Rectangle Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Rectangle Tool Berfungsi Untuk? – Halo sobat kangajat. Pernahkah Anda mencoba untuk membuat objek bujur sangkar atau persegi panjang? Nah, jika sudah syukurlah karena cara membuatnya tidak cukup sulit. Bagi Anda yang belum pernah mencobanya pada artikel kali ini saya akan mengulas tentang Rectangle Tool di  Corel Draw.

Rectangle tool sendiri merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools yang ada di Corel Draw. Rectangle tool ini sangat berguna apabila Anda ingin membuat objek berbentuk persegi panjang, dengan menggunakan tool ini Anda hanya perlu mendrag objek ke workspace Anda.

Apakah menggunakan rectangle tool ini mudah? Ya, seperti yang telah saya katakan di atas bahwa dengan rectangle tool ini Anda hanya perlu mendrag dan menyesuaikan objek di workspace Corel milik Anda. Rectangle tool juga memilik submenu yakni 3-Point Rectangle Tool yang bisa membantu Anda untuk membuat objek persegi panjang dengan 3 titik poin.

Baca Juga : Pen Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Lantas selain digunakan untuk membuat objek persegi panjang apa saja yang dapat dilakukan oleh rectangle tool ini? Simak pengertian, fungsi dan cara menggunakan Rectangle Tool di Corel Draw.

Pengertian Rectangle Tool

Rectangle tool ialah salah satu tool dari sekian banyak tools yang dapat digunakan di Corel Draw. Dengan rectangle tool Anda dapat membuat sebuah objek persegi panjang atau bujur sangkar dengan hanya drag dari Toolbox Corel saja.

Rectangle tool juga memiliki submenu yakni 3-Point Rectangle Tool yang berguna untuk membuat objek persegi panjang dengan memanfaatkan 3 titik poin pada tools tersebut. Cara menggunakannya Anda hanya perlu mendrag dan menyesuaikan objek tersebut.

Fungsi Rectangle Tool

Rectangle tool berfungsi untuk membuat objek bujur sangkar dan persegi panjang pada workspace Corel Draw. Dengan tools tersebut Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran dan posisi untuk objek tersebut, dengan menggunakan rectangle tool juga Anda dapat membuat persegi dengan proporsional, yakni dengan cara menekan Ctrl pada keyboard.

Dengan demikian Anda bisa menciptakan objek persegi dengan proporsional di workspace milik Anda, Anda juga dapat membuat objek persegi menggunakan 3-Point Rectangle Tool yang sebelumnya telah saya sebutkan di atas, yakni dengan memanfaatkan 3 titik poin pada tools tersebut.

Cara Menggunakan Rectangle Tool di Corel Draw

Cara menggunakan rectangle tool di Corel Draw tidak cukup kompleks, seperti pada tutorial sebelumnya yang mempelajari Pen tool berfungsi untuk membuat garis atau kurva, kita hanya perlu memainkan kursor pada mouse yang akan menghasilkan objek persegi panjang tersebut.

Selain menggunakan rectangle tool, Anda juga dapat menggunakan submenu-nya yakni 3-Point Rectangle Tool yang dapat membuat objek persegi panjang menggunakan 3 titik poin.

Berikut ini cara menggunakan rectangle tool di Corel Draw dengan mudah :

1. Pilih Rectangle tool pada toolbox sebelah kiri atau bisa dengan menekan shortcut F6 pada keyboard

2. Buatlah objek persegi panjang sesuai dengan keinginan Anda

3. Jika Anda ingin membuat objek persegi panjang dengan proporsional, Anda dapat membuatnya dengan cara menekan tombol Ctrl sembari mengatur dan menyesuaikan ukuran dari objeknya

4. Apabila Anda ingin menambahkan warna pada objek tersebut, silakan beri warna dengan fill 

5. Anda juga dapat mengatur outline atau garis tepi dari objek rectangle tool ini, selain itu Anda dapat memberikan efek pada pojok(corner) objek persegi panjang Anda, yakni dengan menerapkan round corner, scalloped corner, dan chamfered corner.

Adapun beberapa keterangan pada menu tambahan dari tools pada artikel ini, berikut diantaranya :

  • Round corner : berfungsi untuk mengatur pojok dari objek menjadi lebih bulat.
  • Scalloped corner : berfungsi untuk mengatur pojok objek menjadi bergerigi.
  • Chamfered corner : berfungsi untuk mengatur pojok objek seperti talang.
  • Corner radius : Anda dapat mengatur radius atau jarak dari titik pusat.

Kesimpulan

Rectangle tool merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools di Corel Draw. Rectangle tool berfungsi untuk untuk membuat objek persegi panjang atau bujur sangkar, selain itu rectangle tool juga memiliki submenu yakni 3-Point Rectangle Tool yang dapat Anda gunakan untuk membuat objek persegi dengan 3 titik poin.

Bagaimana penjelasan tentang rectangle tool kali ini? Apakah Anda siap mempelajari tool-toolnya lebih dalam? Silakan bereksperimen dengan ide Anda.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Rectangle Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw Harapannya dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan bagi kita semua guna mempelajari tools yang tersedia pada Toolbox Corel Draw. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

2 pemikiran pada “Rectangle Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw”

Tinggalkan komentar