website statistics

Apa Yang Dimaksud dengan Panorama Skets

Apa Yang Dimaksud dengan Panorama Skets? – Halo sobat kangajat. Apakah Anda datang ke website ini hanya untuk mengetahui penjelasan dari Panorama Skets saja? Sayangnya, disini saya akan coba memberikan lebih dari itu, saya akan coba memaparkan tata urutan membuat panorama skets juga.

Mungkin, agar artikel ini tidak terlihat pendek juga kwkw. Panorama Skets ialah bagaimana kita menggambarkan alam atau medan ke dalam sketsa yang akan menunjukkan daerah atau medan dengan sudut pandang tertentu.

Poin pertama yang akan kami bahas ialah apa yang dimaksud dengan panorama skets yang kemudian akan dilanjut dengan manfaat dan tata urutan membuatnya.

Apa Yang Dimaksud dengan Panorama Skets?

Apa Yang Dimaksud dengan Panorama Skets? Simak Penjelasannya Disini!

Sketsa panorama adalah penggambaran objek pemandangan dalam bentuk lapisan-lapisan, sehingga dapat dikenali objek terdekat dan objek terjauh, serta peta pemandangan yang dilihat. Prinsip dasarnya seperti kamera foto, menggerakkan apa yang terlihat dari bidang gambar, hanya digambar tanpa mendetail.

Ada beberapa tahapan yang mesti digambar, yakni :

  • Objek sasaran (titik tengah/pusat)
  • Benda yang bersifat permanen, artinya benda tersebut tidak akan bergerak/hilang dalam keadaan normal. Contoh: gunung/gunung, bangunan, danau/sungai.
  • Benda yang tidak permanen biasanya tidak digambar karena dapat hilang/berubah posisinya selama proses menggambar, sehingga mengganggu proses pembuatan sketsa.
  • Bentuk kompleks umumnya disederhanakan.
  • Objek yang tidak penting atau terlalu kecil biasanya tidak digambar.
  • Banyak dan padat objek digambar dalam satu kelompok objek, seperti gunung, bukit, pohon/hutan, rumah.

Manfaat dari Membuat Panorama Skets

Panorama berguna untuk menggambarkan situasi dan kondisi suatu tempat pada suatu waktu. Sehingga ketika suatu saat kita kembali ke daerah tersebut kita akan dapat melihat perubahan yang telah terjadi.

Tuliskan Tata Urutan Membuat Panorama Skets?

Berikut di bawah ialah tata urutan membuat panorama skets dengan berurutan, mohon maaf apabila terdapat kata-kata yang kurang difahami.

  1. Temukan Arah seperti yang didefinisikan menggunakan kompas garis bidik (biasanya dalam rentang derajat, misalnya; antara 1500 hingga 2100). Jika arah yang diberikan hanya satu sudut (misal 1400), arah dibuat dengan menjumlahkan 300 dan mengurangkan 300 sehingga menjadi 1400 + 30 = 1700 dan 1400 – 300 = 1100, maka arah panorama antara 1100 hingga 1700.
  2. Bidik dengan kompas dengan objek (sebaiknya objek yang menonjol) sebagai titik tengah. Perhatikan arah (dalam derajat) dari titik pusat.
  3. Lihat objek yang akan digambar menggunakan alat bidik dengan titik tengah tepat di titik tengah alat dan sisi kanan dan kiri tidak melebihi arah yang ditentukan.
  4. Gambar semua objek yang diambil dalam tampilan. Benda yang digambar adalah benda yang tidak bergerak (berpindah tempat). Sehingga objek yang bersifat sementara atau berpindah tempat seperti mobil, hewan, awan, dan manusia tidak perlu digambar.
  5. Setiap objek diarsir berbeda, dengan syarat;
    a. Objek yang dekat diarsir dengan rapat
    b. Objek yang lebih jauh memiliki lebih sedikit gambar.

Kesimpulan

Itulah di atas poin-poin tentang Panorama Skets, yakni pengertian, manfaat, hingga tata urutan yang benar untuk membuat panorama skets. Saya harap beberapa poin di atas dapat difahami dengan baik.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul terkait penjelasan apa yang dimaksud dengan panorama skets pada pramuka dan tata urutan membuat panorama skets dengan benar, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar