Pengaturan Headset di Android Agar Suaranya Normal

pengaturan headset di android

Pengaturan Headset di Android – Halo sobat kangajat.com. Headset atau Earphone merupakan suatu perangkat pengeras suara yang seringkali dipasang di telinga guna mendengarkan musik untuk sensasi yang lebih enakeun! Namun, siapa sangka headset ternyata seringkali tidak berfungsi secara normal, alias banyak sekali kendala yang bisa saja kita hadapi pada saat menggunakan headset ini, maka simak pengaturan headset di Android.

Pastinya pada saat membeli handphone baru Anda akan mendapat kelengkapan handphone seperti charger, case hingga headset yang sudah include(termasuk), memang semua kelengkapan memiliki kondisi yang baru, tetapi entah dari kesalahan pada saat produksi atau apa, pasti ada beberapa perangkat yang memang tidak layak untuk digunakan.

Permasalahan Headset di Android

Masalah yang hadir sangat rupa-rupa dari headset yang tidak terdeteksi, suara yang kecil bahkan mati sebelah. Jangan khawatir meskipun headset Anda tidak berfungsi pada handphone, langkah pertama yang harus Anda lakukan yakni mencobanya di perangkat lain seperti di PC/Laptop.

Jika pada saat Anda mencoba pada perangkat lain, ternyata headset berfungsi dengan normal. Maka dapat dipastikan masalah bisa diprediksi ada pada perangkat handphone Anda, dan telah saya buatkan pengaturan headset di Android di bawah.

Sedikit cerita, berdasarkan pengalaman yang pernah saya alami, headset tidak berfungsi pada handphone, ternyata sebab utamanya yakni lubang jack yang tersumbat oleh kerikil kecil yang menyebabkan headset tidak dapat terhubung dengan baik. Maka pastikan lubang jack atau lubang type c Anda tidak ada objek yang menghalangi.

Pengaturan Headset di Android Agar Suaranya Normal

pengaturan headset di android

Tentunya beberapa kendala headset di atas memiliki solusi yang banyak jua, namun dengan beberapa cara di bawah ini tidak bisa menjamin headset Anda dapat normal kembali, maka dari itu Anda sendiri lah yang dapat menyimpulkan bahwa masalah ini yang kemudian cari solusinya.

Berikut simak di bawah pengaturan yang dapat Anda coba untuk headset Anda :

1. Restart Handphone

Merestart atau memulai ulang handphone mungkin akan membantu permasalahan pada headset Anda, pastikan headset dalam keadaan terpasang, mengapa demikian? Karena pada saat handphone menyala, handphone dapat mendeteksi perangkat yang terhubung, karena pada proses restart ini handphone akan membaca semua perangkat yang terhubung pada handphone. 

2.  Test Audio melalui Musik atau Video YouTube

Hal ini dapat Anda lakukan jika memang aplikasi pemutar lagu pada handphone Anda mengalami gangguan yang menyebabkan suara tidak keluar melaui headset, silakan Anda coba test audio Anda dengan membuka YouTube atau layanan pemutar musik seperti Joox, Spotify, dll.

3. Pastikan Lubang Jack Bersih

Berdasarkan pengalaman saya, ini sangat penting untuk Anda perhatikan saat ingin menghubungkan jack headset ke dalam lubang jack, pastikan bahwa lubang jack dalam keadaan bersih dan tidak ada objek yang menghambat, saya pernah mengalami headset tidak dapat berfungsi dengan baik, ternyata sebab utama dari masalah tersebut yakni terdapat batu kerikil kecil yang menghalangi, dan terpaksa saya cungkil menggunakan jarum. 

Alhasil headset dapat bekerja seperti biasanya, pastikan saat Anda ingin menghubungkan dan menyabut headset untuk melihat lubang jack dan pastikan tetap dalam keadaan bersih. 

4. Update Android Anda

Ketidak kompatibelan juga mungkin dapat mempengaruhi headset yang tidak mengeluarkan suara pada saat terhubung melalui handphone Android, maka langkah yang harus Anda lakukan yakni meng-upgrade versi Android Anda ke versi yang lebih baru dan stabil. 

Jika belum menerima pembaruan dari handphone, saya sarankan untuk menggunakan layanan pemutar musik pihak ketiga yakni Joox, Spotify, dll. 

Pengaturan Headset di Android menggunakan SoundAbout

  1. Unduh aplikasi SoundsAbout melalui link berikut.
  2. Jika sudah mengunduh, Anda dapat langsung menginstal dan membukannya, jika pada saat membuja terdapat notifikasi “Trial Period” saya sarankan untuk klik Ok.
  3. Kemudian Anda dapat menyesuaikan pengaturannya seperti di bawah :

    SoundAbout Service : ON – With Status
    Media Audio : Let App Decide
    Phone Call Audio : Let App Decide

  4. Silakan Anda coba kembali headset, step ini biasanya sangat ampuh untuk device Xiaomi, Lenovo. 
  5. Jika masih belum bekerja, Anda dapat merestart handphone Anda, kemudian coba kembali dari langkah pertama. 
  6. Jika telah bekerja dengan baik, dan Anda tidak menginginkan fitur yang disediakan SoundAboud, Anda dapat menonaktifkannya pada menu SoundAbout Service menjadi Off.
  7. Selamat!

Rekomendasi Aplikasi Pengeras Suara Headset Android Terbaik

Aplikasi pengeras suara headset untuk Android adalah aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk memperkuat suara yang keluar dari headset atau headphone. Aplikasi ini berguna bagi mereka yang mengalami masalah dengan suara rendah atau terdengar redup saat menggunakan headset. Beberapa aplikasi pengeras suara headset terbaik untuk Android adalah:

1. Volume Booster GOODEV

Aplikasi ini sangat sederhana dan mudah digunakan. Dengan hanya menekan tombol “Boost” pada layar utama, aplikasi akan meningkatkan volume suara headset Anda.

2. Super High Volume Booster

Aplikasi ini juga sangat mudah digunakan dan dapat meningkatkan volume hingga 600%. Dalam aplikasi ini, pengguna dapat mengatur volume headset, volume bel masuk, volume notifikasi, dan volume sistem secara terpisah.

3. Equalizer FX

Aplikasi ini tidak hanya meningkatkan volume headset, tetapi juga dilengkapi dengan equalizer bawaan yang memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan suara sesuai dengan preferensi mereka.

4. Precise Volume

Aplikasi ini adalah pilihan yang tepat bagi mereka yang mencari aplikasi yang dapat meningkatkan volume headset secara terperinci. Pengguna dapat mengatur volume headset, volume mediam dan volume nada dering secara terpisah. Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur untuk mengubah volume pada saat pengguna membuka aplikasi tertentu.

Dengan menggunakan aplikasi pengeras suara headset, pengguna dapat meningkatkan kualitas suara yang keluar dari headset atau headphone mereka dan memperoleh pengalaman mendengarkan yang lebih baik. Namun, sebaiknya pengguna menghindari menggunakan aplikasi pengeras suara headset terlalu sering atau meningkatkan suara secara berlebihan karena dapat merusak speaker di dalam headset atau merusak pendengaran pengguna.

Kesimpulan

Jika Anda merupakan orang yang selalu menggunakan headset untuk menemani pekerjaan-pekerjaan sambil mendengarkan lagu, namun apa yang harus Anda lakukan jika headset Anda tidak berfungsi dengan normal, berikut di atas sudah saya paparkan pengaturan headset di Android.

Akhir Kata

Alat seperti headset ini memang dapat kita dapatkan melalui toko-toko seperti konter atau toko aksesoris handphone, tetapi sebelum membelinya sebaiknya Anda pastikan terlebih dahulu bahwa headset memiliki kualitas yang baik dan layak pakai. 

Jika pada headset terdapat suatu masalah Anda dapat menukar barang tersebut secara langsung, tetapi jika kalian ingin mencoba membenarkannya dengan mandiri, silakan simak tulisan di atas.

Mungkin itulah tulisan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Pengaturan Headset di Android Agar Suaranya Normal. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. 

2 pemikiran pada “Pengaturan Headset di Android Agar Suaranya Normal”

Tinggalkan komentar