5+ Cara Agar Kamera Laptop Jernih saat Meeting Online

Cara Agar Kamera Laptop Jernih – Penampilan seringkali menjadi prioritas di dalam kehidupan sehari-hari, khususnya pada saat kita melakukan meeting online pun, penampilan kita harus bagus dan menawan, tapi kalau saya sih jarang berpenampilan keren-keren amat, yang penting enak dilihat aja hehe.

cara agar kamera laptop jernih

Nah, pernahkah Anda mengalami kamera laptop buram saat melakukan meeting online yang mengakibatkan wajah Anda tidak nampak secara jelas, ternyata penyebab kamera buram itu disebabkan oleh beberapa hal juga loh, diantaranya lensa kamera yang kotor, sudut pencahayaan yang kurang tepat, dsb.

Maka dari itu, sekarang saya mau memberi tips agar kamera laptop Anda tetap jelas saat melakukan meeting online pada saat bekerja, belajar, atau kegiatan yang melibatkan kamera saat Anda on-desk.

Cara Agar Kamera Laptop Jernih saat Meeting Online

cara agar kamera laptop jernih

Ada beberapa cara yang bisa teman-teman lakukan agar kamera laptopnya bisa tetap jernih saat melakukan beberapa kegiatan online, dan itu pun tidak hanya berlaku pada laptop saja. Namun handphone pun seringkali mengalami hal yang sama, yakni kamera yang buram dan tidak jernih. Nah, gimana cara agar kamera laptop jernih?

Berikut di bawah ini cara agar kamera laptop jernih saat Meeting Online.

Baca Juga : 5 Solusi Keyboard Laptop Tidak Berfungsi Di Windows 10

1. Bersihkan Lensa Kamera Laptop

1 hal dasar yang harus Anda lakukan agar kamera laptop tetap jernih dan jelas saat melakukan meeting online ialah membersihkan lensa kamera laptop Anda sebelum dan sesudah melakukan meeting. Seringkali kamera laptop yang buram tersebut dikarenakan oleh debu yang mengendap di sekitaran kamera laptop.

Nah, sebaiknya Anda rutin-rutin membersihkan area kamera laptop Anda menggunakan benda-benda dengan permukaan halus, seperti tisu, dll.

2. Tempatkan pada Sudut Pencahayaan yang Tepat

Kedua, ini juga menjadi faktor penting yang bisa memaksimalkan Anda saat meeting online. Mudahnya, jika Anda melakukan meeting online di area yang gelap dan minim cahaya, ya di kamera juga Anda tidak akan terlihat jelas, maka dari itu pindahlah ke tempat yang pencahayaannya cukup.

Pindah ke area yang pencahayaannya cukup, seperti ruang tamu, atau dekat jendela.

3. Menentukan Background yang Cerah

Background, atau latar belakang juga mempengaruhi loh! Misalnya Anda berdiam di depan latar belakang yang gelap saat melakukan meeting online ini juga membuat kamera Anda jadi buram, karena ngga bisa menentukan objeknya, yaitu wajah Anda sendiri.

4. Menggunakan Webcam atau Kamera External

Nah, jika memang beberapa faktor di atas sudah Anda penuhi. Tapi kameranya masih sama gitu-gitu aja, cobalah Anda membeli kamera external atau Webcam. Mungkin ini bisa jadi solusi untuk Anda yang memang mengalami hal ini yang disebabkan dari kualitas kamera bawaan laptop yang kurang mumpuni.

Anda bisa mencari produk dengan kata kunci “webcam” di berbagai e-commerce, biasanya range harga daripada webcam ini bermacam-macam, ada yang 200 – 500 ribu, dan itu tergantung kualitasnya juga.

5. Gunakan Kamera Handphone

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba ialah menggunakan kamera handphone saat meeting online, jika dirasa handphone Anda memiliki kualitas kamera yang bagus atau high definition, ini merupakan cara yang solutif bagi Anda. Dengan mengunduh beberapa aplikasi seperti DroidCam, Anda sudah bisa menggunakan handphone sebagai kamera.

6. Gunakan Software Tambahan

Jika memang dari langkah 1 sampai dengan 5 caranya masih kurang memberi solusi. Coba Anda gunakan software tambahan yang dipasang pada laptop Anda. Mungkin cara kerjanya sama persis seperti filter di berbagai aplikasi. Dan ini juga sebenarnya bisa Anda coba untuk menghasilkan gambar yang lumayan jernih.

Baca Juga : 5+ Cara Mengatasi Laptop Lemot Setelah Upgrade Windows 10 Ampuh

Kesimpulan

Bagi Anda yang mengalami hal yang serupa, yakni kamera laptop yang kurang jernih. Mungkin dengan kualitas yang buram tersebut bisa saja disebabkan oleh beberapa hal yang telah kami sebut di atas. Terkadang kamera bawaan produk juga mempengaruhi kualitasnya saat digunakan.

Ada juga beberapa upaya di atas yang bisa Anda coba untuk menghasilkan kamera laptop agar lebih jernih dan jelas saat melakukan meeting online.

Akhir Kata

Itulah yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul 5+ Cara Agar Kamera Laptop Jernih saat Meeting Online. Harapan saya dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda untuk mengatasi kamera buram agar bisa menjadi lebih jernih saat digunakan, terutama saat bekerja ataupun berkuliah. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Satu pemikiran pada “5+ Cara Agar Kamera Laptop Jernih saat Meeting Online”

Tinggalkan komentar