Move Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Photoshop

Move Tool Berfungsi Untuk? – Halo sobat kangajat. Kembali lagi dengan saya dalam pembahasan Photoshop, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang Move Tool pada Photoshop, sesuai dengan namanya Move yang berarti “pindah”. Tool ini dapat digunakan untuk memindahkan suatu objek pada workspace di Photoshop.

Sama persis dengan Corel Draw. Akan tetapi, di Corel Draw biasa kita sebut dengan Pick Tool. Berbeda nama, tapi ya kegunaannya sama saja. Tenang, pada artikel kali ini saya akan bahas mulai dari pengertian, fungsi dan cara menggunakannya di Photoshop.

Pengertian Move Tool

Move Tool ialah salah satu tool dari sekian banyak tools yang ada pada toolbox Photoshop, kegunaan tool ini yakni untuk memindahkan objek atau bidang di Photoshop. Tool ini dapat Anda gunakan untuk memindahkan bidang ataupun objek kemanapun, terkecuali keluar canvas wkwk.

Tool ini juga termasuk ke dalam satu satunya kelompok Move yakni Move Tool. Tool ini terletak paling awal pada Photoshop versi CS6, mungkin di versi lainnya juga memiliki letak yang sama, yakni posisi pertama sehingga lebih mudah untuk diklik.

Fungsi Move Tool

Move tool berfungsi untuk memindahkan objek baik gambar, bacaan, brush, serta lain – lain. Tidak hanya itu, move tool juga bisa digunakan untuk mengendalikan align pada bagian option boxnya. Metode memakainya tinggal mendrag objek yang hendak kita pindahkan ke tempat yang kita inginkan.

Move tool juga dapat kita gunakan melalui toolbox di sebelah kiri atau dengan cara menekan shortcut key yakni V pada keyboard, dengan tombol tersebut maka kita akan secara otomatis menggunakan move tool dan tinggal menggunakannya saja.

Cara Menggunakan Move Tool di Photoshop

Cara menggunakan move tool cukup mudah, kita hanya perlu memilih move tool pada toolbox yang telah tersedia di Photoshop, kemudian pilihlah objek atau bidang yang akan Anda pindahkan posisinya. Berikut cara menggunakan Move Tool di Photoshop.

1. Masukkan objek atau gambar apapun ke dalam canvas Photoshop

2. Cari Move Tool atau dapat dengan shortcut key V pada keyboard

3. Pilih objek atau gambar yang ingin Anda pindahkan

4. Geser objek tersebut ke tempat yang Anda inginkan

Dengan cara seperti itu Anda sudah dapat menggunakan move tool, cukup mudah bukan? Tinggal klik move tool pada toolbox, kemudian pilih objek mana yang ingin Anda pindahkan dan selesai.

Kesimpulan

Itulah move tool yang biasa digunakan untuk memindahkan objek berupa gambar, teks, brush, dsb. Tool ini tersedia di toolbox Photoshop di sebelah kiri, Anda juga dapat menggunakannya dengan shortcut key pada keyboard Anda, cukup dengan mengklik V pada keyboard, maka tool ini akan secara otomatis digunakan.

Move tool berfungsi untuk memindahkan objek, teks, gambar. Anda dapat menggunakan move tool ini dengan sangat mudah, hanya dengan cara mendrag saja objek yang telah Anda pilih melalui canvas di Photoshop dan meletakkan posisi objek tersebut sesuai dengan keinginan Anda.

Maka selesailah artikel tentang Move Tool ini, konten ini merupakan konten kembangan dari artikel yang berbeda, apabila Anda penasaran, Berikut Pen Tool Berfungsi Untuk? Artikel tersebutlah yang saya kembangkan sehingga terbuatlah artikel ini.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat kami berikan pada artikel dengan judul Move Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Photoshop Harapannya dapat memberikan wawasan untuk kita semua terhadap tool-tool yang ada pada Photoshop atau Corel Draw, khususnya software-software Desain dan Editing. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar