20+ Cara Jualan Di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula

Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku – Halo sobat kangajat. Lazada merupakan salah satu marketplace untuk jual beli online, jika anda baru memulai di Lazada anda harus bisa beradaptasi dengan keadaan baru dan bersaing secara positif dengan banyak kompetitor. Untuk memudahkan para pemula dalam berjualan, kami telah membuatkan tips dan cara berjualan di Lazada agar cepat laku dan laris manis.

Strategi dan cara berjualan yang benar dan benar adalah hal yang penting untuk dipelajari. Karena persaingan dalam dunia bisnis sangat variatif dan cepat berubah, jika tidak cepat beradaptasi bisa ditendang dari persaingan.

Saat ini sulit untuk mempelajari hal-hal baru tentang Lazada, ada banyak akses informasi yang dapat digunakan sebagai sumber belajar. Misalnya melalui sellercenter.lazada.co.id, video di youtube, atau artikel di internet misalnya artikel ini membahas tentang teknik menjual produk cepat laku di Lazada.

Syarat Jualan di Lazada

Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah Lazada. Untuk bisa berjualan di Lazada sendiri, ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi dan langkah-langkah pendaftaran yang harus dilalui.

Untuk lebih jelasnya, Anda dapat melihat informasi di bawah ini:

1. Perorangan

  • Identitas (KTP);
  • Buku tabungan, sesuai nama identitas pemiliknya.
  • Ingat: nama KTP dan buku tabungan yang kamu ingat harus sama

2. Perusahaan

  • NIB dan Izin Usaha dari OSS;
  • Buku tabungan/giro, sesuai dengan nama perusahaan atau NIB penjamin dan izin usaha.

3. Distributor resmi

  • NIB dan Izin Usaha dari OSS;
  • Buku tabungan/giro, sesuai dengan nama perusahaan atau NIB penanggung dan izin usaha;
  • distributor surat;
  • Memiliki website resmi dan aktif di media sosial (minimal 1000 followers);
  • Terdaftar di toko retail minimal 3 cabang.

4. Pemilik merek/distributor tunggal

  • NIB dan Izin Usaha dari OSS;
  • Buku tabungan/giro, sesuai dengan nama perusahaan atau NIB penanggung dan izin usaha;
  • sertifikat merek;
  • Memiliki website resmi dan aktif di media sosial (minimal 1000 followers);
  • Terdaftar di toko retail (minimal 3 cabang).

Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula

Sebagai penjual pemula, tentunya Anda belum menguasai cara berjualan yang baik dan benar di marketplace besar seperti Lazada. Agar tokonya bisa berkembang, tentunya ada tips dan trik khusus berjualan yang hanya bisa dilakukan oleh orang yang sudah mengerti strateginya.

Oleh karena itu, Komerce kali ini akan membahas berbagai strategi dan tips berjualan di Lazada bagi para pemula agar bisa bersaing dengan kompetitor yang sudah lebih dulu memulainya.

1. Perkuat Branding Toko

karakteristik saat berjualan online adalah salah satu hal yang penting. Penguatan store branding juga bisa menjadi solusi agar toko mudah diingat oleh pelanggan, misalnya jual kaos dan jeans, seller bisa lebih memperkuatnya dengan desain yang khas, nama yang unik, pemberian promo, iklan di Lazada, celebrity endorsement, dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan sentuhan unik pada foto produk, seperti menggunakan model yang menggunakan produk agar terlihat original, dan masih banyak cara lainnya. Jika yang dijual adalah makanan, maka Anda bisa memperkuat rasa atau faktor branding lainnya yang bisa membuat pelanggan langsung tertarik saat melihat produk tersebut.

2. Optimalisasi Konten Produk

Foto Produk, untuk meningkatkan penjualan, Anda harus mengoptimalkan konten produk. Jika Anda tidak dapat membuat foto produk yang bagus, Anda dapat menggunakan platform desain grafis seperti Canva.

Dengan bantuan Canva, Anda dapat membuat konten menarik terkait produk yang Anda jual. Misalnya bisnis yang Anda jalankan adalah masker wajah, maka Anda bisa mencoba membuatnya dengan memperkenalkan manfaat membuat masker untuk manfaat kulit wajah.

Jika memungkinkan, sertakan foto produk dari berbagai sisi agar pelanggan dapat melihat lebih jelas detail produk.

Deskripsi Produk, jika Anda menjual produk Anda sendiri, maka Anda dapat memuat deskripsi produk yang lengkap sesuai dengan keunggulan produk Anda. Misal anda jual jaket, bisa input bahan jaket, ukuran jaket, kebijakan terkait produk, dan lain sebagainya

3. Gunakan Fitur Promosi

Setiap marketplace biasanya memiliki fitur unggulan yang bisa digunakan oleh penjual seperti fitur promosi, fitur ini biasanya disediakan secara gratis oleh marketplace, penjual tidak perlu membayar untuk itu. Pemula atau profesional sama-sama memiliki kesempatan.

Berikut adalah isi dari fitur promosi di Lazada :

  • Voucher penjualan: Dengan bantuan voucher, Anda dapat memaksimalkan konversi dan penjualan produk Anda
  • Pengiriman Gratis: Dengan menempatkan promosi pengiriman gratis, Anda dapat memaksimalkan visibilitas produk Anda melalui logo “pengiriman gratis” di halaman pencarian.
  • Flexi Combo: Flexi Combo merupakan fitur promosi dengan konsep “Beli Lebih Banyak Diskon Lebih Banyak”. Fitur ini membantu Anda untuk memberikan diskon yang dapat digabungkan dengan hadiah/contoh produk gratis saat pelanggan membeli dalam jumlah banyak.
  • Bundles: Bundles adalah fitur promosi yang menawarkan diskon pembelian dalam bentuk bundel seperti ‘Beli 1 Gratis 1’
  • Voucher Follower: Voucher Follower adalah jenis voucher yang hanya dapat digunakan oleh pengikut toko. Dengan voucher ini, kamu bisa menambah jumlah followers toko di Lazada.
  • Share Voucher: Share Voucher adalah mekanisme baru bagi pelanggan untuk berbagi voucher dengan kerabat atau teman melalui media sosial.

Menggunakan fitur ini juga dapat digunakan untuk pengoptimalan akun untuk memaksimalkan kinerja, sehingga produk Anda akan lebih sering muncul daripada tidak beriklan. Dengan cara ini, jumlah pelanggan yang datang akan meningkat.

4. Mempercantik Dekorasi Toko

Bahkan jika toko Anda tidak dalam bentuk nyata, Anda juga harus memperhatikannya dengan cermat. Apalagi jika Anda serius ingin mengoptimalkan toko Anda secara maksimal, toko tersebut harus terlihat menarik agar pelanggan dapat melihat produk-produk yang ada di dalamnya.

Anda bisa mempercantik toko Anda dengan merapikan foto produk. Buat konsep pada cover agar terlihat menarik di mata pelanggan. Penjual juga bisa mengganti tema sewaktu-waktu, misalnya saat bulan kemerdekaan bisa menambahkan hiasan bendera merah putih.

Selain itu, Anda juga dapat memasukkan produk ke dalam kategori yang sesuai, sehingga pelanggan Anda dapat menemukan produk yang mereka inginkan.

5. Berbagai Layanan Pengiriman

Terkadang faktor kepuasan pelanggan tidak hanya berorientasi pada harga dan kualitas produk, tetapi juga pada layanan pengiriman. Semakin banyak variasi ekspedisi yang ditawarkan, maka pelanggan akan semakin leluasa memilih dan menentukan sesuai dengan kebutuhannya.

Dengan berbagai jasa pengiriman tersebut tentunya biaya pengiriman yang diberikan juga berbeda-beda, sehingga secara tidak langsung Anda menyesuaikan dengan kemampuan masing-masing pelanggan. Mereka bebas memilih sesuai dengan kemampuannya.

6. Kenali Nilai Unik Produk

Bukan tidak mungkin jika Anda sudah memasuki pasar bisnis online Anda akan menemukan banyak pesaing yang menjual bisnis serupa. Hal ini tentu menjadi kendala untuk mendapatkan pelanggan, karena fokus mereka terbagi. Otomatis pelanggan juga lebih memilih produk yang paling murah.

Sedangkan jika Anda terus melakukan perang harga, keadaan tidak akan membaik, malah bisa menjadi bumerang bagi Anda. Solusi yang paling tepat adalah menemukan nilai produk unik yang tidak ada pada produk pesaing, menonjolkan nilai-nilai tersebut dalam gambar, deskripsi, dan membuat konten yang membahasnya.

7. Pasang Harga Kompetitif

Sebagai seorang penjual, baik di toko offline maupun online, Anda pasti ingin mendapatkan keuntungan dari produk yang mereka jual. kecenderungan penjual untuk selalu mengikuti dalam menentukan harga, jika pada saat yang sama harga selalu ikut serta di dalamnya.

Ini tidak dibenarkan. Ketika merasakan dampak perang harga dan kemudian ingin mengembalikan harga aslinya, pelanggan bisa kabur. Oleh karena itu sebaiknya dilakukan penelitian harga standar untuk menetapkan harga yang kompetitif guna memperoleh keuntungan.

Baca artikel ini untuk menentukan harga produk dengan benar; 13 Cara Menentukan Harga Produk atau Layanan

8. Bergabunglah dengan Facebook Lazada Club

Penting bagi para pemula untuk menambah jaringan relasi mereka dalam bisnis online, misalnya dengan bergabung di Facebook Lazada Club. Di sini, banyak seller profesional di Lazada yang suka berbagi strategi dan tips berjualan dengan sesama seller.

Bisa dibilang Facebook Lazada Club itu semacam perkumpulan penjual, banyak update informasi yang bisa menambah wawasan dan dipraktekkan langsung di tokonya masing-masing. Semua pengetahuan dijamin oleh semua daging.

9. Selalu Respon Cepat

Pelanggan dapat melakukan repeat order atas pesanannya jika pelayanan yang diberikan memuaskan. Salah satu poin pelayanan yang harus diberikan kepada pelanggan adalah respon yang cepat dari pemilik atau customer service.

Jangan menghindar ketika pelanggan mengirimkan kata-kata keluhan mengenai produk yang dibelinya, atau menanyakan kondisi paket. Berikan kalimat yang baik dan bisa menjawab pertanyaan dari pelanggan, membalas pesan sangat penting saat berjualan di Lazada.

10. Beriklan dan Mempromosikan

Jika Anda baru memulai bisnis online, disarankan untuk rajin beriklan. Jangan hanya memposting konten promosi dua atau tiga kali seminggu, dalam satu hari Anda harus bisa mengunggah konten yang mempromosikan produk dengan baik.

Selain itu, Anda juga dapat memasang promosi berbayar atau iklan berbayar di Lazada untuk memperluas target pasar Anda. Namun iklan ini juga perlu diperhatikan, jangan memasangnya secara langsung tanpa memperhatikan kondisi pasar. Anda harus mempelajari cara beriklan secara efektif di Lazada.

11. Pengiriman Gratis

Pada saat-saat tertentu salah mengaktifkan fitur free shipping untuk memberikan kepuasan pelanggan dalam berbelanja, tentunya hal ini juga harus disebarkan melalui konten melalui media sosial.

Sedikit tips; Sebelum mengaktifkan fitur pengiriman gratis, Anda harus terlebih dahulu menaikkan harga produk. Usahakan memasang harga yang menutupi total biaya pengiriman yang harus diberikan kepada pelanggan.

12. Menjadi Penjual LazMall

Selanjutnya adalah mencoba menjadi seller di LazMall. LazMall adalah layanan belanja premium untuk pelanggan yang mencari produk bermerek, di mana kami bertujuan untuk menyediakan pelanggan kami produk asli 100% dengan pengalaman berbelanja terbaik.

Berikut ini adalah persyaratan toko untuk menjadi LazMall:

  • Jadilah penjual aktif di Lazada minimal 3 bulan
  • Secara konsisten menerima setidaknya 30 pesanan per bulan
  • Memiliki bukti keaslian untuk semua produk yang dijual di toko mereka
  • Hanya mendaftarkan produk baru dan bermerek; Penjualan produk OEM, tidak bermerek, bekas, dan rekondisi dilarang di LazMall
  • penjualan, penjual juga harus memenuhi kriteria kinerja selama 3 bulan berturut-turut. Kriteria Kinerja termasuk waktu aktif di Lazada, Peringkat Penjual, Tingkat Pembatalan, Pengiriman Tepat Waktu, Tingkat Pengembalian, dan Tingkat Respons Obrolan.

Informasi lebih lanjut tentang LazMall baca di sini : https://sellercenter.lazada.co.id/seller/helpcenter/standar-jasa-lazmall-dan-kriteria-penjual-6768.html

13. Memaksimalkan Fitur yang Tersedia

Di balik kesuksesan para penjual profesional, mereka harus berjuang keras untuk belajar bagaimana memaksimalkan berbagai fitur yang tersedia. Jika hanya mengandalkan metode penjualan biasa, sangat sulit untuk memperkenalkan produk dan menarik pelanggan.

Oleh karena itu, ketika proses pendaftaran toko di Lazada sudah selesai, sebaiknya Anda segera mencoba dan mencari tahu bagaimana cara memaksimalkan berbagai fitur yang ada. Dengan memanfaatkan berbagai fitur yang ada, dijamin toko Anda akan semakin mudah mendapatkan penjualan sehingga dapat meningkatkan kinerja toko.

14. Buat dan Bagikan Konten Menarik

Jangan pernah bosan untuk membuat konten menarik terkait informasi produk, tidak selalu harus mempromosikan produk secara terus menerus, tetapi juga mampu memuat informasi penting yang tetap mengandung konten dengan produk tersebut.

Misalkan Anda menjual pakaian seperti pakaian kantor, santai, dan sejenisnya. Jadi konten yang dibuat bisa tentang cara memadukan outfit sehari-hari, tips kombinasi warna outfit dan sejenisnya.

15. Evaluasi dan Tingkatkan

Cara berjualan di lazada agar cepat laku adalah dengan selalu melakukan evaluasi minimal seminggu sekali, anda bisa melihat hasil dari segala usaha yang telah dilakukan. Bagaimana respon pasar terhadap promosi dan iklan yang telah dipublikasikan baik di Lazada maupun di media sosial.

Evaluasi sangat berguna agar toko dapat tetap unggul dan berkembang dalam persaingan yang serba cepat saat ini. Untuk membantu proses evaluasi yang baik, Anda juga bisa melibatkan deposan di bidangnya masing-masing.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul 20+ Cara Jualan di Lazada Agar Cepat Laku untuk Pemula Semoga dengan beberapa tips di atas dapat membantu Anda menjual produk-produk Anda di marketplace Lazada ini, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar