah itu kalian akan diarahkan ke tampilan installasi, lalu pilih Next
  1. Setelah itu pilih lokasi penyimpanan untuk JDK, biarkan saja default ya, setelah itu Next.
  1. Setelah itu proses installasi akan berlangsung, tunggu proses tersebut hingga proses tersebut selesai. 
  1. Setelah selesai, kalian akan ditampilkan pop – up untuk melakukan penginstallan JRE         Versi8, setelah itu klik Ok.
  1. Setelah itu kalian akan diarahkan ke pilih lokasi penyimpanan untuk JRE Versi 8, saya sarankan biarkan saja default, Kemudian klik Next.
  1. Setelah itu, tunggu proses penginstallan JRE Versi 8, jika sudah klik Close.
  1. Oke, kita selesai pada tahap pertama yaitu Cara Menginstall JDK, semoga faham sampai sini ya, Oke kita lanjut~

Cara Install NetBeans di Komputer atau Laptop

  1. Setelah kalian selesai dari tahap 1, disini kita masuk ke tahap terakhir yaitu Cara Menginstall NetBeans, udah download setup NetBeans nya ? kalau belum Download dulu diatas ya, setelah itu klik 2 kali pada setup NetBeans.
  1. Setelah itu kalian akan ditampilkan ke tampilan Configuring Installer, proses ini tidak akan memakan waktu yang cukup lama dan tunggu hingga muncul tampilan pop – up Installer.
  1. Nah, sekarang kita sudah masuk ke tampilan Installer, sekarang kita klik Next. Lalu~
  1. Klik centang di I accept the terms in the license agreement, pada menu License Agreement.
  1. Klik centang di Do not install JUnit, pada menu JUnit License Agreement. Setelah itu klik Next untuk melanjutkan proses.
  1. Kemudian setelah itu kalian akan diarahkan ke menu penyimpanan NetBeans, saya sarankan biarkan saja default, Kemudian klik Next.
  1. Kemudian setelah itu kalian akan diarahkan ke menu penginstallan Glassfish, saya sarankan biarkan saja default juga, Kemudian klik Next.
  1. Setelah itu kalian akan diarahkan ke menu Summary, disini kalian akan diberi sebuah penawaran yang dimana, kalian dapat meng – update atau memperbarui software NetBeans ini dengan cara mencentang Check for Updates dan jika kalian tidak ingin meng – update software NetBeans ini, uncheck saja. Dapat diingat bahwa Memperbarui ini dapat menghabiskan ruang pada Hardisk atau penyimpanan Komputer atau Laptop Anda. Setelah itu klik Install.
  1. Setelah melalui cara tersebut, kemudian tunggu proses Installasi – nya, kurang lebih 15 menitan. setiap perangkat pasti beda – beda memakan waktunya ya !
  1. Kemudian, kalian akan diarahkan ke menu Setup Complete dan hilangkan ceklis pada Contribute to the NetBeans project by providing anonymous usage data, lalu klik Finish.
  1. Selamat proses Penginstallan NetBeans telah selesai.
  1. Kemudian mulailah belajar terkait Bahasa Pemrograman Java!

Okay, mungkin dicukupkan sekian, Artikel tentang Cara Install NetBeans di Komputer atau Laptop. Semoga Tutorial Pembelajaran Java ini bisa dilanjutkan di episode – episode selanjutnya

Semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan dalam penulisan, jangan lupa bagikan kepada teman – teman kalian yang ingin tau, Jika ada yang ingin ditanyakan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih

Satu pemikiran pada “Cara Install NetBeans di Komputer atau Laptop”

Tinggalkan komentar