Perbedaan DVD-R, DVD-RW, DVD+R, DVD+RW

pengertian-dvd

kangajat.com – Hey brader! Baik, Alhamdulillah pada kesempatan kali ini saya akan bahas sedikit tentang disk atau kaset, kalian pernah dengar atau lihat istilah DVD-R, DVD-RW, DVD+R, serta DVD+RW kah? Saya yakin, kalian semua pernah dengar itu, biasanya ada di toko tulis atau fotocopy-an, sesuai dengan pembahasan di atas, kali ini saya akan memaparkan beberapa perbedaan terkait DVD-R, DVD-RW, DVD+R, serta DVD+RW , Jadi arti dari huruf “R” ini merupakan readable dan “W” merupakan writeable, oke sebelumnya udah saya buatkan juga daftar isi guna kalian dapat dengan mudah jump to the points, berkut daftar isinya :

 

Perbedaan DVD-R, DVD-RW, DVD+R, serta DVD+RW 

DVD-R 

Biasanya DVD seperti ini berlabelkan -R itu menandakan bahwa format DVD tersebut hanya bisa diburn(transfer) file/berkas sekali saja, serta DVD berikut hanya bisa dibaca dan tidak akan bisa diformat selamanya. 

DVD-RW

Berbeda dengan yang 1 ini, biasanya DVD ini berlabelkan -RW yang artinya DVD ini dapat melakukan operasi Read dan Write, tetapi DVD ini hanya bisa diburn, dibaca, serta dihapus sekali saja. 

DVD+R

Sedikit peningkatan dari poin pertama, ini merupakan DVD+R dengan simbol “+”, yang hanya memiliki 1 fungsi saja, yakni Read. Tetapi, format DVD ini dapat diburn beberapa kali, namun hanya bisa dibaca dan tidak bisa dihapus selamanya. 

DVD+RW

Kalau DVD ini merupakan andalan saya, mengapa? Karena dengan DVD ini kita tidak khawatir kena limit untuk memodifikasi file yang akan diburn dan dihapus, karena dengan format ini kita dapat memburn, membaca, serta menghapus file beberapa kali, tanpa khawatir ada limit! Luar biasa kan? Ya dong. 

Nah, temen-temen jadi itulah beberapa format yang harus kalian ketahui agar ngga keliru pas mau bikin tugas, biasanya kalau di sekola/kampus ada tugas-tugas yang mengharuskan kita memburn file ke dalam CD, nah maka dari itu jangan kebalik lagi ya! Lebar duit euy kwkw. 

Penutup

Sebagai penggiat teknologi saat ini, kalian jangan sampai ketinggalan bahkan tidak tahu dengan informasi luar biasa seperti ini, karena dengan informasi seperti ini sangat dapat memberikan manfaat, khususnya digunakan oleh para pemilik usaha fotocopy, dll. Serta harapan kedepannya kita dapat lebih peka, dengan banyaknya peluang yang diberikan oleh adanya hal-hal seperti ini, guna dapat bermanfaat bagi diri sendiri, serta orang di sekitar. Mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan dari artikel saat ini yaitu artikel tentang Perbedaan DVD-R, DVD-RW, DVD+R, DVD+RW

Semoga bermanfaat bagi Anda, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan, ambil positif buang negatifnya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman – teman kalian yang sedang mencari tahu terkait artikel ini, semoga ini dapat sangat membantu Anda semua, kritik dan saran dapat Anda sematkan di kolom komentar, dukung terus website saya, agar saya dapat lebih bersemangat untuk menyajikan artikel-artikel menarik bagi Anda semua, terima kasih.

Tinggalkan komentar