Cara Membuat Thumbnail YouTube dengan Simple

membuat-thumbnail-youtube-simple
Alhamdullilah, kita dapat bertemu lagi di tulisan ini, kali ini saya belum sempat menjelaskan tentang AdSense Kilat dulu, sudah lama sekali kita tidak membahas seri tersebut, tetapi di artikel ini saya akan share tentang Cara Membuat Thumbnail YouTube dengan Simple. Bagi Anda yang ingin membuat sebuah Thumbnail video YouTube kalian, disini saya akan menjelaskan semampu saya, oke langsung aja simak.

Apa itu Thumbnail ?

Thumbnail atau paku payung, ehh bukan yang ini wwkwkkw. Thumbnail atau sebuah gambar yang berfungsi sebagai preview dari video sang Content Creator yang dipajang sebelum memulai / menonton video tersebut, Thumbnail sangat berperan penting, meskipun tidak banyak Content Creator yang menggunakan Thumbnail pada video – videonya. Lantas bagaimana cara pembuatan Thumbnail yang simple ini ?

Sebelumnya saya menggunakan software CorelDrawX7, diharapkan kalian dapat memahami artikel ini, oke langsung aja simak.

Contoh Thumbnail :

membuat-thumbnail-youtube-simple
Contoh Thumbnail


Oke Langsung Aja, First

1. Buka CorelDraw di PC / Laptop kalian dan buat Document baru, saya sarankan pengaturan untuk tahap kedua tetap default, Jika sudah klik OK.

membuat-thumbnail-youtube-simple
2. Masukan bahan yang telah disiapkan untuk pembuatan Thumbnail, dengan cara memillih Ctrl + O, untuk memilih file dari Folder. Jika dengan cara Ctrl + O gambar tidak dapat diimpor ke dalam workspace, dapat menggunakan cara drag file atau bahan ke dalam workspace.
membuat-thumbnail-youtube-simple
3. Jika bahan telah diimpor ke dalam workspace, mulai atur ukuran bingkai / frame dari Thumbnail yang akan kita buat, dasarnya Thumbnail di YouTube hanya dapat menampung maksimal Thumbnail yang berukuran 1280 x 720, maka dari itu kita harus mengubah ukuran dari gambar tersebut dengan kriteria yang telah ditentukan oleh YouTube.
membuat-thumbnail-youtube-simple

4. Jika sudah, saatnya kita beri objek persegi dengan Rectangle pada tepian gambar yang berfungsi untuk membatasi garis yang akan kita buat nanti.
membuat-thumbnail-youtube-simple
5. Jika objek persegi pada tepian telah dibuat, saatnya kita poles sedikit agar terlihat menarik, disini saya menggunakan Pen untuk membuat garis liku atau vector pada Thumbnail dengan cara menghubungkan ujung Pena ke Ujung Node.
membuat-thumbnail-youtube-simple

6. Jika sudah membuat garis liku, kemudian rapikan ujung – ujung node untuk membuat garis menjadi lepi rapi.
membuat-thumbnail-youtube-simple

7. Setelah itu saatnya kita hilangkan bagian luar dari garis liku atau vector yang telah kita buat, dengan cara menekan Shift dan pilih objek frame yang berfungsi untuk menyeleksi bagian frame dengan bagian vector yang telah kita buat, setelah itu kita pilih menu Intersect.
membuat-thumbnail-youtube-simple

8. Kurang lebih tampilannya akan seperti ini.
membuat-thumbnail-youtube-simple

9. Kemudian Fill garis liku atau vector sesuai warna yang cocok bagi kalian, disini saya akan Fill warna Hitam dan memberi Effect Transparency tool dan atur – atur Efek transparan pada vector yang telah dibuat, agar terkesan lebih menarik.
membuat-thumbnail-youtube-simple

10. Kemudian impor dan atur – atur kembali beberapa aksesories agar membuat Thumbnail lebih menarik, disini saya menggunakan beberapa gambar tambahan, seperti objek – objek lain daripada game tersebut dan beberapa tulisan yang melambangkan dari judul video yang saya buat.
membuat-thumbnail-youtube-simple

11. Jika sudah, hilangkan frame persegi yang telah kita buat pada tahap – tahap pertama.
membuat-thumbnail-youtube-simple

12. Dan lihat hasilnya! 
membuat-thumbnail-youtube-simple
Berikut di bawah contoh Thumbnail yang dapat Anda lihat : 
 

Nah, Jadi itu sebuah cara simple yang seringkali saya gunakan untuk membuat Thumbnail di channel YouTube saya, mohon maaf tidak bisa banyak yang saya sampaikan, mungkin cukup sekian, Artikel tentang Cara membuat Thumbnail YouTube dengan Simple

Semoga bermanfaat untuk kalian, Mohon maaf jika ada kesalahan atau kata yang kurang berkenan dalam penulisan ini, ambil positif buang negatifnya dan jangan lupa bagikan kepada teman – teman kalian yang ingin mengetahui juga, Jika ada kritik atau saran, mungkin sebuah pertanyaan terkait Artikel ini, silakan tanyakan di kolom komentar, Dukung terus Website saya, agar saya semangat membuat Artikel yang bermanfaat untuk kalian semua, terima kasih.

8 pemikiran pada “Cara Membuat Thumbnail YouTube dengan Simple”

Tinggalkan komentar