Cara Membuat Pangkat 2 di Word

Cara Membuat Pangkat 2 di Word – Halo sobat kangajat. Word sendiri merupakan salah satu software Microsoft yang dipergunakan untuk menulis atau membuat dokumen. Word sendiri memiliki banyak fitur atau kegunaan yang banyak.

Salah satunya fitur pangkat 2 atau pangkat atas dan bawah yang mungkin jarang sekali kita gunakan. Seringkali kita bertanya bagaimana cara membuat pangkat 2 di word. Nah, pada artikel ini saya akan coba memaparkan poin-poinnya meski agak kurang lengkap.

Cara Membuat Pangkat 2 di Word

Membuat eksponen yang terletak di atas biasanya digunakan ketika Anda membuat rumus matematika, seperti memberikan kuadrat, kubus, dan sebagainya. Setidaknya ada 3 cara rangking diatas di Word yang bisa anda lakukan, silahkan simak selengkapnya dibawah ini.

Menggunakan Superscript dan Subscript

Superscript adalah fitur khusus yang dibuat untuk membuat rank mengubah posisi huruf yang diinginkan di atas. Sedangkan Subscript sebaliknya. Cara menggunakannya juga sangat mudah, berikut langkah-langkahnya :

  1. Tuliskan sebuah formula yang ingin Anda jadikan pangkat.
  2. Blok angka atau huruf yang ingin Anda rangking. Misalnya, X2=Y2+Z2, maka semua 2 angka dipangkatkan.
  3. Kemudian klik opsi Superscript (X2) yang terletak di tab Home > Font.
  4. Secara otomatis, angka atau huruf yang dipilih akan berubah menjadi pangkat.
  5. Begitupun dengan Subscript, kita hanya perlu melakukan tahapan yang sama namun menggunakan opsi Subscript.

Menggunakan Tombol Kombinasi

Selain menggunakan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan tombol kombinasi pada keyboard. Cara ini biasanya disukai oleh sebagian orang karena tidak harus ribet untuk menggerakkan tangan ke mouse. Berikut caranya :

  1. Buka halaman Word yang berisi teks yang ingin Anda jadikan pangkat.
  2. Pilih semua angka atau huruf yang Anda ubah menjadi pangkat.
  3. Tekan Ctrl + Shift + (+) secara bersamaan.

Memanfaatkan Equation

Persamaan adalah fitur khusus di Word yang berisi berbagai rumus. Jadi dengan fitur ini Anda dapat menentukan peringkat dengan sangat mudah. Berikut langkah-langkah menggunakannya :

  1. Buka halaman Word yang berisi teks yang ingin Anda jadikan pangkat.
  2. Pilih tab Insert, lalu pilih Equation, dan pilih Insert New Equation.
  3. Klik opsi sebelumnya untuk menambahkan peringkat.
  4. Pilih format penilaian yang sesuai. Dalam hal ini peringkat teratas.

Kesimpulan

Itulah beberapa poin yang mungkin dapat Anda ikuti untuk membuat pangkat atas dan bawah di microsoft Word. Seringkali kita menganggap mudah tampilan word. Namun, nyatanya masih banyak fitur yang masih belum kita ketahui.

Akhir Kata

Itukah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul terkait cara membuat pangkat atas dan bawah di word. Saya harap dengan adanya artikel ini bisa membantu teman-teman dalam mengerjakan tugas atau menambah wawasan. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar