Pen Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Pen Tool Berfungsi Untuk? – Halo sobat kangajat. Pernahkah Anda menggunakan Pen Tool pada beberapa software editing, seperti Photoshop, Corel Draw atau Adobe Illustrator. Pada beberapa software tersebut terdapat Pen Tool ini yang memiliki fungsi yang sama. Namun pada artikel ini saya akan bahas Pen Tool pada software Corel Draw saja.

Sesuai dengan nama yang diberikan yakni pen tool, pen tool ini dapat digunakan untuk membuat vector, biasanya pada saat proses membuat vector banyak sekali kita melibatkan kurva atau garis lengkung. Apakah Anda pernah menggunakan pen tool ini? Nah, pada artikel ini saya akan memberikan sedikit ulasan tentang Pen Tool yang digunakan di Corel Draw.

Baca Juga : Rectangle Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Pen tool ini masih termasuk ke dalam kategori freehand tool, lantas freehand tool berfungsi untuk apa? Sederhananya freehand tool dapat membuat garis lurus atau tidak beraturan(bebas).

Lantas, selain digunakan untuk membuat vector, apa saja kegunaan dari pen tool di Corel Draw? Yuk, simak pengertian, fungsi dan cara menggunakan pen tool di Corel Draw.

Pengertian Pen Tool

Pen Tool ialah salah satu tool dari sekian banyak alat yang bisa digunakan di Corel Draw. Pen tool sendiri dapat digunakan untuk membuat kurva atau vector pada workspace, biasanya kurva ini dihasilkan dari lengkungan-lengkungan dari pen tool.

Pen Tool juga dapat Anda temui pada menu freehand tool atau pada toolbox sebelah kiri, dengan menekan menu freehand tool, maka akan tampil beberapa menu tool lainnya. Anda dapat memilih pen tool untuk mulai membuat objek.

Fungsi Pen Tool

Pen tool berfungsi untuk membuat garis atau kurva, sesuai dengan nama yang diberikan pen yang berarti pulpen, apabila kita menggunakan pulpen pasti hasilnya bisa berupa garis, tulisan atau kurva. Pen tool hampir memiliki kegunaan yang sama persis dengan freehand tool.

Dengan memberikan kurva pada workspace Anda dapat menciptakan vector apabila garis awal dan garis akhir saling terhubung. Dan Anda juga dapat memberikan fill(warna) pada vector tersebut.

Cara Menggunakan Pen Tool di Corel Draw

Cara menggunakan pen tool di CorelDraw juga cukup mudah, Anda hanya perlu memainkan gerakan kursor pada mouse, sehingga dapat membuat lengkungan yang rapi dan proporsional. Namun itu semua tergantung objek yang akan Anda buat. Anda juga dapat mengatur ketebalan outline, line style, start arrowhead dan end arrowhead.

Berikut ini cara menggunakan pen tool di CorelDraw dengan mudah :

1. Tekan freehand tool pada Toolbox Corel Draw, kemudian pilih Pen Tool

2. Buatlah garis dengan bebas(lurus atau lengkung)

3. Untuk membuat lengkungan Anda dapat, klik dan tahan dari node awal ke node selanjutnya

4. Untuk menjadikannya vector Anda hanya perlu menyambungkan garis awal dan akhir, maka akan tercipta vector yang dapat Anda fill dengan warna

5. Anda juga dapat mengatur outline, start arrowhead dan end arrowhead pada garis Anda, namun tidak berlaku untuk vector. Ini hanya berlaku untuk garis saja.

Adapun sedikit keterangan dari tools pada artikel ini, berikut diantaranya :

  • Preview mode : berfungsi untuk memberi pratinjau pada garis yang akan Anda gambar selanjutnya.
  • Automatically add or delete nodes : menambah dan menghapus nodes secara otomatis.
  • Start arrowhead : Memberikan arrowhead pada garis pertama.
  • Line style : berfungsi untuk mengcustom garis, misal(putus-putus, lurus, dsb).
  • End arrowhead : Memberikan arrowhead pada garis akhir.

Kesimpulan

Pen tool merupakan salah satu tool dari sekian banyak tool di Corel. Pen tool ini dapat digunakan untuk membuat garis atau kurva, atau bisa juga digunakan untuk membuat objek vector pada workspace Corel Draw Anda. Vector ini biasanya dihasilkan dari lengkungan-lengkungan yang Anda gambar menggunakan pen tool.

Pen tool berfungsi untuk membuat garis, baik garis lurus atau kurva(melengkung). Pen tool sendiri hampir memiliki fungsi yang sama persis dengan freehand tool, karena pen tool masih termasuk freehand tool pada Toolbox Corel Draw.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Pen Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah pengetahuan dan kemampuan kita semua untuk menggunakan tools pada Toolbox Corel Draw. Selamat mencoba dan terima kasih.

5 pemikiran pada “Pen Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw”

Tinggalkan komentar