Freehand Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di CorelDraw

Freehand Tool – Halo sobat kangajat. Bagi teman-teman yang bersedia terus untuk mengikuti artikel tentang Corel yang telah saya sajikan, saya ucapkan terima kasih banyak. Ini merupakan artikel tentang mengenal freehand tool di CorelDraw yakni salah satu Tool yang terdapat di CorelDraw yang mungkin sering kita gunakan untuk mengeksekusi projek.

Tepat berada di bawah Zoom Tool pada Corel. Freehand Tool memiliki sub menu yang lumayan banyak yakni seperti 2-Point Line Tool, Bezier Tool, Pen Tool, dsb. Sebagian daripada kalian lebih suka menggunakan tool mana pada freehand tool? Tulis di bawah ya.

Selain menggunakan freehand tool untuk membuat kurva, Anda harus tahu polygon tool digunakan untuk apa? Polygon tool ini berfungsi untuk membuat objek dengan segi banyak. Lantas apabila polygon tool dan freehand tool digunakan untuk membuat objek. Pen tool berfungsi untuk apa?

Dikarenakan pen tool masih dalam kategori freehand tool, maka bisa saja masih sama persis fungsinya, misal membuat garis lurus atau lengkung, dsb.

Sebelum membahas lebih jauh, apakah Anda sendiri apakah sudah mengetahui apa itu freehand tool, fungsi dan cara mengunakannya? Nah, jika belum simak artikel ini hingga selesai, karena selain menyajikan informasi berupa tulisan, kami juga akan memberikan visualisasi seperti gambar.

Baca Juga : Bezier Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Pengertian Freehand Tool di CorelDraw

Freehand tool adalah merupakan suatu alat yang dapat digunakan untuk membuat garis lurus atau tidak beraturan di Corel. Sesuai dengan namanya yakni freehand tool yang berarti gerakan bebas yang dihasilkan dari tangan. Kurang lebih menu freehand ialah apabila kita menggunakan alat tulis namun secara digital.

Freehand tool juga memiliki beberapa sub menu yang bisa Anda gunakan, misalkan Bezier Tool, Pen Tool, dsb. Kalau saya sendiri lebih suka menggunakan Pen Tool karena awal saya mengenal CorelDraw saya merasa lebih cocok dengan Pen Tool, meskipun sesekali pernah menggunakan Tool lainnya.

Fungsi Freehand Tool di CorelDraw

Freehand tool berfungsi untuk membuat garis secara lurus atau tidak beraturan(bebas). Dengan menggunakan freehand tool ini Anda dapat lebih bebas mengambar garis tersebut, Anda juga dapat membuat garis lurus menggunakan freehand tool ini, yakni cukup menekan Shift + Arahkan Kursor Anda. Lakukan hal yang sama untuk membuat garis lurus.

Adapun beberapa sub menu pada menu Freehand Tool ini apabila Anda ingin bereksperimen pada Corel Draw, berikut keterangannya :

  • Freehand Tool : Tool yang berfungsi untuk mengambar garis lurus dan tidak beraturan(bebas).
  • Bezier Tool :  Tool yang berfungsi untuk membuat garis dan titik-titik hubung.
  • Artistic Media Tool : Tool yang berfungsi untuk membuat garis artistik.
  • Pen Tool : Tool yang digunakan untuk membuat garis lengkung dan juga kurva dengan hubungan titik-titik.
  • Polyline Tool : Tool ini berfungsi untuk menggambar objek pada pola.
  • 3 Point Curve Tool : Tool ini berfungsi untuk menggambar kurva.
  • Interactive Connector Tool : Tool yang berfungsi untuk menggambar garis hubung.
  • Dimension Tool : Tool ini berfungsi untuk membuat garis keterangan lengkap sebagai keterangan panjang garis.

Itulah beberapa sub menu yang dapat Anda gunakan apabila ingin bereksperimen menggunakan freehand tool guna menghasilkan desain yang lebih baik.

Cara Menggunakan Freehand Tool di CorelDraw

Cara menggunakan freehand tool juga kurang lebih persis dengan menggunakan sub menunya. Misalkan menggunakan Pen Tool. Kita sebagai user hanya perlu menggeser kursor untuk menghasilkan kurva-kurva yang saling terhubung.

Kesimpulan

Freehand Tool atau alat yang dapat digunakan untuk menggambar bebas pada workspace di CorelDraw. Tools ini berfungsi untuk membuat garus lurus atau bebas. Freehand tool juga dapat memiliki sub menu yang mungkin sering kita gunakan, sebagai contoh ialah Pen Tool. Pen Tool adalah tool yang dapat digunakan untuk garis lengkung atau kurva.

Nah, Pen Tool juga merupakan sebagian dari sub menu Freehand Tool. Namun memiliki fungsi yang sedikit berbeda. Jika Freehand dapat membuat garis yang lurus atau bebas, maka Pen Tool dapat membuat garis lengkung atau kurva.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Freehand Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di CorelDraw yang di mana ini adalah artikel untuk mengenal freehand tool di CorelDraw. Artikel ini juga dibuat guna untuk menambah wawasan pembaca dan penulis, karena saya sendiri mengutip dari sumber yang cukup solutif dan saya sungguh berterima kasih banyak.

Sumber : tentangwebsite.blogspot.com

2 pemikiran pada “Freehand Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di CorelDraw”

Tinggalkan komentar