website statistics

Bezier Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Pengertian Bezier Tool – Halo sobat kangajat. Pernahkah Anda membuat kurva di Corel Draw dengan menggunakan pen tool atau tool lainnya? Jika pernah, apakah Anda mengetahui apa itu Bezier Tool? Saya yakin pasti tahu, tapi yang seringkali digunakan ialah pen tool.

Bezier tool ini hampir persis dengan pen tool yang di mana dapat digunakan untuk menghasilkan kurva. Dengan bezier tool ini Anda dapat membuat 2 jenis kurva yakni kurva tertutup dan terbuka(tidak dapat difill). Kurva terbuka ini tidak dapat Anda beri warna.

Pengertian Bezier Tool

Pengertian bezier tool sendiri merupakan salah satu dari sekian banyak tools yang ada di Corel Draw yang termasuk ke dalam curve tool. Mengapa demikian? Karena dengan bezier tool ini Anda dapat membentuk berbagai macam kurva dengan lekukan yang Anda inginkan.

Pada saat menggunakan bezier tool ini hampir sama seperti halnya Anda menggunakan pen tool, karena sama-sama curve tool yang menghasilkan lekukan dari setiap node yang akan menghasilkan kurva. Anda sendiri dapat menggambar garis dengan beberapa segmen pada saat menggunakan Bezier Tool ini.

Fungsi Bezier Tool

Fungsi Bezier Tool ini ialah untuk mengedit bentuk dasar baik berupa nama ataupun objek lain, selain itu juga bezier tool dapat digunakan untuk membuat garis polygon. Untuk menggunakan bezier tool tak lain seperti Anda saat menggunakan Pen Tool saat membuat lekukan.

Anda hanya perlu ketelitian dan kesabaran pada saat menggunakan bezier tool ini guna menghasilkan karya yang bagus dipandang dan menarik.

Cara Menggunakan Bezier Tool di Corel Draw

Ada beberapa metode untuk pembelajaran bezier tool ini, Anda dapat mencoba beberapa cara di bawah untuk mengasah kemampuan Anda menggunakan bezier tool.

Membuat Garis Lurus dengan Bezier Tool

pengertian bezier tool

Pertama-tama Anda dapat membuat garis lurus, Anda hanya perlu mengklik-klik pada sudut(node) garis untuk membuat garis lurus seperti di bawah ini.

Lengkungan dengan Bezier Tool

pengertian bezier tool

Untuk membuat lengkungan dengan bezier tool. Anda hanya perlu memainkan shortcut pada keyboard yakni tombol Ctrl. Anda dapat melengkungkan garis menggunakan tombol Ctrl dalam posisi ditekan dan menggeser mouse untuk membuat kurva. Jangan lepas mouse apabila garis kurva belum terbentuk.

Lengkungan dan Lancip dengan Bezier Tool

pengertian bezier tool

Anda juga bisa membuat garis lengkung dan lancip menggunakan bezier tool yakni dengan cara menggeser mouse Anda saat ingin membuat lekukan, kemudian klik 2 kali pada node untuk menghentikan membuat garis lekukan, maka otomatis Anda akan membuat garis secara lurus.

Membuat Garis Kombinasi dengan Bezier Tool

pengertian bezier tool

Garis kombinasi merupakan contoh garis yang saya satukan dari beberapa cara di atas, berikut di atas hasil dari garis kombinasi yang menggunakan garis lurus dan lengkung untuk menghasilkan objek pada workspace Corel Draw ini. Bagaimana mudah bukan? Saya harap mudah hehe.

Adapun beberapa keterangan atau istilah yang dapat Anda fahami pada Bezier Tool ini, yakni berikut :

  • Node : titik sudut setiap segmen
  • Kurva : garis lekukan
  • Curve Tool : alat yang berfungsi untuk membuat garis kurva/lekukan.

Kesimpulan

Bezier tool adalah salah satu tool dari sekian banyak tool yang dapat digunakan untuk membuat kurva. Selain menggunakan bezier tool Anda dapat juga menggunakan pen tool untuk membuat lekukan-lekukan pada objek atau gambar.

Fungsi dari bezier tool ini ialah mengedit bentuk dasar daripada bentuk dasar dari objek atau nama. Bezier tool juga dapat digunakan untuk membuat garis polygon, hampir sama seperti menggunakan pen tool. Karena masih termasuk ke dalam kategori curve tool.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Bezier Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw Saya harap ini dapat bermanfaat dan bisa memberi wawasan baru bagi kita semua, selamat mencoba dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “Bezier Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw”

Tinggalkan komentar