Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw dengan Lengkap dan Mudah

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel – Halo sob kangajat. Pada zaman yang serba teknologi ini banyak sekali bidang keilmuan yang dapat kita temui, seperti bidang desain grafis. Saat ini banyak sekali perusahaan-perusahaan yang membutuhkan keterampilan desain grafis. Mulai dari portal berita, media televisi, UMKM, dan masih banyak lagi.

Maka dari itu dengan keberadaan desain grafis ini dapat membantu perusahaan berkembang dengan cara desain produk, desain iklan, dan media promosi lainnya. Maka dari itu keterampilan desain grafis benar-benar dibutuhkan saat ini.

Dengan teknologi yang berkembang pesat, saat ini kita tidak lagi mengalami kesulitan lagi saat mencari materi desain grafis, karena telah banyak media yang menyediakan tutorial-tutorial yang bisa menunjang kegiatan belajar kita.

Apa itu Corel Draw?

Corel Draw sendiri merupakan software desain grafis yang diperuntukan kepada para kreator 2D ataupun 3D. Corel sendiri merupakan salah satu software yang populer digunakan oleh para kreator untuk membuat karya-karyanya. Kelebihan Corel sendiri terletak pada kepraktisannya(easy to use).

Saking mudahnya Corel Draw ini dapat dengan cepat dikuasai oleh awam pada saat mengoperasikannya hingga mereka dapat benar-benar beradaptasi dengan tools yang disediakan oleh Corel.

Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw dengan Lengkap dan Mudah

Pada artikel ini admin akan memberikan sebuah tutorial juga, yakni cara membuat tulisan melengkung di corel dengan mudah, serta mudah untuk difahami. Berikut di bawah ini akan saya uraikan beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan pada workspace Corel Draw milik Anda.

1. Silakan Anda buat Shape dan Teks baru, seperti di bawah ini. Sesuaikan saja dengan keinginan Anda

cara membuat tulisan melengkung di corel

2. Di bawah ini saya menggunakan Lingkaran yang dibuat melalui Ellipse Tool pada Toolbars sebelah kanan

cara membuat tulisan melengkung di corel

3. Kemudian, tahap berikutnya ialah menyeleksi teks yang telah Anda buat dan mengubahnya guna menyocokan lengkungan teks dengan objek/Shape

4. Setelah menyeleksi teks, maka tahap selanjutnya Anda harus menuju ke Tab Text pada bagian atas, dan pilih menu Fit Text to Path 

5. Kemudian sesuaikan jarak dari teks dengan objek agar lebih mantab, kalau saya pribadi seperti di bawah

cara membuat tulisan melengkung di corel

6. Klik kiri pada mouse untuk menentukan posisi yang telah cocok, dan selesai.

Adapun sedikit teknik pada Properti Bar Fit Text to Path guna mengatur lagi teks Anda, berikut keterangannya :

  • Text Orientation : guna menentukan teks tersebut melengkung untuk mengikuti lajur shape atau path.
  • Distance from Path : menu yang dapat digunakan untuk mengatur jarak dari path.
  • Offset : menu untuk mengatur posisi teks lebih dekat ke akhir atau awal path.
  • Positif atau Negatif : Nilai positif berarti teks diatur lebih dekat dari awal jalur, demikian pula sebaliknya.
  • Mirror Text Horizontally : berfungsi untuk membalikkan teks dari kiri ke kanan.
  • Mirror Text Vertically : berguna untuk membalikkan teks dari atas ke bawah.
  • Tick Snapping : gunanya menentukan kenaikan spasi untuk menjentikkan teks ke jalur

Kesimpulan

Saat ini desain grafis merupakan salah satu profesi yang sedang ramai diperbincangkan, karena dengan desain grafis kita dapat membuat desain produk yang unik, desain iklan, dan cara promosi lainnya. Dapat kita bayangkan apabila suatu promosi tidak memiliki estetika, misalkan membuat banner dengan desain seadanya.

Maka dari itu, seiring berkembangnya zaman banyak berbagai profesi yang dapat menghasilkan uang, khususnya sebagai desainer grafis. Biasanya profesi sebagai desain grafis banyak dibutuhkan pada portal berita, UMKM, media televisi dan masih banyak lagi.

Saran dari saya, apabila Anda ingin menekuni desain grafis silakan tekuni dengan sungguh-sungguh karena dengan menguasainya bisa menjadi suatu peluang menghasilkan uang dari internet bagi Anda, entah berjualan desain di website-website, entah sebagai desainer grafis part-time.

Sudah banyak ilmu-ilmu yang disampaikan oleh tutor-tutor hebat melalui media-media saat ini seperti YouTube, maka Anda bisa memanfaatkan media-media tersebut menjadi tempat belajar desain grafis.

Akhir Kata

Berikutlah cara-cara yang dapat saya berikan saat akan membuat tulisan melengkung di Corel, mudah bukan? Pasti sangat mudah dengan beberapa tahapan Anda sudah bisa belajar dasar dari Corel. Mungkin lain waktu saya akan membuat tips lanjutannya perihal Corel ini. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

4 pemikiran pada “Cara Membuat Tulisan Melengkung di Corel Draw dengan Lengkap dan Mudah”

Tinggalkan komentar