5 Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10

Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10 – Selaku pemilik Laptop mungkin kita kerap mengalami kendala-kendala, mungkin karena bottleneck karena spesifikasi yang kurang optimal atau bahkan keyboard laptop tidak berfungsi pada laptop, terutama yang ber-sistem operasi Windows 10.

Mengapa demikian hal tersebut bisa terjadi? Hal tersebut bisa saja terjadi atas beberapa penyebab, misal karena perangkat Anda sudah memiliki lifetime yang cukup panjang. Sehingga performa hingga komponen lain dapat terkendala, khususnya keyboard yang kurang bekerja dengan optimal.

Itu bisa saja kita alami, karena pada dasarnya setiap barang elektronik memiliki lifetime, adapun penyebab lain, misal terdapat software atau driver yang belum terinstal dengan benar. Namun, karena banyak penyebabnya tidak mungkin saya jelaskan pada prolog ini, yuk simak lebih lanjut di bawah.

Penyebab Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10

keyboard laptop tidak berfungsi di windows 10

Seperti yang telah saya jelaskan di atas, permasalahan keyboard laptop yang tidak berfungsi ini bisa terjadi atas 2 hal, yakni pada software ataupun hardware. Dikarenakan penyebabnya berbeda, maka penyelesaiannya juga dilakukan dengan cara yang berbeda.

Mungkin tahapan sederhana yang dapat kita lakukan untuk mencoba akses ke BIOS.

Dengan me-restrart laptop Anda, kemudian tekan tombol khusus pada keyboard sesuai dengan merk laptop yang Anda gunakan, misalnya laptop asus klik tombol F2, biasanya tombol tersebut akan tampil pada menu saat kita me-restart laptop kita.

Jika memang, laptop kita tidak bisa masuk ke BIOS pada saat itu, atapun memilih menu navigasi di BIOS, bisa diprediksi bahwa kerusakan berasal dari hardware/keyboard tersebut. Apabila dapat Anda memilih menu-menu pada navigasi di BIOS, bisa dipastikan permasalahan berasal dari software atau bisa dari tombol-tombol tertentu saja.

Baca Juga : Kenapa Restart Laptop Lama Windows 10? Kenali 5 Penyebab dan Solusinya!

5 Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10

Nah, jika kita telah mengetahui penyebab daripada keyboard laptop tidak berfungsi di Windows 10, sekarang Anda bisa mengikuti beberapa tahapan di bawah untuk memperbaiki keyboard laptop yang tidak berfungsi tersebut.

Berikut di bawah solusi keyboard laptop tidak berfungsi di Windows 10 :

1. Restart Laptop

Restart laptop mungkin seringkali kita gunakan untuk menangani berbagai masalah pada laptop kita, misalkan laptop yang ngefreeze, tidak dapat terkoneksi dengan internet, atau permasalah keyboard yang tidak berfungsi ini, karena dengan merestart laptop merupakan cara fundamental yang sering kita gunakan untuk menangani masalah-masalah ringan.

Anda bisa merestart laptop Anda melalui menu Start > Power > Restart, maka otomatis laptop Anda akan ter-restart dengan sendirinya, dan tunggu hingga laptop hidup kembali.

2. Bersihkan Laptop

Keyboard yang tidak berfungsi bisa saja disebabkan oleh kondisi laptop yang kurang bersih atau kotor, keyboard yang jarang dibersihkan biasanya akan terdapat banyak debu yang masuk ke dalam celah-celah keyboard, ini bisa saja menjadi penyebab keyboard tersebut tidak berfungsi.

Maka dari itu, Anda selaku pemilik laptop. Sebaiknya Anda membersihkan keyboard tersebut dengan rutin dan pastikan tidak ada kotoran atau debu yang masuk ke dalam celah-celah keyboard.

3. Update Driver

Mengutip dari GadgeTren. Selain masalah yang disebabkan oleh hardware. Kita juga bisa memastikan apakah pada software memang baik-baik saja, maka dari itu diperlukannya update driver keyboard itu sendiri, untuk update driver sendiri caranya cukup mudah, bisa Anda simak di bagian bawah :

  • Silakan cari Device Manager pada Windows 10 Anda
  • Double-click pada menu Keyboard
  • Kemudian, klik kanan pada menu HID-Keyboard
  • Kemudian, klik Update Driver atau bisa juga Uninstall device.

4. Update Windows

Microsoft selaku pemilik Windows kerap sekali meningkatkan Windows 10 ini dengan berbagai pembaruan sistem. Keyboard yang bermasalah mungkin bisa saja disebabkan oleh sistem yang belum diperbarui. Maka dari itu, lakukan cek dan update secara rutin.

5. Install Ulang Laptop

Satu-satunya jalan yang dapat Anda coba yakni dengan menginstall ulang laptop tersebut, mengapa demikian? Biasanya, masalah keyboard ini disebabkan oleh masalah software yang serius, maka dari itu kita berupaya untuk menginstall ulang laptop tersebut dengan cara buat bootable Flashdisk sebagai media untuk menginstall Sistem Operasi.

Namun, sebelum menginstall ulang laptop, sebaiknya Anda backup data-data yang Anda miliki, guna aman dan leluasa saat menginstall ulang.

Kesimpulan

Kita sebagai pemilik laptop mungkin seringkali mengalami kendala-kendala yang terjadi pada laptop, misal laptop yang ngefreeze, atau bahkan keyboard laptop tidak berfungsi pada laptop yang mengakibatkan kita tidak bisa mengetik apapun.

Kendala tersebut bisa terjadi atas 2 hal, yakni hardware ataupun software. Kita tahu, setiap barang elektronik pasti memiliki lifetime yang berbeda-beda. Maka dari itu pastikan apakah umur barang elektronik tersebut sudah cukup lama? Apabila memang sudah cukup lama, menurut saya wajar, karena dengan alasan di atas. Bisa juga disebabkan oleh software yang mungkin ketidakcocokkan antara software dan keyboard yang kita gunakan, bisa saja.

Dengan berbagai kendala, tentu akan menimbulkan berbagai solusi, seperti contoh yang saya berikan di atas. Anda sendiri bisa mencoba cara-cara di atas untuk memperbaiki laptop Anda, jika memang sudah mentok, saya sarankan untuk mengunjungi Service Center laptop Anda.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul 5 Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10, semoga dapat membantu permasalahan yang terjadi pada laptop Anda, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

2 pemikiran pada “5 Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10”

Tinggalkan komentar