website statistics

Kenapa Listrik Sering Jeglek

Kenapa Listrik Sering Jeglek? – Halo sobat kangajat. Listrik jeglek atau mati seringkali terjadi pada rendahya daya listrik pada suatu rumah, sedangkan banyaknya peralatan elektronik yang digunakan. Ini biasa terjadi karena banyaknya peralatan elektronik yang memerlukan daya, maka terjadilah listrik padam.

Namun, pada artikel ini saya akan coba menguraikan penyebab listrik jeglek dan solusi kenapa listrik sering jeglek.

Kenapa Listrik Sering Jeglek?

Kenapa Listrik Sering Jeglek? Kenali Beberapa Penyebabnya!

Terdapat beberapa penyebab yang memungkinkan jeglek atau listrik padam pada rumah, terdapat 3 penyebab yang saya urai di bawah, Anda dapat membacanya dengan seksama agar dapat memahaminya, berikut :

Pemakaian Listrik yang Berlebihan

Salah satu penyebab MCB down adalah penggunaan listrik yang melebihi kapasitas daya. Ini terjadi ketika banyak perangkat elektronik hidup bersama untuk waktu yang lama. Dalam hal ini, gunakan kabel perangkat yang mengkonsumsi energi tinggi terlebih dahulu.

Misalnya kulkas, AC, atau mesin pompa air. Setelah itu, coba naikkan kembali jumper MCB. Agar listrik tidak drop lagi, evaluasi penggunaan barang elektronik di rumah. Ya, operasi tidak dilakukan secara bersamaan.

Kerusakan pada MCB

Jika penggunaan alat elektronik dalam batas wajar, tapi listrik terus turun, bisa jadi masalahnya ada pada MCB. MCB yang bermasalah ditandai dengan bodi perangkat yang panas dan bau terbakar. Kalau, biasanya ada noda gosong akibat kebakaran. Hal ini disebabkan koneksi kabel di software atau goyang.

Korsleting

Jika tuas MCB turun kembali dengan cepat setelah diangkat, bisa jadi terjadi korsleting pada instalasi listrik di rumah, seperti musik, soket, dan fitting. Selain itu, korsleting juga dapat terjadi karena kerusakan pada peralatan elektronik yang digunakan. Salah satunya, arus bocor.

Meskipun padamnya listrik adalah masalah umum, pemilik tidak boleh mengabaikannya. Apalagi jika Anda nekat untuk memperbaikinya sendiri. Salah, kerusakannya malah lebih parah. Bahkan, bisa memicu kebakaran. Jika Anda tidak terbiasa dengan listrik, ada baiknya Anda menghubungi teknisi listrik untuk mendapatkan bantuan.

Solusi Listrik yang Sering Jeglek

Mengatasi boros listrik cukup dengan menekan tombol MCB yang terdapat pada meteran listrik. Kemudian jika MCB rusak perlu diganti dengan bantuan petugas PLN.

Kesimpulan

Itulah beberapa penyebab yang memungkinkan listrik di rumah sering mengalami jeglek, adapun solusinya di bawah yang mungkin dapat Anda coba. Apabila Anda kurang memahami, Anda dapat menghubungi petugas PLN untuk meminta bantuan.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul terkait listrik rumah yang sering padam atau mati. Saya harap dengan adanya artikel ini dapat membantu Anda memecahkan permasalahan listrik padam serta mengetahui penyebabnya. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar