5+ Cara Membuat Garis Lurus di CorelDraw dengan Mudah dan Simple

Cara Membuat Garis Lurus di CorelDraw – Halo sobat kangajat. Pernahkah Anda mencoba untuk membuat garis lurus di workspace Corel Draw? Apabila pernah, jika berkenan Anda jelaskan bagaimana tingkat kesulitan dari beberapa tool seperti freehand tool, pen tool, bezier tool, dsb. Dan mana yang dapat Anda rekomendasikan.

Pada artikel kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat garis lurus di CorelDraw dengan menggunakan beberapa tools yang ada pada toolbox Corel Draw. Saat ini kita akan menggunakan beberapa menu pada freehand tool. Karena beberapa submenu pada freehand tool dapat digunakan untuk membuat macam-macam garis. 

Harus Anda ketahui juga bahwa tools yang berada di submenu tersebut memiliki fungsi yang berbeda. Namun, dapat digunakan untuk keperluan yang sama, misalkan freehand tool digunakan untuk menggambar bebas, selain menggambar bebas, freehand juga dapat digunakan untuk membuat garis lurus, sama seperti dengan submenu lainnya.

Cara Membuat Garis Lurus di CorelDraw dengan Mudah dan Simple

Pada seiring pembuatan artikel ini, saya akan menyertakan gambar guna lebih mudah untuk memahami bagaimana cara menggunakan tools di bawah, mungkin artikel ini akan saya update sedikit-sedikit supaya terlihat lebih lengkap dan jelas.

Berikut di bawah ini cara membuat garis lurus di CorelDraw dengan mudah dan simple :

Cara Membuat Garis Lurus di Corel Menggunakan Pen Tool

Pada tool pertama yakni Pen Tool, biasanya tool ini digunakan untuk membuat garis atau kurva, tetapi saya biasa menggunakan pen tool ini untuk membuat kurva(garis lengkung). Karena dapat lebih bebas menentukan lekukan objek. Tetapi pen tool juga bisa digunakan untuk membuat garis lurus, berikut di bawah caranya.

Baca Juga : Freehand Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di CorelDraw

1. Tekan dan pilih Pen Tool pada toolbox di sebelah kiri

2. Kemudian, mulailah membuat garis lurus dengan menentukan areanya

3. Tarik garis sehingga menghasilkan garis lurus.

Cara Membuat Garis Lurus di Corel Menggunakan Freehand Tool

Tools kedua yakni Freehand Tool, sesuai dengan namanya freehand tool yakni bebas. Anda dapat juga membuat garis lurus menggunakan freehand tool, caranya cukup mudah. Berikut di bawah ini cara membuat garis lurus menggunakan freehand tool.

1. Tekan dan pilih Freehand Tool pada toolbox Corel Draw

2. Tentukan area di mana Anda akan membuat garis lurus

3. Lepas mouse apabila dirasa telah berhasil menghasilkan garis lurus.

Cara Membuat Garis Lurus di Corel Menggunakan 2-Point Line Tool

Tools ketiga yakni 2-Point Line Tool, sebuah tool yang dapat Anda gunakan untuk membuat garis lurus, sesuai dengan namanya 2-point. Anda dapat dengan mudah menggunakan tool ini, cukup dengan menekan pada bagian yang ingin Anda gambar garis lurus dan melepasnya dari mouse. Berikut caranya.

1. Tekan dan pilih 2-Point Line Tool pada toolbox Corel

2. Tentukan area yang akan Anda buat garis lurus atau Anda dapat juga menekan pada bagian yang ingin Anda buat sambil menekan tombol Ctrl pada keyboard, itu akan menghasilkan garis yang lurus.

3. Lepas kursor dan lihat hasil dari 2-Point Line Tool.

Cara Membuat Garis Lurus di Corel Menggunakan Bezier Tool

Tools keempat ialah Bezier Tool, menggunakan bezier tool sama persis Anda menggunakan pen tool. Karena dengan bezier tool Anda dapat mengedit bentuk dasar objek dan dapat juga digunakan untuk membuat garis biasa atau kurva. Anda juga dapat membuat garis lurus menggunakan tool ini, berikut caranya.

1. Tekan dan pilih Bezier Tool pada toolbox Corel di sebelah kiri

2. Tentukan area atau titik awal dan akhir sehingga menghasilkan garis lurus, Anda dapat membuat garis lurus secara horizontal atau vertikal

3. Lepaskan kursor mouse dan lihat hasilnya.

Cara Membuat Garis Lurus di Corel Menggunakan Polyline Tool

Pada tools terakhir yakni Polyline Tool, kita dapat membuat kurva yang terhubung, dalam artian menggunakan polyline tool ini kita hanya bisa membuat kurva yang terhubung dan menghasilkan objek yang bisa diberi fill(warna). Cara ini memang agak kurang cocok, apabila keperluan Anda hanya ingin membuat objek ini sangat cocok. Berikut caranya.

1. Tekan dan pilih Polyline Tool pada toolbox Corel Draw

2. Tentukan bentuk yang ingin Anda buat dari garis lurus atau kurva

3. Hubungkan node awal dengan node akhir sehingga menghasilkan objek.

Kesimpulan

Beberapa tools pada submenu freehand tool memang memiliki fungsi yang berbeda-beda akan tetapi dapat digunakan dengan keperluan yang sama, seperti yang telah saya ulas pada beberapa paragraf di awal. Misalkan freehand tool merupakan tool yang dapat digunakan untuk membuat garis secara bebas. Namun, bisa juga digunakan untuk membuat garis lurus.

Dengan banyaknya tool di atas pilih saja salah satu yang memang sangat cocok untuk Anda gunakan, apabila Anda ingin bereksperimen sangat cocok untuk dicoba guna mengasah skill menggunakan tools baru hehe.

Akhir Kata

Nah, itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul 5+ Cara Membuat Garis Lurus di CorelDraw dengan Mudah dan Simple semoga dengan adanya tutorial ini dapat menambah wawasan kita semua untuk menggunakan tools pada toolbox Corel Draw. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar