Table Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Table Tool Digunakan Untuk? – Halo sobat kangajat. Sejauh ini kita telah membahas beberapa tool yang berada pada toolbox Corel Draw. Namun apakah Anda sendiri pernah mendengar dan mencoba Table Tool di Corel Draw? Apabila Anda sudah pernah mencoba, mungkin bisa memberikan sedikit penjelasan perihal table tool ini.

Bagi Anda yang sama sekali belum mencobanya, maka pada artikel ini saya akan mengulas table tool ini, mulai dari pengertian, fungsi dan cara mengunakan Table Tool pada Corel Draw. Umumnya table tool sendiri merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools di Corel Draw yang dapat digunakan untuk membuat tabel.

Artikel ini juga akan saya lengkapi dengan gambar agar Anda dapat dengan mudah mengikuti pembelajaran atau tutorial yang saya sajikan pada setiap artikel yang saya buat, terutama pada artikel dengan tema pembelajaran Corel Draw ini.

Pengertian Table Tool

Table tool merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools yang ada pada toolbox Corel Draw. Sesuai dengan namanya table tool ini dapat digunakan untuk membuat suatu tabel pada workspace Corel Anda. Anda juga dapat menyesuaikan baris dan kolom pada tabel tersebut, serta dapat mengatur border daripada tabel yang Anda buat.

Baca Juga : Dimension Tool: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Untuk mengatur baris dan kolom Anda hanya perlu menuju pada bagian atas, nantinya Anda akan menemukan Row and columns Disitulah Anda dapat mengaturnya sesuai dengan keinginan Anda. Selebihnya akan saya ulas lebih lanjut pada poin cara penggunaan table tool di bawah.

Fungsi Table Tool

Table tool digunakan untuk membuat sebuah table pada workspace di Corel Draw. Namun apakah hanya membuat tabel saja? Jawabannya tidak, pada table tersebut kita dapat mengelompokkan objek-objek lain, seperti teks atau shape.

Tabel tersebut juga dapat kita custom lagi seperti memberikan ketebalan pada border atau menambah baris dan kolom sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cara Menggunakan Table Tool di Corel Draw

Cara menggunakan table tool menurut saya cukup mudah, karena kita hanya perlu mendrag tabel pada posisi yang kita inginkan, kemudian atur-atur ukuran, baris dan kolom yang tersedia, dan memberikan ketebalan pada border pada tabel tersebut.

Table tool juga merupakan submenu dari text tool yang di mana text tool biasa kita gunakan untuk memberikan teks pada sebuah objek atau shape. Berikut di bawah ini cara menggunakan table tool di Corel Draw dengan mudah dan simple :

1. Cari Table Tool pada toolbox Corel Draw di sebelah kiri

2. Tekan dan pilih Table Tool tersebut

table tool digunakan untuk

3. Saya akan coba meletakan tabel pada posisi berikut di workspace

table tool digunakan untuk

4. Jika tabel telah tersimpan di workspace, maka tahapan telah selesai. Namun, disini saya akan mengcustomnya menjadi lebih keren, disini saya akan menambahkan ketebalan dan menambah baris dan kolom pada tabel tersebut

5. Cara memberikan ketebalan pada border tabel yakni dengan menuju ke menu Border di bagian atas, kemudian isikan tingkat ketebalannya, saya akan coba mengisi dengan 8 px saja

table tool digunakan untuk

6. Untuk menambah baris dan kolom, Anda hanya perlu menuju ke menu Row and columns di bagian atas Corel Draw, disini saya akan menambahkan 1 pada masing-masing baris dan kolom

table tool digunakan untuk

7. Maka hasilnya akan seperti berikut.

table tool digunakan untuk

Adapun beberapa keterangan lain pada beberapa menu yang diberikan tanda Bold di atas, seperti Border dan Row and columns, berikut diantaranya :

  • Border tool : berfungsi untuk memberikan ketebalan pada batas.
  • Row and columns tool : berfungsi untuk menambah baris dan kolom pada sebuah tabel.

Kesimpulan

Adapun kesimpulan yang dapat saya berikan perihal artikel kali ini yakni table tool, table tool merupakan alat yang bisa digunakan untuk membuat tabel. Table tool sendiri merupakan submenu dari text tool yang biasanya sering kita gunakan untuk memberikan text pada objek atau shape.

Tabel yang dibuat melalui table tool juga dapat kita custom, seperti menambahkan baris dan kolom, serta memberikan ketebalan pada batas atau border dari suatu tabel.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Table Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw Harapan saya dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua dalam memahami tools yang ada pada Corel Draw. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar