website statistics

Cara Membuat Gradasi Warna di CorelDraw X7 dengan Mudah dan Keren

Cara Membuat Gradasi Warna di CorelDraw X7 – Halo sobat kangajat. Efek daripada Gradien ataupun gradasi pada CorelDraw biasa digunakan buat mengkombinasi 2 warna atu lebih. Ataupun menjadikan sesuatu warna mempunyai 2 ujung yang utuh serta tipis. Penggunaan Gradien pada Gambar juga membuat hasilnya lebih artistik.

Bagi Anda yang ingin belajar cara membuat gradasi warna CorelDraw, berikut di bawah ini kami buatkan tutorialnya, sebaiknya Anda siapkan terlebih dahulu software CorelDraw X7 untuk membuat gradasi warna di CorelDraw ini, sebaiknya gunakan versi X7 agar bisa menyesuaikan.

Cara Membuat Gradasi Warna CorelDraw X7

cara membuat gradasi warna di coreldraw x7

Berikut di bawah ini tahapan yang bisa Anda coba untuk membuat gradasi warna CorelDraw dengan mudah dan keren.

1. Membuat Dokumen Baru di CorelDraw

Pertama-tama, silakan Anda membuat dokumen baru untuk projek Anda. Anda bisa membuat projek baru dengan cara klik New Document. Nah pada tutorial ini saya menggunakan Size A4 dengan Layout Landscape supaya lebih mudah.

Baca Juga : Cara Membuat Efek Pixelate di Corel Draw

2. Seleksi Shape Tools dan Drag ke Workspace CorelDraw

Setelah terbuka dokumen baru, Anda dapat seleksi shape cocok sesuai dengan keinginan. Opsi Shape ini terdapat banyak antara lain Rectangle(persegi panjang), Eclipse(bundar), dan Polygon(banyak sudut). Tetapi dalam postingan ini kami menggunakan contoh simple yakni wujud Rectangle(persegi panjang).

Setelah memilah shape, Anda dapat drag(menarik) shape di lembar kerja CorelDraw ini. Anda dapat membiasakan wujud serta pula besarnya foto.

3. Seleksi Warna Menggunakan Pallete guna Memberi Fill pada Object

Caranya mudah yakni tinggal klik shape(foto) setelah itu klik warna yang Anda inginkan. Pallete Warna terdapat di samping kanan lembar kerja CorelDraw X7. Anda bisa memilih warna yang cocok untuk mengisi objek Anda pada workspace.

Apabila CorelDraw Anda tidak timbul warna, hingga Anda dapat memunculkannya dengan membuka menu Windows di CorelDraw, kemudian pilih Color Palletes, dan disana Anda bisa memilih berbagai opsi palet. Anda tinggal memilih baik itu CMYK, RGB, ataupun default dari CorelDraw. Saran saya aktifkan kedua Pallete(RGB, CMYK). Karena terkadang kita membutuhkannya.

4. Seleksi Transparency Tools, Drag Gambar dan Atur Sesuai Keinginan Anda

Setelah shape diberikan warna, kemudian Anda tinggal memberi dampak gradasi ataupun gradient. Untuk yang memakai CorelDraw X7, dapat klik foto(shape) setelah itu klik simbol gelas(transparency tools) di toolbar di sebelah kiri lembar kerja CorelDraw X7.

Setelah itu Anda tinggal drag( tarik) arah panah gradasi di foto( shape) buat memastikan arah gradasi warna pada foto.

5. Mengubah Tipe dari Gradasi

Bila Anda tidak suka dengan gradasi yang standar, Anda dapat mengganti juga pola gradasinya. Dengan memilah tipe gradasi ataupun gradient semacam yang terdapat pada beberapa menunya.

Kesimpulan

Itulah fungsi daripada gradient yang bisa membuat gambar lebih artistik. Umumnya gradient ini digunakan untuk mengkombinasikan 2 atau lebih warna agar lebih menarik. Untuk cara membuat gradasi warna di CorelDraw X7 sendiri telah saya berikan dengan lengkap di atas.

Terdapat 5 tahapan yang bisa Anda coba, berhubung pada tahapan tersebut belum saya sematkan gambar, mungkin akan saya update artikel ini di kemudian hari guna lebih lengkap dan menarik.

Akhir Kata

Nah itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Cara Membuat Gradasi Warna di CorelDraw X7 dengan Mudah dan Keren. Harapannya bisa bermanfaat bagi Anda yang ingin coba-coba membuat gradasi warna CorelDraw. Selamat mencoba.

Satu pemikiran pada “Cara Membuat Gradasi Warna di CorelDraw X7 dengan Mudah dan Keren”

Tinggalkan komentar