2 Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard dengan Cepat 2023

Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard – Halo sobat kangajat. Pada saat kita menggunakan Microsoft Word, atau berbagai layanan lainnya seperti Excel, Power Point kita seringkali mengalami kendala-kendala yang membuat was-was, karena terkadang software tersebut keluar secara tiba-tiba pada saat kita sedang menggunakannya. Alhasil, dokumen yang telah kita kerjakan tidak tersimpan.

Memang cukup membuat jengkel. Namun, itu dapat Anda cegah dengan beberapa cara. Nah kali ini kami akan membuat cara menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard dengan Mudah. Cara ini dapat bekerja tidak hanya pada Microsoft Office tertentu saja, Anda bisa menerapkannya di beberapa versi dengan cara yang berbeda.

Baca Juga : Cari Jasa Instal Ulang Laptop Bandung Termurah? di KangAjat.com Aja!

Nah, maka dari itu simak ulasan kami tentang Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard 2013, 2010, 2007 dengan Mudah di bawah.

Apa itu Microsoft Office Activation Wizard?

Microsoft Office Activation Wizard adalah program yang membantu pengguna dalam mengaktifkan lisensi Microsoft Office. Setelah pengguna menginstal Microsoft Office, Activation Wizard akan muncul dan meminta pengguna untuk memasukkan kunci produk atau melakukan aktivasi melalui internet.

Kunci produk ini dapat dibeli secara online atau di toko-toko yang menjual perangkat lunak. Activation Wizard akan memvalidasi kunci produk dan memastikan bahwa lisensi yang digunakan sah dan tidak digunakan pada terlalu banyak perangkat.

Jika lisensi valid, maka Office akan diaktifkan dan pengguna dapat mulai menggunakan program-program di dalamnya. Jika lisensi tidak valid, maka Office akan berfungsi dalam mode terbatas atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Kenapa Ada Tulisan Activate Windows di PC/Laptop Saya?

Tulisan “Activate Windows” adalah pesan yang muncul di bagian bawah desktop Windows dan merupakan tanda bahwa sistem operasi Windows belum diaktivasi. Windows biasanya harus diaktivasi setelah diinstal untuk memastikan bahwa salinan Windows yang digunakan adalah salinan yang sah dan bukan salinan bajakan.

Ada beberapa alasan mengapa pesan “Activate Windows” muncul di desktop Windows, antara lain:

1. Salinan Windows belum diaktivasi

Pesan ini muncul jika Windows belum diaktivasi atau masa percobaan Windows sudah habis.

2. Lisensi Windows kedaluwarsa

Pesan ini muncul jika lisensi Windows telah kedaluwarsa atau sudah melewati batas waktu aktivasi.

3. Perangkat keras diganti

Pesan ini dapat muncul jika pengguna mengganti perangkat keras di komputernya, seperti motherboard atau hard disk, sehingga Windows memerlukan aktivasi ulang.

Jika pesan “Activate Windows” muncul di desktop, maka pengguna harus segera mengaktivasi Windows agar dapat menggunakan semua fitur dan fasilitas yang tersedia di dalamnya. Cara aktivasi Windows bervariasi tergantung pada versi Windows yang digunakan dan jenis lisensi yang dimiliki. Namun, secara umum, pengguna dapat mengaktivasi Windows melalui menu “Settings” atau “Control Panel” di dalam Windows, atau dengan menggunakan kode aktivasi produk yang diberikan bersamaan dengan pembelian lisensi Windows.

Penyebab Microsoft Office Activation Wizard

Seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft Office menyokong banyak sekali layanannya, seperti Excel, Power Point, Access dan masih banyak lagi. Namun, pernahkan Anda mengalami kendala yang mengakibatkan projek yang Anda kerjakan tidak tersimpan? Saya yakin pasti diantara kalian pernah mengalaminya.

Jengkel? Pasti, karena memikirkan dan menerapkannya sungguh membutuhkan waktu yang lama. Apalagi sedang mengerjakan tugas-tugas yang bisa dikatakan mepet dengan deadline.

Nah, mengapa demikian masalah ini bisa terjadi? Sebenarnya ini bukanlah suatu masalah. Namun, karena notifikasinya muncul secara tiba-tiba seringkali kita sebut masalah. Nyatanya, notifikasi ini adalah notifikasi gagalnya aktivasi karena tidak dapat memuat lisensi.

Baca Juga : Cari Jasa Instal Ulang Laptop Bandung Termurah? di KangAjat.com Aja!

Ada sebab, ada akibat. Biasanya. Notifikasi tersebut muncul disebabkan oleh software yang diunduh secara sembarangan yang didapatkan melalui internet.

Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard

microsoft office activation wizard

Setelah kita mengetahui bahwa penyebabnya itu karena lisensi yang tidak dimuat. Karena proses download secara sembarang, sehingga timbulah notifikasi Microsoft pada perangkat Anda. Nah, berikut di bawah kami buatkan cara untuk mengatasinya.

Baca Juga : Cari Jasa Instal Ulang Laptop Bandung Termurah? di KangAjat.com Aja!

1. Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard Tanpa Aplikasi

Cara menghilangkan notifikasi tersebut bisa dicoba dengan beberapa cara. Namun ada juga cara untuk menghilangkannya tanpa aplikasi, dalam artian Anda dapat secara langsung mengatasinya melalui sistem. Berikut tahapan yang bisa Anda coba di bawah.

  • Klik Windows + E pada Laptop atau Komputer Anda
  • Klik pada Computer
  • Buka Direktori Local Disk C: > Program Files
  • Scroll ke bagian bawah, dan carilah Folder Microsoft Office > Office14/16
  • Cari OSPPREARM.exe, jika kebingungan Anda bisa gunakan Search Bar di bagian kanan atas
  • Jika telah ditemukan, klik kanan dan pilih Run as Administrator
  • Setelah itu, proses akan berjalan dan memakan waktu yang tidak cukup lama.

Itulah cara pertama yang dapat Anda coba untuk menghilangkan microsoft office activation wizard di laptop atau komputer Anda.

2. Microsoft Office Activation Wizard 2010

Adapun cara yang bisa Anda gunakan, apabila Anda menggunakan Microsoft Office 2010, cara ini cukup simpel dan mudah, silakan Anda simak cara-caranya di bawah ini.

  • Klik Windows + E untuk membuka File Explorer
  • Klik Computer dan cari Program Files > Program Files (x86) > Common Files
  • Kemudian, cari dan klik Folder Microsoft Shared
  • Setelah itu, buka file OfficeSoftwareProtectionPlatform
  • Dan cari OSPPREARM
  • Jika setelah ketemu, silakan klik kanan pada OSPPREARM dan pilih Run as Administrator

Baca Juga : Cari Jasa Instal Ulang Laptop Bandung Termurah? di KangAjat.com Aja!

Kenapa Ospprearm tidak Bisa Run?

Bagi Anda yang telah mencoba cara kedua, namun OSPPREARM tidak dapat dijalankan, sebaiknya Anda mengetahui penyebabnya di bawah.

Jadi, Ospprearm adalah sebuah command line utility yang digunakan untuk mengubah license activation status pada Microsoft Office. Jika Anda mengalami kesulitan dalam menjalankan “ospprearm”, kemungkinan terdapat beberapa kemungkinan penyebabnya, antara lain:

1. Tidak memiliki akses administratif

Untuk menjalankan “ospprearm”, Anda memerlukan akses administratif pada komputer yang digunakan. Pastikan bahwa Anda sudah login dengan akun yang memiliki hak akses administratif pada komputer tersebut.

2. File ospprearm.exe tidak ditemukan

Pastikan bahwa Anda telah memasukkan nama file dengan benar. Cek apakah file “ospprearm.exe” ada di lokasi yang benar.

3. File ospprearm.exe rusak atau terinfeksi virus

Jika file “ospprearm.exe” rusak atau terinfeksi virus, kemungkinan besar Anda tidak akan dapat menjalankan program tersebut. Coba scan file tersebut dengan program antivirus terpercaya untuk memastikan tidak ada virus atau malware yang menginfeksi.

4. Kompatibilitas

Ospprearm.exe hanya dapat digunakan pada Microsoft Office 2010 atau yang lebih baru. Pastikan bahwa Anda telah menggunakan versi Microsoft Office yang kompatibel dengan “ospprearm”.

Jika masalah masih berlanjut, Anda dapat mencoba menghubungi dukungan teknis Microsoft untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Seperti yang kita ketahui bahwa Microsoft Office memiliki banyak layanannya seperti Word, Excel, Power Point, dll. Seringkali pada saat kita menggunakan beberapa layanannya muncul notifikasi aktivasi, sungguh membuat jengkel. Namun, ada metode yang bisa digunakan untuk menghilangkannya.

Penyebab daripada timbulnya notifikasi ini ialah proses download software secara sembarangan, sehingga Microsoft tidak bisa memuat lisensi, karena setiap pembelian pasti terdapat lisensi yang dapat kita pasang pada suatu software.

Terdapat 2 metode yang dapat dicoba, yakni dengan langsung menggunakan sistem dan menggunakan aplikasi. Kedua cara telah saya ulas di atas, silakan Anda simak dengan baik-baik, harapannya bisa memecahkan permasalahan yang Anda alami.

Akhir Kata

Itulah yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul 2 Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard dengan Mudah. Perlu Anda ketahui tidak hanya versi tertentu, bahwa cara menghilangkan notifikasi ini dapat Anda terapkan di berbagai versi Microsoft Office yakni diantaranya 2013, 2010, dan 2007.

Itu dia ulasan yang dapat saya berikan pada artikel ini, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

8 pemikiran pada “2 Cara Menghilangkan Microsoft Office Activation Wizard dengan Cepat 2023”

  1. Hatur nuhun, Kang.
    Very helpful lah. Tapi saya teh make jalur “common files” and sukses saat ini.
    Semoga ga muncul lagi dalam rentang waktu berjalan.

    Balas

Tinggalkan komentar