5+ Cara Mengatasi My SApk Lupa Password dengan Mudah dan Ampuh

My SApk Lupa Password – Halo sob kangajat. Anda berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara atau ASN? Sudah wajib Anda terdaftar identitas Anda di Badan Kepegawaian Nasional(BKN). Anda dapat mendaftarkan diri Anda melalui aplikasi bernama My SApk BKN. Sebagai pengguna Anda bisa melengkapi data-data kepegawaian yang perlu diisi secara online.

Cara login di aplikasi My SApk BKN juga cukup praktis karena Anda hanya perlu memasukkan NIP(Nomor Induk Kepegawaian) dan password yang telah Anda atur sebelumnya. Lantas apa yang akan terjadi apabila Anda sebagai pengguna mengalami lupa password yang mengakibatkan Anda tidak dapat login melalui aplikasi tersebut?

Tenang pada tahapan ini kami akan memberi solusi yang dapat Anda coba sendiri, sebelumnya kami juga telah membuat tutorial cara mengatasi lupa password ibanking bank jateng yang mengakibatkan akun tersebut tidak bisa melakukan login.

Sebenarnya saat Anda mengalami lupa password pada aplikasi ini Anda masih bisa melakukan reset password via email dan mendapatkan token verifikasi. Namun apabila lupa email apa yang akan terjadi? Dengan begitu Anda sendiri bisa mendatangi secara offline di kantor BKN terdekat.

Dikarenakan aplikasi ini berbasis online, maka akan lebih mudah melakukan reset password melalui smartphone genggam. Nah, gimana caranya? Simak cara-caranya di bawah ya.

Apa itu Aplikasi My SApk?

my sapk lupa password

My SApk merupakan aplikasi layanan dari Badan Kepegawaian Negara yang diperuntukan kepada para Aparatur Sipil Negara. Aplikasi ini berguna untuk memudahkan para PNS mengakses data KTP, BPJS Kesehatan, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan aplikasi My SApk ini dapat membuat data menjadi lebih akurat.

Penyebab Lupa Password Aplikasi My SApk

Lantas. Apa penyebab lupa password pada aplikasi My SApk? Penyebabnya dikarenakan kurangnya ketelitian pada kita atau bisa saja disebabkan oleh pengaturan password yang cukup sulit, sebaiknya untuk pengaturan password gunakan password yang tidak terlalu sulit dan mudah diingat. Namun tidak mudah untuk dibobol juga.

Cara Mengatasi My SApk Lupa Password dengan Mudah dan Ampuh

Apabila kita masih memiliki akses email dan NIP. Kita bisa saja melakukan reset password melalui email secara online.

Adapun fitur helpdesk yang bisa digunakan bagi para pengguna yang mengalami kendala saat menggunakan aplikasi tersebut. Mungkin akan lebih solutif apabila Anda mencobanya langsung menggunakan email yang pernah terdaftar pada aplikasi My SApk BKN ini.

Berikut di bawah ini uraian cara mengatasi My SApk Lupa Password dengan mudah dan ampuh.

Cara Mengatasi My SApk Lupa Password via Aplikasi My SApk BKN

1. Buka aplikasi My SApk BKN pada smartphone Anda

2. Setelah itu Anda akan ditampilkan pada menu Login, Anda bisa memilih tombol Lupa Password

3. Setelah itu Anda akan diarahkan ke laman Lupa Password, jika telah masuk silakan Anda masukkan NIP milik Anda kemudian klik Berikutnya

4. Kemudian aplikasi My SApk akan memberikan kode token ke email Anda

5. Berikutnya akan terdapat menu Reset, disini Anda bisa memasukkan password baru yang terdiri dari 6 karakter yang harus terdapat upper case(KAPITAL) dan lower case saat mengatur password

6. Selanjutnya, cek email Anda dan menuju ke kode verifikasi My SApk. Kemudian salin kodenya

7. Kembali ke aplikasi My SApk BKN dan masukkan token yang telah disalin ke kolom token yang telah tersedia, dan klik Reset Password

8. Tak lama akan tampil notifikasi bahwa proses reset password telah berhasil, kemudian klik Ok

9. Lakukan login dengan NIP dan password baru Anda

10. Akun Anda berhasil pulih, selamat.

Cara Mengatasi My SApk Lupa Password via Call Center BKN

Selain via aplikasinya langsung. Anda juga bisa berkonsultasi secara langsung dengan Call Center BKN. Namun apabila password Anda tidak dapat di reset dan mengalami kendala-kendala lain saat mereset password. Anda bisa menghubungi beberapa kontak Call Center dari BKN di bawah ini.

Call Center : 021-8093008

Email : humasbknri@gmail.com

Website : https://www.bkn.go.id

Feedback dan Keluhan : https://www.bkn.go.id/homepage/lapor-bkn

Kesimpulan

Aplikasi My SApk merupakan aplikasi yang wajib dimiliki oleh ASN atau Aparatur Sipil Negara dengan ini maka Anda telah membuat data menjadi lebih akurat. Aplikasi ini dapat diakses dengan NIP dan password yang telah diatur sebelumnya.

Lantas apabila lupa password apa yang akan terjadi? Maka yang akan terjadi ialah Anda tidak dapat melakukan login ke aplikasi My SApk ini, dengan itu Anda harus mereset password Anda dengan password baru. Namun terdapat syarat yakni terdapat email yang terdaftar pada aplikasi My SApk dan memiliki NIP.

Itulah cara mengatasi Aplikasi My SApk yang lupa password. Dengan ini kami memberikan saran agar menggunakan password yang mudah diingat dan tidak mudah juga untuk dibobol orang lain. Cara tersebut juga akan memberikan keamanan terhadap username dan password SApk BKN milik Anda.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat kami berikan pada artikel yang berjudul 5+ Cara Mengatasi My SApk Lupa Password dengan Mudah dan Ampuh. Semoga artikel ini menjadi suatu jalan yang solutif untuk Anda coba guna mengatasi My SApk yang lupa password tersebut. Selamat mencoba.

Tinggalkan komentar