Rectangular Marquee Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Photoshop

Rectangular Marquee Tool Berfungsi Untuk? – Halo sobat kangajat. Dari beberapa artikel tentang Corel Draw yang telah saya buat, kali ini saya akan merambah sedikit ke software sebelah yakni Photoshop. Umumnya, photoshop juga sama yakni software keren untuk melakukan editing, dsb.

Pada artikel kali ini saya akan mengulas sedikit tentang Rectangular Marquee Tool yang dapat Anda gunakan di Photoshop, pada artikel ini juga saya akan membahas mengenai pengertian, fungsi dan cara menggunakan tools ini di Photoshop.

Sama halnya seperti Corel Draw, Photoshop juga memiliki toolbox yang tak kalah keren dari Corel. Banyak sekali tools yang dapat kita gunakan untuk menunjang proses editing pada software Photoshop ini.

Pengertian Rectangular Marquee Tool

Rectangular Marquee Tool ialah salah satu tool yang terdapat pada toolbox Photoshop yang dapat Anda gunakan untuk membuat seleksi bidang atau objek persegi empat, untuk menggunakan rectangular marquee tool juga cukup mudah, Anda hanya perlu menekan shortcut key M pada keyboard Anda, maka tool tersebut akan tampil.

Baca Juga : Pen Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Corel Draw

Fungsi Rectangular Marquee Tool

Rectangular marquee tool berfungsi untuk menyeleksi dengan objek atau bidang persegi empat, umumnya rectangular marquee tool juga memiliki 4 tool yakni Rectangular Marquee, Elliptical Marquee, Single Row Marquee dan Single Column Marquee.

Keempat tool tersebut memiliki fungsi yang sama, yakni untuk menyeleksi bidang-bidang sesuai dengan bangun datarnya. Misal rectangular marquee berbentuk segi empat, elliptical berbentuk lingkaran, single row/column berupa garis lurus baik horizontal atau vertikal.

Cara Menggunakan Rectangular Marquee Tool di Photoshop

Cara menggunakannya cukup dengan memilih tipe marquee tool pada toolbox Photoshop, karena saya akan coba untuk menyeleksi bidang yang berbentuk persegi empat, maka saya akan memilik rectangular marquee tool, berikut caranya.

1. Masukkan bahan editing Anda ke dalam workspace di Photoshop

2. Tekan dan pilih menu Rectangular Marquee Tool pada Toolbox Photoshop atau bisa dengan klik Shortcut Key M pada keyboard

3. Karena dengan marquee tool yang kita gunakan ialah untuk rectangular, maka yang bisa diseleksi hanya bidang berbentuk persegi empat saja

4. Setelah Anda seleksi, silakan klik kanan pada mouse dan pilih layer via copy

5. Setelah itu, atur layer Anda dan lihat hasil dari rectangular marquee tool tersebut.

Kesimpulan

Rectangular marquee tool merupakan salah satu tool dari sekian banyak tools di Photoshop yang dapat Anda gunakan untuk menyeleksi objek atau bidang berbentuk persegi panjang, marquee tool ini memiliki beberapa sub bagian, seperti rectangular, elliptical, dan single row/columns.

Keempat tool tersebut memiliki fungsi yang sama yakni untuk menyeleksi bidang, misalkan rectangular digunakan untuk bidang berbentuk persegi empat, elliptical digunakan untuk menyeleksi bidang atau objek berbentuk lingkaran, dan single row/columns digunakan untuk menyeleksi baris dan kolom di workspace Photoshop Anda.

Tetapi rectangular marquee tool berfungsi untuk menyeleksi dengan objek atau bidang persegi empat saja, selain itu tidak bisa diseleksi. Tool ini juga dapat dengan mudah Anda gunakan, bisa dicari melalui toolbox Photoshop di sebelah kiri atau Anda dapat menekan tombol M pada keyboard, maka secara otomatis tool tersebut akan berjalan.

Akhir Kata

Itulah ulasan yang dapat saya berikan pada artikel dengan judul Rectangular Marquee Tool: Pengertian, Fungsi dan Cara Menggunakannya di Photoshop Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah wawasan kita semua terhadap tools yang ada pada Photoshop. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar