Inilah Cara Setting Auto Reply Whatsapp Business dengan Mudah

Cara Setting Auto Reply Whatsapp Business – Halo sobat kangajat. Pada situasi pandemi saat ini, sebagian besar usaha atau bisnis mulai menguasai ranah dunia online, yang di mana apapun jenis usaha memanfaatkan dunia online untuk menjual produk-produknya guna dapat terus beroperasi.

Pastinya dengan memanfaatkan ranah online untuk menjual produk-produk, para pegiat usaha pun menggunakan platform pesan instan yang seringkali kita gunakan, yakni WhatsApp Business, sebuah layanan yang dapat dimanfaatkan pengguna untuk berkomunikasi dalam lingkup bisnis atau usaha.

Tahukah kamu? Jika WhatsApp Business ini memiliki fitur-fitur tambahan dibandingkan dengan WhatsApp biasa, WhatsApp Business telah dibekali fitur auto reply, yang di mana kita sebagai penjual tidak perlu repot-repot membalas satu persatu pesan dari para pembeli. Dan pasti dapat kita manfaatkan diluar waktu operasional.




Cara Setting Auto Reply Whatsapp Business dengan Mudah

cara setting auto reply whatsapp business

Cara mengatur auto reply pada WhatsApp Business relatif sangat mudah, karena hanya mengikuti tahapan-tahapan yang telah disediakan oleh WhatsApp Business ini, Anda dapat mengatur auto reply dengan mengikuti tahapan di bawah :

1. Masuk ke Aplikasi WhatsApp Business

2. Klik ikon titik tiga pada pojok kanan atas

3. Cari menu Settings, Business Settings dan Away Message

4. Aktifkan menu Send Away Message

5. Nah, kemudian klik pesan untuk mengeditnya

6. Pada Menu Schedule, klik dan pilih sejumlah pilihan yang ada

Klik pada menu Always Send untuk selalu mengirimkan pesan otomatis, serta pilih Custom Schedule untuk mengirimkan pesan secara otomatis selama waktu yang ditentukan, disarankan memilih Outside of Business Hours untuk mengirimkan pesan otomatis di luar waktu operasional.

7. Sesuaikan penerima auto reply

Disarankan memilih opsi Everyone untuk mengirimkan pesan ke semua pengirim di luar jam operasional, atau Everyone not in address book untuk pengirim dengan nomor yang tidak tersimpan di daftar kontak, Everyone except untuk seluruh nomor, kecuali beberapa nomor kontak, serta Only Send To dapat digunakan untuk mengirimkan pesan ke kontak tertentu.

8. Klik Save

Perlu Anda ketahui bahwa menu auto reply ini dapat digunakan, jika kondisi handphone sedang terhubung dengan jaringan internet.

Frequently Asked Question(FAQ)

Apakah harus memiliki akun WhatsApp Business terlebih dahulu?

Ya, Anda harus memiliki akun WhatsApp Business terlebih dahulu, caranya cukup mudah dari WhatsApp biasa menjadi WhatsApp Business

Apakah fitur auto reply ada di WhatsApp biasa?

Tidak, fitur ini hanya tersedia di WhatsApp Business

Apakah fitur auto reply ini dapat digunakan saat di luar jam operasional?

Ya, fitur ini dapat digunakan di luar jam operasional, karena lebih fleksibel

Berapa jumlah maksimal orang yang dapat menerima pesan dari auto reply?

Tidak terbatas, kapanpun orang itu menghubungi kontak Anda, maka akan menerima pesan auto reply dari Anda

Apakah aplikasi WhatsApp Business ini cocok digunakan?

Cocok, terutama bagi Anda pegiat bisnis

Kesimpulan

Pada situasi pandemi ini, mulai berbangkitan usaha-usaha baru di ranah online, yang di mana berbagai bisnis atau usaha offline ini mencoba adaptasi dengan situasi baru agar dapat tetap beroperasi dan bertahan pada situasi seperti ini.

Sebagai pegiat bisnis seringkali kita mendapatkan pesan langsung daripada pembeli. Namun, apakah mungkin Anda membalas satu persatu pesan tersebut? Maka, langkah selanjutnya ialah pasanglah WhatsApp Business dan ikuti tahapan untuk mengaktifkan dan mengatur fitur auto reply di atas.

Akhir Kata

Nah, mungkin itulah yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Inilah Cara Setting Auto Reply Whatsapp Business dengan Mudah. Saya harap ini dapat membantu Anda dalam proses pengaturan fitur auto reply pada WhatsApp Business, semoga bermanfaat dan terima kasih.

Satu pemikiran pada “Inilah Cara Setting Auto Reply Whatsapp Business dengan Mudah”

Tinggalkan komentar