Dark Mode pada Ponsel dan Komputer, Apa Istimewa nya?

cara-mengaktifkan-dark-mode

kangajat.com – Alhamdulillah kita bertemu lagi di artikel kali ini, sebenarnya ini merupakan sebuah seri lanjutan kemarin terkait read mode, tetapi saat ini saya tertarik dengan fitur kembarannya yaitu dark mode, apa keistimewaan dari fitur ini? Oke itu semua akan di bahas pada artikel ini dengan judul Dark Mode pada Ponsel dan Komputer, Apa Istimewa nya? Pernah mendengar istilah dark mode? Saya yakin Anda pasti pernah mendengarnya, sebuah tema yang hanya membuat tampilan gelap pada ponsel atau komputer Anda, jangan salah dark mode datang dengan mendatangkan manfaat bagi kita. Oke sebelum masuk pada poin-poin yang akan dibahas, izinkan saya untuk memaparkan TOC atau daftar isi yang telah saya buat sebelumnya, berikut daftar isi yang telah saya buat, enjoy! :

Apa itu Dark Mode?

Dark mode atau biasa kita sebut mode gelap merupakan sebuah fitur yang terdapat pada beberapa aplikasi Android, iOS, dll. Seiring berkembangnya teknologi, sehingga banyak sekali aplikasi-aplikasi yang mulai menerapkan fitur ini, guna memberikan manfaat bagi user-usernya. Apa aja sih manfaat yang diberikan dari fitur dark mode ini? Pastinya sangat banyak!

Manfaat fitur Dark Mode?

Seperti yang saya katakan di atas, manfaat dari fitur dark mode ini sangatlah banyak, saya akan menjelaskan berdasarkan pengalaman saya dan beberapa sumber setelah mengunakan fitur dark mode ini pada beberapa aplikasi. Berikut manfaatnya:

Membuat pengguna/user menjadi cepat tertidur

Ini merupakan pengalaman yang saya alami sendiri, entah mengapa setelah fitur dark mode ini saya aktifkan, pasti suasana berubah menjadi mengantuk, mungkin ini merupakan manfaat paling spesial menurut saya, karena saya sudah beberapa kali menggunakan fitur ini pada malam hari, alhasil saya selalu tertidur, mungkin bisa dicoba nih bagi kalian yang sering susah tidur atau Insomnia, good luck!

Membuat kontras menjadi lebih baik

Lain hal jika Anda menonaktifkan fitur dark mode ini, mata Anda serasa sangat lelah melihat kontras yang sangat terang pada layar, entah karena memang pada dasarnya menggunakan handphone terlalu lama itu memang sangat berdampak buruk bagi mata, tetapi dengan adanya fitur ini Anda dapat lebih nyaman dan leluasa menatap layar, mungkin fitur ini sedikit mempunyai kemiripan dengan fitur pada artikel yang kemarin saya bahas yaitu read mode atau mode baca, dengan membuat warna tampilan menjadi lebih hangat dan membuat mata menjadi lebih rileks.

Membuat tampilan Ponsel dan Komputer lebih elegan

Elegan, suatu yang sangat rapi, elok atau enak dipandang, dengan adanya fitur ini tampilan pada perangkat Anda dapat menjadi lebih keren, biasanya jika Anda mengaktifkan fitur ini, layar perangkat/background akan berubah menjadi gelap dan lebih elegan. WhatsApp dan Facebook juga telah merilis fitur tersebut pada jauh-jauh hari, luar biasa bukan? Sangat!

Cara Mengaktifkan Dark Mode pada Android/Laptop

Alhamdulillah, disini saya akan memberikan tips dan cara mengaktifkan fitur ini dengan harapan dapat dimengerti dan difahami, disini saya buat tips dan cara pada kedua platform yaitu smartphone dan PC/Laptop. Silakan disimak! 

Cara Mengaktifkan Dark Mode di Android

Cukup mudah, kurang lebih seperti cara mengaktifkan fitur read mode yang telah kemarin saya buat, kamu hanya perlu menggeser navigasi bar untuk melihat dan mengaktifkan fitur ini, berikut saya buatkan cuplikannya.

Cuplikan pada smartphone:

cara-mengaktifkan-dark-mode

Cara Mengaktifkan Dark Mode di PC/Laptop

Jika kamu merupakan user dari Windows 10, kamu hanya perlu mengikuti step-step di bawah, maka kemudian akan diarahkan pada menu setting yang dimana fitur dark mode tersebut berada, simple?Jika kurang mengerti kalian dapat memperhatikan cuplikan yang saya buat di bawah ya!

Untuk mengaktifkan dark mode pada Windows 10 cukuplah mudah, Anda hanya perlu mengikuti step-step di bawah, agar dapat kalian praktikkan langsung, berikut saya buatkan cuplikannya. 

Cuplikan pada PC/Laptop: 

cara-mengaktifkan-dark-mode

  • Klik icon Settings

  • Pilih Personalization
  • Pilih Colors
  • Pada menu choose your color, Anda pilih Dark.
Mudah kan? Mudah-mudahan dapat difahami, harapanya setelah membaca artikel ini Anda mampu memahami manfaat dari fitur ini, menurut saya pribadi fitur ini sangat unik, yang dimana dapat menciptakan kontras dan tampilan yang elegan dan mungkin bisa bermanfaat juga bagi kesehatan kita dalam menggunakan gadget.
Gimana nih artikel hari ini? Menarik kah? Harapannya setelah membaca artikel ini Anda mendapatkan bayangan/landasan tentang fitur ini, berhubung sedang pandemi seperti ini kita harus bersungguh-sungguh menjaga kesehatan kita dengan berolahraga agar terhindar dari segala penyakit, kalau mimin boleh tahu, olahraga apa yang sering kalian lakukan pada saat masa pandemi ini?

Penutup

Alhamdulillah, mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan dari artikel saat ini yaitu artikel tentang Dark Mode pada Ponsel dan Komputer, Apa Istimewa nya?, semoga bermanfaat bagi Anda, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan, ambil positif buang negatifnya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman – teman kalian yang sedang mencari tahu terkait artikel ini, semoga ini dapat sangat membantu Anda semua, kritik dan saran dapat Anda sematkan di kolom komentar, dukung terus website saya, agar saya dapat lebih bersemangat untuk menyajikan artikel-artikel menarik bagi Anda semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar