Elipse Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Elipse Tool Berfungsi Untuk? – Halo sobat kangajat. Elipse tool atau alat untuk membuat lingkaran. Tool ini mungkin seringkali kita temui di berbagai software desain atau editing, misal seperti Photoshop, Corel Draw, GIMP, dsb. Apakah Anda pernah mencoba elipse tool di beberapa software di atas? Apakah penggunaannya sama-sama saja? Coba jelaskan di kolom komentar.

Pada beberapa software editing di atas pasti ada elipse tool, karena biasanya elipse tool ini dibuat satu paket dengan tool-tool pembuat bidang lainnya, seperti rectangle tool untuk membuat bidang persegi empat. Biasanya elipse tool ini diberi simbol lingkaran pada setiap software.

Cara menggunakan elipse tool juga cukup mudah dan simple, sama persis dengan cara menggunakan rectangle tool, kita hanya perlu memilih tool tersebut melalui toolbox yang kemudian kita sesuaikan posisi dan ukurannya, pada elipse tool juga kita dapat menyesuaikan bentuk lingkaran. Kita dapat membuat lingkaran sempurna atau lonjong(oval).

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas tentang dimension tool adalah alat untuk? Simak pada artikel berikut, saya telah mengulas beberapa poin pada dimension tool tersebut, mulai dari pengertian, fungsi dan cara menggunakannya di Corel Draw.

Pengertian Elipse Tool

Elipse tool ialah merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools yang tersedia di Corel Draw. Tools ini biasanya digunakan untuk membuat objek berbentuk lingkaran, elipse tool juga dapat Anda gunakan dengan menekan tombol F7 pada keyboard.

Dengan itu Anda akan secara otomatis menggunakan tools tersebut, elipse tool juga memilik submenu yakni 3-Point Ellipse atau dapat kita sebut sebuah tool yang dapat digunakan untuk membuat objek lingkaran dengan 3 titik acuan.

Fungsi Elipse Tool

Apakah Anda pernah mencoba membuat suatu objek persegi empat menggunakan rectangle tool? Jika pernah tidak jauh beda dengan elipse tool ini. Sementara elipse tool berfungsi untuk membuat bidang atau objek berbentuk lingkaran sempurna atau lonjong. Berbagai bentuk dapat Anda sesuaikan dengan keinginan Anda sendiri.

Cara Menggunakan Elipse Tool di Corel Draw

Cara menggunakan elipse tool juga cukup mudah, Anda dapat menggunakan shortcut key F7 pada keyboard untuk mengaktifkan tools tersebut atau dapat dengan mudah mencarinya di toolbox pada bagian kiri Corel Draw. Anda dapat memilihnya dan mulai membuat objek lingkaran.

Berikut cara menggunakan elipse tool di Corel Draw dengan mudah :

1. Cari Ellipse Tool pada toolbox Corel Draw

2. Tekan dan Pilih Ellipse Tool

3. Buatlah 1 buah objek lingkaran, jika Anda ingin membuat lingkaran yang proporsional Anda dapat menekan tombol Ctrl + Menggeser Mouse Anda

4. Jika sudah, lepaslah mouse Anda. Maka 1 lingkaran sempurna telah dibuat, bagaimana mudah bukan menggunakan Ellipse Tool ini?

Adapun beberapa keterangan yang dapat saya jelaskan tentang ellipse tool ini, berikut diantaranya :

  • Ellipse Tool : berfungsi untuk membuat lingkaran, baik sempurna atau lonjong(oval).
  • 3-Point Ellipse : berfungsi untuk membuat lingkaran dengan 3 titik acuan.

Kesimpulan

Elipse tool atau alat yang dapat kita gunakan untuk membuat lingkaran, baik sempurna ataupun lonjong(oval) merupakan alat yang sama persis dengan rectangle tool, hanya saja rectangle tool adalah alat yang dapat kita gunakan untuk membuat bidang atau objek dengan berbentuk persegi empat.

Untuk penggunaan sama saja, sementara elipse tool berfungsi untuk membuat objek yang berbentuk lingkaran saja, elipse tool juga memiliki submenu yakni 3-Point Ellipse yang berfungsi untuk membuat lingkaran dengan 3 titik acuan.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Elipse Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw Harapannya dengan ada artikel ini dapat menambah wawasan kita semua dalam mengoperasikan software Corel Draw, terutama menggunakan elipse tool yang kita bahas saat ini.

Tinggalkan komentar