Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10 dengan Ampuh

Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10 – Halo sobat kangajat. Apakah Anda pernah berusaha menginstall software dari sumber manapun? Atau Anda pernah berusaha untuk mengubah sistem yang terdapat pada Windows. Jika pernah, inilah pentingnya User Account Control bagi komputer.

Saat kita menginstal software dari beberapa sumber di internet, maka User Account Control ini akan berfungsi agar memastikan bahwa software tersebut baik-baik saja dan tidak terinfeksi oleh Virus. User Account Control juga akan aktif apabila kita berusaha untuk melakukan perubahan-perubahan pada suatu sistem, misal mematikan Windows Update, dll. Yang di mana kita sebagai pengguna diharuskan untuk mengkonfirmasinya terlebih dahulu.

Maka dengan demikian, komputer kita bisa lebih aman dari sumber-sumber yang mungkin membawa virus yang akan menginfeksi file-file pada komputer.

Apa itu User Account Control pada Windows 10

cara mengatasi laptop lemot setelah upgrade windows 10

User Account Control merupakan standar sistem keamanan yang diberikan oleh Windows agar kita lebih waspada saat melakukan instalasi software dari sumber luar, ini akan membuat Anda lebih berhati-hati saat melakukan download software dari website-website di internet. Namun,  User Account Control juga berfungsi apabila kita hendak berusaha mengubah sistem daripada Windows tersebut.

Maka, sebelum Anda melakukan perubahan tersebut, fungsi ini akan tampil guna memastikan bahwa Anda benar-benar ingin melakukan aktifitas tersebut. Mungkin, sebagian dari kita merasa bahwa tampilan User Account Control ini sangat mengganggu saat ingin menginstal beberapa software. Memang, tetapi ini baik bagi kemananan.

Namun, apabila Anda memang ingin menghilangkan User Account Control atau persetujuan ini di laptop Anda, tentu bisa, berikut telah saya buatkan Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10 dengan Ampuh yang dapat Anda coba.

Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10

Terdapat 2 cara yang dapat Anda gunakan untuk menghilangkan User Account Control ini, yakni dengan menggunakan cara melalui menu User Account Control langsung dan menggunakan cara dengan mengedit Registry Editor.

Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10 Melalui Menu UAC

Cara pertama yang dapat Anda coba ialah menggunakan menu UAC yang telah tersedia di Windows 10 Anda, caranya cukup mudah, silakan simak di bawah :

  1. Pertama, silakan Anda klik menu Start di pojok kiri bawah, atau bisa menggunakan tombol Windows di keyboard Anda
  2. Kemudian ketikkan UAC pada menu Search Bar, dan Enter
  3. Setelah itu, Anda akan diarahkan ke menu User Account Control settings yang dapat Anda sesuaikan, karena Anda ingin menonaktifkannya, Anda cukup menggeser tombol ke bagian bawah yakni Never Notify

Itu merupakan cara utama yang simple, dan mungkin bisa Anda gunakan di beberapa versi Windows seperti Windows 7/8/10.

Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10 Melalui Registry Editor

Cara kedua, yakni dengan mengubahnya melalui Registry Editor, menurut saya cara ini agak kompleks, karena kita harus mengubah value daripada kode yang agak membingungkan. Namun, berikut cara yang dapat Anda coba di bawah :

  1. Tekan Shortcut Windows + R untuk membuka jendela Run
  2. Ketik regedit dan Enter
  3. Kemudian masuk ke bagian HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\System
  4. Kemudian, pada panel sebelah kiri Anda cari EnableLUA
  5. Jika telah menemukan EnableLUA, silakan Anda ganti value datanya menjadi 0.

Itu cara kedua yang dapat Anda coba, agak kompleks. Namun, mungkin bisa Anda coba.

Kesimpulan

Nah, gimana nih setelah mengenal UAC atau User Account Control? Apakah Anda ingin membiarkannya untuk menjaga komputer/laptop Anda tetap aman? Atau justru Anda ingin menghilangkannya, karena memang menghambat kita saat ingin menginstall software-software.

Apabila Anda memutuskan untuk menonaktifkannya, Anda bisa menggunakan kedua cara di atas, kedua cara tersebut dapat Anda gunakan, mengacu pada fungsi utama UAC tersebut, yakni merupakan standar sistem keamanan yang diberikan oleh Windows agar Anda lebih berhati-hati dalam proses instalasi.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan yang dapat kami berikan pada artikel yang berjudul Cara Menghilangkan User Account Control Windows 10 dengan Ampuh, semoga dengan ini Anda bisa terbantu untuk menonaktifkannya, karena apabila dipikir-pikir memang agak sedikit mengganggu, terutama kita dalam kondisi yang darurat. Namun, Anda bisa juga membiarkannya apabila laptop atau komputer Anda ingin dalam keadaan aman.

Tinggalkan komentar