Apa itu Signal dan Keunggulannya

mengenal-aplikasi-signal

kangajat.com – Oke bro, kembali lagi pada pertemuan ke sekian di blog saya, beberapa hari yang lalu pengguna internet dibuat heran dengan hadirnya sebuah aplikasi pengirim pesan bernama Signal, lantas apa itu Signal? dan gimana sih cara daftarnya? Oke sebelum masuk ke intinya saya mau kasih daftar isi, supaya mudah loncat ke poin yang mau dituju, oke ini daftar isinya :

 

Oke bro jadi dengan hadirnya aplikasi Signal ini, ganjil sudah ada 3 aplikasi pesan dalam 1 handphone wkwk, mungkin kalian juga ada yang coba instal aplikasi ini, bisa juga share apa sih kelebihan serta kekurangannya dari aplikasi Signal ini. Daripada banyak basa-basi saya mau mulai dari apa itu Signal. 

Apa itu Signal?

Signal merupakan sebuah aplikasi pengirim pesan terenkripsi lintas platform yang dikembangkan oleh Signal Foundation dan Signal Messenger, kurang lebih seperti aplikasi chatting yang sering kita gunakan, signal ini harus menggunakan internet untuk dapat memulai percakapan, dan signal juga mendukung penyematan sebuah file berupa gambar, video, serta voice note. Luar biasa yakan? Yoi. Mau tahu lebih lanjut, nih baca di official webnya bro Signal.org.

Fitur unik Signal

Mungkin dari segi manfaat juga pasti banyak, dan tidak mengecewakan, terkhusus ini kan aplikasi baru rilis juga, tapi disini saya mau bahas dari segi fiturnya ini, yang pastinya wuih mantap! Nah jadi ada beberapa fitur dari aplikasi signal ini yang menurut saya menarik, diantaranya : 

Dark Mode

Dark Mode atau mode gelap sudah biasa kita dengar pada beberapa aplikasi yang sering kita gunakan, dengan kesan dapat membuat kontras yang lebih baik, serta dapat mereduksi cahaya pada handphone, dan pastinya ngga buat mata jadi lelah. 

Dapat mendukung format file

Ya, kurang lebih sama dengan aplikasi chatting yang sering kita gunakan pada umumnya, jadi signal ini mendukung beberapa format file seperti gambar, video, dokumen serta voice note.

Dapat menjadi aplikasi SMS/MMS

Apatuh? Jadi di handphone, kita dapat menggunakan aplikasi signal ini menjadi sebuah aplikasi pesan utama untuk SMS, serta MMS. 

Pesan menghilang

Widih, unik nih namanya pesan hilang, nah jadi di aplikasi signal ini, kita dapat membuat sebuah surel dengan batas waktu yang ditentukan, misal buat pesan ini menghilang dalam jangka waktu 5 detik atau lebih. Belum paham konteksnya? Coba bro hehe. 

Mendukung percakapan grup 

Tidak hanya percakapan personal, aplikasi signal ini juga dapat mendukung percakapan grup, emang sih sama seperti aplikasi chatting pada saat ini, luar biasa unik lah. 

End to end encryption

Nah kalau ini perkara penting sih, karena sangkut pautnya sama privasi dan pastinya fitur ini juga dipake sama aplikasi-aplikasi sebelah seperti WhatsApp, Messenger, dsb. 

Cara daftar Signal

Oke bro, jadi dalam 1 artikel saya singkat aja supaya ngga terlalu bertele-tele, jadi saya ringkas pembahasan tentang aplikasi ini dalam 1 artikel saja kwkw, dan pada poin ini saya akan bahas gimana sih cara mendaftar pada aplikasi ini, caranya cukup mudah, berikut : 

1. Cari Aplikasi Signal di Playstore.
mengenal-aplikasi-signal
2. Instal Aplikasi Signal di Handphone Anda, kemudian buka aplikasi signal dan pada tampilan awal kita klik Lanjutkan.
mengenal-aplikasi-signal


3. Kemudian, seperti biasa kita diharuskan memasukkan nomor telepon, sebagai syarat mendaftar aplikasi Signal. 

mengenal-aplikasi-signal

4. Kemudian, setelah memasukan nomor telepon, kalian diharuskan untuk memasukkan kode verifikasi dari aplikasi signal yang dikirim melalui SMS. 


mengenal-aplikasi-signal

5. Setelah itu, sebagai keamanan kita diharuskan untuk memasukkan PIN, nah masukin deh PINnya. 


mengenal-aplikasi-signal

6. Setelah itu, beres deh tinggal nentuin nama kalian sebagai pengguna signal. 


mengenal-aplikasi-signal

7. Nah jadi ini tampilan awal dari aplikasi signal ini. Bagus gak nih? 

mengenal-aplikasi-signal

Penutup

Sebagai pengguna teknologi saat ini, kita jangan sampai tertinggal dengan update-update yang disajikan oleh media sosial, karena dengan informasi seperti ini sangat dapat memberikan manfaat, sesuai penggunaan juga sih. Serta harapan kedepannya kita dapat lebih peka, dengan banyaknya peluang yang diberikan oleh adanya media seperti ini, guna dapat bermanfaat bagi diri sendiri, serta orang di sekitar. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan dari artikel saat ini yaitu artikel tentang Apa itu Signal? Serta cara daftarnya?. Semoga bermanfaat bagi Anda, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan, ambil positif buang negatifnya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman – teman kalian yang sedang mencari tahu terkait artikel ini, kritik dan saran dapat Anda sematkan di kolom komentar, dukung terus blog saya, agar saya dapat lebih bersemangat untuk menyajikan artikel-artikel menarik bagi Anda semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar