3D Printing, Teknologi Cetak Out of The Box!

teknologi-3d-printing

kangajat.com – Apa kabar nih? Semoga selalu diberikan kesehatan dan keberkahan yang melimpah pada masa pandemi ini, serta selalu dalam LindunganNya, Aamiin.


Sesuai judul disini saya akan mengulas beberapa poin terkait 3D Printing, mungkin beberapa dari Anda pernah mendengar teknologi ini, mengapa saya membuat atau mengulas terkait teknologi ini? Beberapa hari kebelakang saya mengikuti seminar digital yang diadakan oleh kampus saya. saya sangat tertarik dengan teknologi cetak ini, yang mungkin biasanya printing selalu dalam media kertas, tetapi dengan ini Anda dapat Custom hasil cetakan apapun ke dalam bentuk 3D, menarik? Sangat!

Sebelum ke poin-poin yang akan dibahas, izinkan saya untuk menampilkan daftar isi yang telah saya buat sebelumnya, berikut daftar isi:


Apa itu 3D Printing? 

3D Printing merupakan salahsatu Additive Manufacturing dan 3D Printer ini adalah sebuah alat yang dapat digunakan untuk membuat objek 3D melalui file digital yang kita miliki, aditif disini berarti dalam pembuatan atau pencetakan hasil 3D ini, dapat digunakan dengan sebuah objek/lapisan tipis yang diletakan diatas heatbed secara berurutan sehingga menghasilkan objek yang kita inginkan. Saya ada sample GIF dari 3D Printer, kurang lebih seperti ini:

dari GIFER

Apa Perbedaan 3D Printer dan Printer biasa?

Seperti yang saya simak dalam seminar beberapa hari kemarin bahwasanya perbedaan 3D printer dengan printer ini dapat kita lihat melalui koordinat yang dimiliki dari kedua jenis printer tersebut, misal 3D printer memiliki titik koordinat X,Y,Z untuk membuat objek yang lebih kompleks, sedangkan printer biasa hanya memiliki koordinat X saja supaya nozzle dapat menyemprotkan tinta diatas kertas, sementara hanya itu yang saya simak hehe.

Apakah 3D Printer menggunakan tinta seperti printer biasa? 

Karena saya tidak terlalu menyimak, pada seminar kemarin banyak sekali bahan-bahan atau media untuk mencetak hasilnya, tetapi saya hanya mendengar istilah 3D Printing Filament, menurut Wikipedia 3D Printing Filament merupakan bahan baku termoplastik untuk deposisi peleburan, dan pada akhir kata yang saya dapat kutip adalah bahwa 3D Printing Filament ini memiliki beberapa jenis yang banyak dan berbeda, yang dimana membutuhkan suhu yang berbeda untuk dicetak, Wah unik sekali ya!

Bagaimana Cara Kerja 3D Printer ini?

Seperti yang saya katakan di atas bahwa, 3D Printer ini memiliki koordinat X,Y,Z yang pasti berbeda dengan printer biasanya dan pasti hasil cetak yang akan lebih kompleks, untuk hasil disini Anda dapat membuat model 3D sendiri atau testing menggunakan/mengunduh model 3D orang untuk dijadikan testing, sebelumnya izin dulu ya hehe, lebih baik membuat model 3D sendiri karena bebas dari hak cipta, lantas software apa yang dapat kita gunakan untuk membuat model 3D? Sementara ini yang saya ketahui mungkin hanya Blender, karena selain software yang open source, Blender juga memiliki beberapa fitur menarik yang dapat kita gunakan. 

Berapa harga 3D Printer?

Untuk harga sangat banyak sekali varian harga yang dapat kalian lihat, mungkin terdapat 3D printer yang mungkin bisa dibilang murah, maupun sebaliknya, disini saya tidak bisa memaparkan harga-harganya, saya sarankan kalian mencari dan compare(membandingkan)harga 3D printer ini di toko-toko online yang ada, karena beda platform, pasti memiliki harga yang berbeda pula.

Luar biasa bukan? Sangat!, teknologi akan terus berkembang, maka mempelajari teknologi tidak hanya sampai segitu saja, tetapi kita dituntut terus up to date terkait kabar teknologi-teknologi terbaru, semangat terus mempelajarinya, semoga kita semua diberikan KeIstiqomahan OlehNya untuk memahaminya, aamiin.

Penutup

Alhamdulillah, mungkin itu saja informasi yang dapat saya berikan dari artikel saat ini yaitu artikel tentang 3D Printing, Teknologi Cetak Out of The Box! , semoga bermanfaat bagi Anda, mohon maaf jika terdapat kesalahan dalam penulisan, ambil positif buang negatifnya. Jangan lupa untuk membagikan kepada teman – teman kalian yang sedang mencari tahu terkait artikel ini, semoga ini dapat sangat membantu Anda semua, kritik dan saran dapat Anda sematkan di kolom komentar, dukung terus website saya, agar saya dapat lebih bersemangat untuk menyajikan artikel-artikel menarik bagi Anda semua, terima kasih.

3 pemikiran pada “3D Printing, Teknologi Cetak Out of The Box!”

Tinggalkan komentar