Ingin Instagram Marketing Berkembang Pesat? Coba 10 Strategi Ini!

instagram marketing

Ingin Instagram Marketing Berkembang Pesat? Coba 10 Strategi Ini! – Halo sobat kangajat. Instagram merupakan suatu platform berbagi foto dan video, yang seringkali kita gunakan sehari-hari, dengan beberapa fitur menarik yang dimiliki, Instagram sukses menyaring para pengguna baru untuk mencoba fitur-fiturnya tersebut, seperti fitur Reels yang baru-baru dirilis belakangan ini. Pada platform ini juga kita dapat menyusun strategi instagram marketing.

Tidak hanya berguna sebagai aplikasi berbagi foto dan video, Instagram juga dapat dijadikan sebagai tempat berjualan, endorsement, dan masih banyak lagi. Namun, jika ingin mendapatkan pelanggan atau bahkan ingin mendapatkan endorsement, kita harus bisa menyusun strategi agar bisa menarik kepercayaan para pelanggan melalui feedback positif.

Tanpa berlama-lama, berikut di bawah saya ulas beberapa strategi yang dapat Anda coba untuk mengembangkan instagram marketing Anda agar berkembang pesat.

Ingin Instagram Marketing Berkembang Pesat? Coba 10 Strategi Ini!

instagram marketing

1. Gunakan Instagram Bisnis

Poin yang harus Anda lakukan sebelum masuk ke poin berikutnya yakni menggunakan Instagram bisnis, mengapa demikian? Karena akun bisnis dapat memudahkan calon pelanggan untuk menghubungi Anda, serta dapat memberikan kesan yang lebih profesional.

Fitur Instagram bisnis, dapat dikatakan lebih lengkap dari versi Instagram biasa, beberapa fitur unggulan yang terdapat pada Instagram bisnis yakni fitur Instagram Ads, dan Insight. Insight merupakan fitur yang berguna untuk memberikan statistik akun Anda dalam beberapa rentang waktu(minggu, bulan, tahun).

Bagi Anda yang ingin beralih dari Instagram biasa ke Instagram bisnis caranya cukup mudah dan dapat langsung Anda praktikan sekarang juga, yakni dengan cara Masuk ke menu Pengaturan, klik pada bagian Akun, kemudian klik Beralih ke Akun Profesional, maka otomatis Instagram Anda akan beralih ke versi Instagram bisnis.

2. Mengoptimasi Profil Bisnis

instagram marketing

Setelah mengikuti tahap pertama dengan seksama, maka Anda sebaiknya dapat mengoptimasi profil bisnis Anda di Instagram, kenapa? Agar orang-orang dapat percaya bahwa dengan pengoptimasian profil bisnis yang baik bisa mendapatkan feedback baik juga dari para calon pelanggan.

Lantas bagaimana cara mengoptimasi profil bisnis di Instagram? Ada beberapa sub-poin yang dapat langsung Anda praktikan juga di bawah, langsung aja ke poin pertama.

Gunakan Username yang Simpel dan Mudah Dikenali

Sebaiknya penggunaan username juga harus sesuai dengan nama bisnis, agar para calon pelanggan bisa dengan mudah menemukan bisnis Anda, dan orang-orang juga tidak akan keliru pada saat memberi tag saat posting dan berkomentar.

Jika ternyata nama bisnis Anda sudah diambil oleh orang, Anda dapat menambahkan kata di belakangnya yang harus sesuai pula dengan bisnis Anda.

Gunakan Foto Profil Brand

Katanya mau dikenal sama orang banyak, tapi pake foto profil brand ngga mau, pake dong supaya bagus hehe. pada sub-poin ini, Anda selaku pemilik bisnis harus sigap untuk menggunakan foto profil brand Anda di Instagram yang merupakan faktor penting.

Bio yang Menarik

Username udah, profil brand udah juga, nah berikutnya Anda harus menyusun bio yang menarik, Instagram memberikan 150 karakter, maka dari itu manfaatkan 150 karakter untuk mendeskripsikan bisnis Anda. Misalkan target audiens Anda merupakan anak muda, Anda dapat juga menyisipkan beberapa emoji, tapi jangan banyak-banyak, karena akan membuat boros 150 karakter tersebut.

Gunakan CTA

Apa itu CTA? CTA atau Call-to-Action merupakan suatu kalimat ajakan yang dapat Anda sematkan setelah mengisi bio yang menarik, contoh kalimat ajakan misalnya gini “Dapatkan diskon 90% dengan klik Tautan di Bawah” atau “Hayu! Nikmati Promonya, jangan ketinggalan!” Ya, untuk CTA ini dapat Anda kreasikan sendiri gimana bagusnya.

Sisipkan Link di bawah CTA

Setelah ke-4 tahapan di atas sukses diterapkan, maka tahapan akhir pada poin mengoptimasi profil bisnis ini adalah menyisipkan link di bawah kalimat CTA, link sendiri harus sinkron sama yang udah dideskripsikan oleh CTA, misal CTA mengenai diskon, tapi malah mengarah ke konteks yang ngga berhubungan.

3. Ketahui Jenis Postingan di Instagram

Jika dirasa tahapan-tahapan sudah tepat, silakan Anda membuat konten-konten yang berkualitas. Di Instagram sendiri jenis konten dibagi jadi 4, yakni Feed Instagram, Instagram Stories, Instagram Live, serta Instagram TV, berikut di bawah saya ulas sedikit tentang ke 4 jenis konten di atas.

Feed Instagram

Feed ini merupakan seluruh foto ataupun video yang pernah Anda upload sebelumnya, semua foto dan video akan ditampung di Feed. Nah pembuatan Feed yang berkualitas juga dapat dengan cepat menarik calon pelanggan Anda dengan berbagai karya visual yang menarik.

Instagram Stories

Instagram Stories juga ngga kalah keren, meski Instagram Stories ini hanya dapat bertahan selama 24 jam, namun tidak ada salahnya untuk memanfaatkan Instagram Stories ini untuk membagikan konten Anda, letak dari Instagram Stories juga cukup strategis, yakni pada bagian atas.

Instagram Live

Sesuai namanya, Live yang berarti langsung yang di mana Anda dapat membuat siaran langsung yang nantinya akan ditonton oleh follower Anda.

Instagram TV

Instagram TV sendiri merupakan fitur yang dapat Anda coba untuk mengunggah video yang nantinya bisa ditonton oleh follower Anda, IGTV ini berbeda dengan Stories dan Feed, IGTV ini hampir mirip dengan YouTube.

4. Optimasi Feed Instagram

Konten yang Anda posting pada Feed juga harus cocok dengan brand yang Anda pasarkan, dan yang terbaik bisa mendapat feedback positif dari follower Anda, maka dari itu Anda harus tahu jenis konten apa yang cocok untuk di posting pada bagian Feed, bagian Feed juga akan lebih menarik jika diberi sentuhan karya visual, contohnya seperti flat design, dan jenis desain lainnya.

Jenis Feed Instagram juga terbagi menjadi 2 yakni gambar dan video. Gambar dapat Anda posting semenarik mungkin tanpa ada ketentuan khusus. Namun, untuk video durasi maksimalnya adalah 1 menit dengan dimensi 1080 x 608 untuk portrait dan 1080 x 1350 untuk landscape.

5. Manfaatkan Instagram Stories

Instagram Stories sangat berbeda dengan Feed Instagram, Stories ini dapat bertahan selama 24 jam, letak Stories juga sangat strategis yakni tepat di bagian atas Feed. Dengan perbedaan berikut, maka terdapat beberapa keunggulan Instagram Stories, yakni :

  • Posisi yang Terletak di Bagian Atas
  • Meskipun hanya bertahan 24 jam, Instagram Stories dapat Anda simpan dan digunakan kembali
  • Anda dapat mengkreasikan Stories Anda dengan menggunakan Filter atau Stickers yang sudah disediakan
  • Anda dapat mencoba beberapa aplikasi edit gratis seperti Canva, InVideo, dll. Agar konten Stories Anda dapat lebih menarik
  • Memberikan Tag terhadap akun seseorang juga sangat berguna apabila Anda bekerja sama dengan Influencer atau brand lain
  • Jumlah Stories tak terbatas.

6. Coba Instagram Live

Yoi, Instagram Live. Gunakan fitur ini untuk meningkatkan engagement Anda dengan calon pelanggan, banyak orang yang lebih tertarik dengan siaran langsung dibandingkan artikel, maka cobalah fitur Instagram Live ini, Anda dapat membuat siaran langsung dengan cara, memilih opsi pada bagian kiri saat Anda hendak membuat Stories Instagram.

7. Gunakan Instagram TV

instagram marketing

Berbeda dengan jenis konten feed dan stories, IGTV ini lebih mirip dengan YouTube, yang di mana kita dapat mengunggah video yang nantinya akan ditonton oleh follower, untuk menggunakan IGTV Anda harus mengunduhnya terlebih dahulu, kemudian Login dengan akun Instagram Anda.

Namun ada beberapa syarat yang harus Anda ketahui terlebih dahulu, sebelum Anda mengunggah konten di IGTV.

  • Video yang dapat diunggah minimal berdurasi 1 menit
  • Panjang durasi video yang dapat diunggah melalui handphone yakni 15 menit
  • Jika diunggah melalui web, maksimalnya menjadi 60 menit
  • Video harus berformat MP4
  • Aspek rasio untuk video portrait adalah 9:16, sedangkan landscape 16:9
  • Resolusi video minimal 720p dengan framerate minimal 30 FPS
  • Ukuran minimal video berdurasi 15 menit adalah 650 MB
  • Ukuran maksimal video berdurasi 60 menit adalah 3,6 GB
  • Ukuran sampul video yang disarankan adalah 420px X 654px.

8. Posting ulang Foto atau Stories Follower

Membuat konten akun Instagram Bisnis Anda tanpa dengan usaha yang berlebih, gimana caranya? Anda dapat memanfaatkan repost foto atau stories follower Anda, dengan cara membuat announcement bahwa Anda akan memposting ulang foto atau stories mereka yang terpilih dan memberikan tag terhadap akun mereka.

9. Buat Caption yang Menarik

Membuat caption memang merupakan tahap kompleks, karena memang sulit sekali menyusun kata-kata tanpa menghapusnya beberapa kali. Caption yang menarik ialah caption yang dapat membuat audiens Anda berlama-lama di postingan Anda. Jangan lupa juga untuk menyisipkan CTA.

10. Buat Hashtag Unik yang Kreatif

instagram marketing

Konten Anda sering tidak mendapatkan interaksi postingan? Mungkin Anda lupa dengan tahap ini, ya! Membuat hashtag, Anda dapat membuat hashtag umum yang relevan dengan sesuatu yang sedang trend. Untuk mengetahui trend yang populer Anda dapat melakukan riset melalui pencarian tagar dalam menu Explore.

Apakah Anda Siap Menerapkan Strategi Instagram Marketing di atas?

Instagram yang merupakan aplikasi berbagi foto dan video, sekarang telah memiliki fitur-fitur yang menarik dan mengambil alih fungsi aplikasi saingannya, sekarang di Instagram kita dapat melakukan promosi dalam berbagai jenis konten seperti Feed, Stories, Live, bahkan IGTV.

Memang tantangan yang sulit mungkin untuk menarik perhatian 1 miliar pengguna, tetapi tidak ada yang mustahil untuk dilakukan. Dengan cara membuat konten yang berkualitas yang bisa meningkatkan engagement terhadap calon pelanggan Anda.

Kesimpulan

Kesimpulannya, Instagram merupakan aplikasi yang sudah dikatakan multifunction terhadap fungsi-fungsi aplikasi saingan, seperti IGTV, Live dan Stories.

Dan berikut di atas beberapa strategi yang dapat Anda coba untuk mengembangkan instagram marketing dan optimasi instagram bisnis dalam beberapa strategi, ternyata dari hal terkecil pun bisa mendapatkan impact yang besar.

Akhir Kata

Mungkin itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel ini, semoga kita semua diberi kesempatan untuk terus belajar, terkhusus mempelajari bidang teknologi yang terus berkembang pesat ini. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Satu pemikiran pada “Ingin Instagram Marketing Berkembang Pesat? Coba 10 Strategi Ini!”

Tinggalkan komentar