Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Submenu Header and Footer Terletak Pada Tab? Ini Jawabannya

submenu header and footer terletak pada tab

Halo sobat kangajat.com - Microsoft Word merupakan sebuah perangkat lunak pengolah kata yang dapat kita gunakan pada komputer, laptop, bahkan handphone sekalipun. Di dalam software(aplikasi) tersebut terdapat banyak sekali fitur-fitur dengan berbagai kegunaan yang berbeda-beda. Lantas apa sih Submenu Header and Footer?

Pada artikel ini, saya akan menjelaskan seringkas mungkin agar dapat dengan mudah dipahami, sebelumnya saya ingin menjelaskan beberapa perihal Submenu Header and Footer terlelbih dahulu.

Apa itu Submenu Header and Footer

Submenu Header and Footer merupakan salah satu fitur pada Microsoft Word yang berfungsi untuk menambahkan header dan footer pada dokumen yang sedang Anda buka. 

Header ini merupakan bagian kepala daripada dokumen tersebut, terdapat beberapa poin yang biasanya disimpan pada bagian header yakni seperti nama orang, judul dokumen atau keterangan lain yang akan disematkan.

Footer merupakan suatu bagian kaki suatu dokumen yang biasanya terdapat poin seperti page number(nomor halaman), informasi penulis, atau keterangan lain. 

Submenu Header and Footer ini terletak pada tab Insert pada software Microsoft Word, Anda dapat mengatur header dan footer ini sesuai dengan keinginan Anda agar tampilan dokumen dapat lebih menarik dan efektif untuk dibaca. 

Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word

Tentunya seiring berkembangnya zaman, banyak developer yang berlomba-lomba untuk menciptakan suatu karya yang dapat bermanfaat bagi orang lain, diantaranya mengembangkan beberapa aplikasi pengolah kata selain microsoft word ini.

Berikut di bawah Beberapa Aplikasi Pengolah Kata Selain Microsoft Word:

  1. LibreOffice Writer 

    LibreOffice Writer merupakan sebuah aplikasi perangkat lunak pengolah kata yang digunakan untuk membuat dokumen pribadi, maupun perkantoran seperti surat, laporan dan dokumen lainnya.

    LibreOffice Writer ini tersedia untuk beberapa platform yakni Windows, Linux, bahkan MacOSX.

  2. Google Docs

    Google Docs ini merupakan sebuah layanan yang diberikan oleh Google untuk para penggunannya, ini merupakan layanan pengolah kata, presentasi, formulir. Hanya saja aplikasi ini hanya dapat digunakan pada tampilan Web saja. 

  3. OpenOffice

    OpenOffice ini layaknya seperti beberapa aplikasi di atas, yakni suatu aplikasi pengolah kata dengan source code open source. OpenOffice ini menawarkan beberapa fitur seperti pengolah kata, lembar kerja, presentasi, ilustrasi vektor dan masih banyak lagi. 

  4. Notepad

    Notepad merupakan teks editor sederhana yang dikembangkan oleh Microsoft Windows yang bisa dipastikan para pengguna komputer membuat dokumen, Notepad ini pertama kali dirilis pada tahun 1983 yang pada saat itu digunakan pada program MS-DOS.

    Namun, sampai saat ini kita masih bisa menggunakan Notepad ini, karena program Notepad ini telah dimasukkan ke dalam semua versi Windows, sejak Windows 1.0 pada tahun 1985.

  5. Wordpad

    Menurut saya, Wordpad ini memiliki sedikit kesamaan dengan Notepad yang di mana tampilannya masih sangat sederhana, dan lebih sederhana dari Microsoft Word pada generasi saat ini. Konon, hadirnya Wordpad ini merupakan suatu upaya untuk menggantikan Microsoft Write. 

Akhir Kata

Program pengolah kata pastinya sangat kita butuhkan saat ini, karena beberapa keperluan seperti membuat laporan, surat, dan dokumen lain. Banyak sekali fitur-fitur yang disuguhkan kepada pengguna. 

Mempelajari fitur-fitur pada aplikasi ini memang tidak cukup mengulik dengan sendiri, dibutuhkan seorang yang mahir terhadap aplikasi tersebut agar proses belajar dapat lebih terarah, tetapi saat ini sudah banya media yang membahas hal-hal seperti ini.

Demikian tulisan yang dapat saya berikan pada artikel Submenu Header and Footer Terletak Pada Tab? Ini Jawabannya. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

3 komentar untuk "Submenu Header and Footer Terletak Pada Tab? Ini Jawabannya"

  1. Jadi kalau mau pakai header footer harua buka menu insert dahulu ya kang,

    Selama ini sering nulis, baru tau kalau ada menu itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, tepat Kang harus masuk ke Tab Header & Footer dulu, setelah itu baru atur deh. Wah ngga apa-apa Kang, biasanya bawaan sih Kang mau pakai atau ngga juga ngga apa-apa.

      Hapus
  2. Menggunakan Submenu, Header, dan Footer sangat penting ketika menulis agar dapat memudahkan pembaca/penulis.

    Artikelnya keren kang zatnika

    BalasHapus