website statistics

Application Layer

Apa Fungsi Application Layer? – Halo sobat kangajat. Application layer merupakan salah satu lapisan dari 7 Layer OSI dalam jaringan. 7 Layer OSI sendiri adalah model referensi yang dikembangkan untuk membuat kerangka konseptual.

Layer OSI ini memiliki 7 lapisan, yakni yang terdiri dari, application, presentation, session, transport, network, data-link, dan physical layer. Sebelum membahas ke poin apa fungsi application layer, saya akan menjelaskan apa itu application layer yang akan kita bahas ini. Mari simak di bawah.

Daftar Isi

Apa itu Application Layer?

Application Layer: Pengertian, dan Fungsi dari 7 Layer OSI

Application layer adalah lapisan ketujuh dalam model Open System Interconnection (OSI) dan merupakan satu-satunya lapisan yang dapat berinteraksi langsung dengan pengguna akhir. Lapisan ini terletak di tingkat paling atas dan diizinkan oleh perangkat lunak atau pengguna untuk mendapatkan akses ke jaringan.

Lapisan ini bertugas untuk mendefinisikan setiap konten yang ditransmisikan melalui jaringan, kemudian menampilkannya ke dalam aplikasi sehingga dapat dilihat oleh pengguna.

Dalam menjalankan fungsinya, layer akan bekerja dengan bantuan beberapa protokol, seperti DNS (Domain Name System), HTTP (Hypertext Transfer Protocol), atau FTP (File Transfer Protocol). Secara umum, fungsi lapisan ini adalah untuk mengidentifikasi komunikasi, menentukan ketersediaan sumber daya, dan menyinkronkan komunikasi. Berikut adalah beberapa fungsi utamanya.

Apa Fungsi Application Layer?

Inilah poin yang Anda tunggu-tunggu, pada poin ini saya akan memaparkan beberapa fungsi dari application layer yang menunjang keberlangsungan dari application layer ini. Berikut di bawah cara kerja application layer :

  • Menyajikan antarmuka antara aplikasi dan jaringan
  • Mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan
  • Membuat pesan kesalahan(log) pada jaringan
  • Menampilkan display suatu jaringan

Itulah 4 fungsi atau cara kerja dari application layer ini, keempat poin tersebut akan bekerja semaksimal mungkin.

Kesimpulan

Itulah ulasan tentang application layer dari 7 layer OSI. Yang merupakan lapisan yang akan membantu mendefinisikan dan mentransmisikan konten melalui jaringan dan menampilkannya kepada user.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul terkait apa itu application layer dan fungsinya. Saya harap dengan adanya artikel ini bisa menambah wawasan kita semua, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar